SELEKSI MASSA POSITIP S1 PADA 12 GALUR KEDELAI HASIL PERSILANGAN VARIETAS WILIS DAN OCUMANI

MARIYONO MARIYONO(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


RINGKASAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses seleksi untuk mendapatkan genotipe yang lebih baik dan perbaikan genetik pada berat biji per tanaman dalam populasi yang dipilih melalui seleksi massa positif. Rancangan Acak Kelompok Lengkap diadopsi dalam penelitian ini dengan genotipe kedelai dua belas sebagai perlakuan dan 3 ulangan. Variabel yang diamati adalah `tinggi tanaman, waktu panen (hari), jumlah cabang, jumlah simpul-subur, jumlah polong unggulan per tanaman, jumlah polong kosong per tanaman, berat 100 biji (gram), jumlah biji per tanaman, berat biji per tanaman, berat biji per plot (gram), dan biologi patogen. Berdasarkan varians analisis, hampir semua parameter yang diamati adalah tidak signifikan, variasi genetik sempit, heritabilitas dan respons yang rendah tetapi pada panen yang jatuh tempo hasil efek yang bertentangan. sebaiknya dipilih kondisi lingkungan yang sesuai bagi tanaman, agar dalam seleksi faktor lingkungan tidak terlalu dominan dalam mempengaruhi penampakan fenotipe. Hasil pengamatan biologi pathogen dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan tentang resistensi kedelai terhadap penyakit karat daun.

Kata kunci: seleksi massal, heritabilitas, respon seleksi.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

AAK, 2000, Kede/ai. Kanisius. Yogyakarta.

Adisarwanto dan R Wudianto, 1999. Meningkatkan Hasil Panen Kedelai di Lahan Sawah - Kering - Pasang Surut. Penebar Swadaya. Jakarta

Allard, RW., 1992 Pemuiiaan Tanaman /. Bina Aksara. Jakarta. p 78-157

"Murdaningsih, A. Baihaki, G. Satari, T. Danakusuma, dan A H.

Permadi, 1990.Sifat-sifat Penting Da/am Se/ekst Tanaman Bawang Putih (Allium sativum L). Zuriat, Vol 2 No. 1, p 79-82.

Pinaria, A.A. Baihaki, R, Setiamihardjo dan A A Drajat, 1995. Variabilttas Genetikdan Heritabilitas Karakter-karakter Biomassa S, Genotipe Kede/ai. Zuriat 6(2) ` 88-92 Fak. Pertanian Univ. Padjajaran. Bandung

Poespodarsono, S., 1988. Pemuliaan Tanaman /. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Brawijaya, Fakultas Pertanian. Malang.

Rukmana, R dan Y. Yuniarsih, 1996. Kede/ai Budidaya dan Pasca Panen. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Singh, RK dan B.D. Chaudhary, 1979 Biometrtcal Metbods in Quantitattve Genetic AnalIsis. Kalyani Publishers Ludhiana New Delhi.

Sudjana, 1991. Desain dan Ana/isis Eksperimen. Tarsito. Bandung


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.