PEMANFAATAN URINE SAPI PADA BEBERAPA CAMPURAN KOMPOS TERHADAP HASIL TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Edy Kustiani(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


RINGKASAN

 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk menyediakan media dan pupuk organik  cair (urin sapi) sehingga diperoleh pertumbuhan dan hasil tomat yang maksimal.Tanaman sayuran buah seperti tomat (Lycopersicum esculentum L.) sangat dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini disebabkan karena kandungan gizi buah tomat yang terdiri dari vitamin dan mineral sangat berguna untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit. Salah satu cara meningkatkan produksi adalah dengan cara pemberian komposisi media berupa pupuk kandang dan dosis urin sapi sesuai kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Hipotesis yang disajikan adalah dengan pemberian pupuk organik (tanah: pupuk kandang 3:1) dan dosis urin sapi 6ml/tanaman akan diperoleh pertumbuhan dan produksi tomat (Lycopersicum esculentum L.) yang optimal penelitian ini dilakukan di Rumah kaca pada lahan Fakultas Pertanian Universitas Kadiri Jl. Selomangleng no : 1  desa Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur., Pada penelitian menggunakan rancangan lingkungan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan  Faktorial terdiri dari 2 faktor, yaitu komposisi pupuk kandang dan dosis urin sapi pertanaman. Masing-masing faktor mempunyai tiga taraf (level dan diulang 3 kali..Pengamatan dilakukan pada tinggi tanaman, jumlah daun Jumlah buah, berat  basah buah, berat kering tanaman, berat berat kering akar, berat basah tanaman dan berat basah akar. .Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data dapat  disimpulkan bahwa Tidak terjadi interaksi yang nyata antara dosis urin sapi dan komposisi pupuk kandang terhadap parameter jumlah daun, jumlah buah, berat buah, berat basah/tanaman, berat kering/tanaman, berat basah  dan berat kering akar. .Faktor dosis urin sapi berpengaruh sangat nyata terhadap pengamatan tinggi tanaman semua umur dimana tanaman tertinggi adalah pada perlakuan D3 (6 ml).Terhadap pengamatan jumlah daun pengaruh dosis urin sapi menunjukkan perbedaan sangat nyata pada semua umur dimana jumlah daun terbanyak saat tanaman berumur 30 hari.  Untuk pengamatan jumlah buah dosis urin sapi berpengaruh sangat nyata pada tanaman unur 10 hari dan pada pengamatan berat buah  tomat umur 10 dan 20 hari tetapi terhadap pengamatan berat basah/tanaman, berat kering/tanaman, berat basah akar/tanaman dan berat kering/tanaman tidak menunjukkan perbedaan yang nyata, Perlakuan komposisi media berpengaruh nyata dan sangat nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah buah dan berat buah.

Kata kunci: Urine Sapi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adri B.S.M. dan Arief. 2007. Respon Berbagai Jenis Pemupukan Terhadap Produksi Tanaman Tomat dan Mentimun. Primordia. Vol 2:3. 226-236.

Ashari, S. 1995. Holtikultura Aspek Budidaya. Jakarta : UI Press

Hotimah, Ana Husnul. 2013 .Pengaruh Hormon Giberelin dan Auksin terhadap Umur Pembungaan dan Persentase Bunga Menjadi Buah pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum mill).Skripsi. Ikip PGRI Semarang : Fakultas pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan alamS

Lingga, Pinus dan Marsono. 2009. Petunjuk Penggunaan Pupuk. cetakan pertama. Jakarta : Penebar Swadaya

Mardaa.2007. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cuscumis sativa L.) terhadap Urine Sapi yang Telah Mengalami Perbedaan Lama Fermentasi.Skripsi. Medan. Fakultas Pertanian

Murbandono, L. 2003. Membuat Kompos. Jakarta : Penebar Swadaya

Murdowo, J. 2004. http://www.Suara merdeka.com/barisan/0408/19/slo 28 htm. (28 Agustus 2006)

Moh Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Naswir. 2003. Pemanfaatan Urine Sapi yang Difermentasikan Sebagai Nutrisi Tanaman. http://www tumontou.net702/07134/2006/07/20, htm 4. (20 Juli 2006)

Pijoto, S. 2005. Benih Tomat. Kanisius. Yogyakarta

Premono, E dan E Widyawati. 2000. Kompos dan Pupuk Hayati Sebagai Pupuk Organik. Jakarta : Majalah Penelitian Gula

Raharja, A. 2005.Pupuk dan Pestisida.http://www Tanindo. Cm/abdi 15/hal 2001/2006/08/07/htm. (07 Agustus 2006)

Redaksi Agromedia. 2007. Panduan Lengkap Budidaya Tomat. Agromedia. Jakarta

Rusminandar. 2001. Tanaman Tomat. Bandung : Sinar Baru Algensindo


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.