STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI NANAS SISTEM MITRA TANI DAN SISTEM KERJA SAMA USAHA (KSU) di LAHAN PT.PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN NGRANGKAH PAWON KEDIRI (Studi kasus di Desa Sepawon, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri)

WIWIEK ANDAJANI(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


RINGKASAN

Kerja sama pertanian nanas di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangkah Pawon Kediri adalah suatu kerjasama antara dua belah pihak  pihak perkebunan sebagai pihak pemilik lahan yang menyiapkan lahan pertanian untuk disewakan ke petani sebagai pihak penyewa lahan perkebunan sekaligus sebagai penggarap untuk ditanami komoditi yang  ditentukan aturannya oleh pihak perusahaan, yaitu komoditi hortikultura tanaman nanas dengan konsep kerja sama, Sistem Mitra Tani dan Sistem Kerja Sama Usaha (KSUdengan harapan pendapatan perusahan maupun petani mengalami peningkatan. Penentuan daerah penelitian secara purposive di Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Dipilihnya daerah ini karena desa tersebut terdapat perusahaan negara (BUMN) Badan Usaha Milik Negara. yaitu PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangkah Pawon Kediri dengan petani disekitar wilayah Desa Sepawon dengan sistem Mitra Tani dan sistem Kerja Sama Usaha (KSU). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui biaya produksi, hasil produksi  dan pendapatan bersih petani nanas rata – rata per hektarnya, Dari hasil analisadiketahui total biaya proses produksi nanas, sistem mitra tani adalah Rp. 66.291.050,- lebih besar dari biaya total produksi nanas dengan sistem kerja sama usaha (KSU) yaitu Rp. 57.474.333,33,-. Sedang produksi nanas rata rata per hektar untuk sistem mitra tani adalah 94.917 nanas dan sistem kerja sama usaha (KSU) 80.000 nanas. Sehinggakeuntungan rata – rata per hektarnya untuk sistem mitra tani adalah sebesar Rp. 43.973.533,33,- lebih rendah dari pada keuntungan yang diperoleh petani nanas sistem kerja sama usaha (KSU) adalah sebesar Rp. 62.012.142,86,-

Kata Kunci: studi komparatif, pendapatan, sistem mitra tani, sistem kerjasama usaha.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rahim dan Diah Retno Dwi Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian, Pengantar Teori dan Kasus. Penebar Swadaya. Jakarta.

Ambar Teguh Sulistyani, (2004) Kemitraan dan Model – Model Pemberdayaan. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Anonymous , 2002. Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UMKM. “Hasil Kajian Tentang Pengembangan Kemitraan antar UKM Dalam Peningkatan Peran dan Kinerja UKM Dalam Perekonomian Nasional”. Hasil Penelitian Kementrian Koperasi dan UKM Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UMKM. Jakarta.

Anonymous, 2016. Faktor – faktor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. BI. Jakarta.

Anonymous, 1997. SK. Mentan No.940/Kpts/OT.210/10/1997 tentang Pedoman Kemitraan dan Kerjasama Usaha Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Anonymous, 1996. Perkembangan dan Sejarah Perjalanan PT. Perkebunan Nusantara XII, Gramedia . Surabaya.

Anonymous, 1996. Lembaga Penelitian Tanah Bogor (LPTB), Kajian penelitian kandungan tanah PT. Perkebunan Nusantara XII Wilayah tiga Kebun Ngrangkah Pawon, Surabaya.

Daniel, Muhammad. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Hafsah, Muhammad Jafar, 1999, Kemitraan Usaha, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Fadholi, Hernanto. 1993. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahardi dan Hartono. 2003.Agribisnis. Penebar Swadaya: Jakarta.

Mubyarto, 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S. Jakarta.

Mubyarto, 1982. Tanah dan Tenaga Kerja Perkebunan, Kajian Sosial Ekonomi.Penerbit Aditya. Yogyakarta

Rahmana, Arief. 2008. “Kemitraan Usaha dan Masalahnya”. Fakultas Teknik Universitas Widyatama; Bandung .

Sianipar, 1998. Management Pelayanan Masyarakat. LAN, Jakarta.

Soerkartawi, Rusmadi, dan Dumiyati, E, 1993. Resiko dan Ketidakpastian dalam Agribisnis, Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi, 1995. Analisis Usahatani: UI Press . Jakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani: UI Press. Jakarta.

Soemardjo, dkk. 2004. Teori dan Praktek Kemitraan Agribisnis, Penebar Swadaya. Jakarta.

Sulistyani, Ambar T& Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia : Konsep, Teori dan Pembangunan dalam Konteks Organisasi Publik Graha Ilmu : Yogyakarta.

Sulistyani, Ambar Teguh. 2004. “Kemitraan dan Model – Model Pemberdayaan” , Gava Media : Yogyakarta

Syamsul Bahri, 1996 : Bercocok Tanam Tanaman Perkebunan Tahunan . Gajah Mada Press. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.