Pengaruh Komunikasi Horisontal, Komunikasi Vertikal dan Komuikasi Diagonal Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Perusahaan Jamu Parang Husada Kediri

Erna Hidajati Koesoemaningroem(1*),

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Produsen jamu di Kediri berkembang pesat mendorong industri jamu mampu bersaing untuk merebut minat masyarakat.Perusahaan Jamu Parang HusadaKediri dalam persaingan tersebut menghadapi masalah yaitu masih bernuansa tradisionalisme, letak perusahaan  yang  jauh  dari keramaian  kota,  yaitu di Dusun Purut Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sampai seberapa besar pengaruh dari komunikasi tersebut secara bersama - sama terhadap semangat kerja karyawan dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi  terhadap semangat  kerja  karyawan  dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi tersebut terhadap  semangat kerja karyawan. Dari hasil pengujian dengan  menggunakanstatistik  program  SPSS diketahui, bahwa variabel komunikasi vertical, komunikasi horisontal dan komunikasi diagonal secara simultan mempunyai hubungan terhadap semangat kerja karyawan. Hasil pengujian dengan regresi bergandadiketahui persamaan regresi  hubungan  antara  variabel  adalah  Y  =  6,860  +  0,263  X1 +  0,242 X2 + 0,358 X3 .Untuk komunikasi yang dominan dapat diketahui bahwa variabel X3 (variabel komunikasi diagonal) mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingkan variabel lainnya.


Keywords


komunikasi horizontal; komunikasi vertikal; komunikasi diagonal; semangat kerja karywan

Full Text:

PDF

References


A.W. Wijaya. 2004. Komunikasi-komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Penerbit PT. Bina Aksara. Jakarta

Alex S. Nitisemito. 2005. Manajemen Personalia. Cetakan Keempat. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta

Pengantar Metode Statistika. Jakarta : LP3ES

Edwin B. Flippo. 25 Agustus 2008. Principle of Personal Management. FiveEdition. Mc Graw Hill Inc

Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan.2005. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

James G. Robbins dan Barbara S. Jones.2004. Effective Communication for Today’s Manager. Terjemahan oleh Turman Sirait, Penerbit CV. Tulus Jaya, Jakarta

Muchdarsyah Sinungan. 2005. Produktivitas. Edisi Kedua. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Phil Astrid S. Susanto. 2005. Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Penerbit Bina Citra, Jakarta

Winarno Surachmad. 2005. Pengantar Metode Ilmiah. Edisi Keenam. Penerbit Tarsito, Bandung

Zaenal Mustofa EQ. 2010. Pengantar Mikrostat. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.1

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 

Free counters!

Creative Commons License

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.