Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald’s Kediri

Authors

  • Nur Laely Fakultas EKonomi Universitas Kadiri
  • djunaedi djunaedi fakultas ekonomi universitas kadiri
  • Dea Rosita Mahasiswa Magister Manajemen Universitas kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1129

Keywords:

Customer Relationship Management, Customer Satisfaction

Abstract

McDonald's is a fast food restaurant that has a branch in Kediri. The restaurant currently has competitors that can reduce customer satisfaction. Therefore, the research conducted aims to determine the partial and simultaneous effects of using the independent variables Customer Relatioship Management and Service Quality and the dependent variable Customer Satisfaction. The sample used in this study was 93 respondents using the Slovin formula. Based on the results of the study, the characteristics of the dominant respondents at the age <20 years are female, the level of students whose income is <1 million in high school education and equivalent. Partially and simultaneously Customer Relationship Management and Service Quality, each of which has a significant influence on Customer Satisfaction.

 

McDonald’s merupakan salah satu restoran cepat saji yang memiliki cabang di Kota Kediri. Restoran tersebut saat ini memiliki kompetitor yang dapat memberikan dampak penurunan kepuasan bagi para pelanggannya. Oleh sebab itu, dari penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan pengaruh simultan dengan penggunaan variabel bebas Customer Relatioship Management dan Kualitas Layanan serta variabel terikat Kepuasan Pelanggan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 93 responden menggunakan formula Slovin. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik responden dominan pada usia <20 tahun berjenis kelamin perempuan, tingkat pelajar/mahasiswa yang pendapatannya <1 juta pada pendidikan SMA sederajat. Secara parsial dan simultan Customer Relatioship Management dan Kualitas Layanan, masing – masing memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.

Andriani, D. P. (2017). Validitas dan reliabilitas skala. In Universitas Brawijaya (pp. 1–39). Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik. (2019). Laporan Perekonomian Indonesia 2019. Laporan Perekonomian Indonesia 2019, 04(01), 1–224.

Bank, A. D. (2019). Publikasi Asian Development Outlook (ADO). Asian Development Bank.

Binsar Kristian P., F. A., & Panjaitan, H. (2014). Analysis of Customer Loyalty through Total Quality Service, Customer Relationship Management, and Customer Satisfaction. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(3), 142–151. https://doi.org/10.11591/ijere.v3i3.6191

Brahmasari, I. A., & Panjaitan, H. (2016). The Influence of Service Quality, and Customer Relationship Management (CRM) Of Patient Satisfaction, Brand Image, Trust, and Patient Loyalty on Indonesian National Army Level II Hospitals. International Journal of Business and Management Invention ISSN, 5(5), 30–44.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan.

Damanik, D., & Wibowo, F. S. (2018). Implementasi Strategi 4P Dalam Meningkatkan Frekuensi Public Event Di Harris Hotel and Conventions Bekasi (Hhcb). National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1248

Fund, I. M. (2019). Publikasi World Economic Outlook Database ,. International Monetary Fund.

Gürbilek, N. (2013). Definisi Operasional Variabel. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hariyono, P. A., Laely, N., & Prastiti, E. (2019). Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kab. Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 189. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314

Heryana, A. (2015). Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, Dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif). Metodologi Penelitian.

Hidayat, A. (2017). Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel. Statistikian.

Hill, N., & Alexander, J. (2017). The Handbook of Customer Satisfaction and Loyalty Measurement (3rd ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315239279

Indonesia, B. (2018). Publikasi Laporan Perekonomian Indonesia. Bank Indonesia.

Kelana Putera, A., & Wahyono. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 7(1).

Komari, A., Laely, N., & Panjaitan, H. (2017). Marketing Performance Analysis by Customer Relationship Marketing , Market Orientation , and The Image of Islamic Banks in Kediri , East Java , Indonesia. 6(3), 1–9.

Lovelock, C. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi : Perspektif Indonesia. Erlangga.

Maksum, A. (2012). Data, Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Jurnal Cakrawala Kependidikan, agustus, 107.

Nurlaely, Sularso, A., & Panjaitan, H. (2019). Influence of Customer Relationship Management and Product Innovation on Market Orientation, Competitive Advantage in Improving the Marketing Performance of Food Industry Small Businesses In East Java. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 8(04), 13.

Panjaitan, H., & Djunaedi, D. (2017). Product Advantage , Customer Relationship Marketing , and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130.

Philip, K., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing (9th ed.). Prentice Hall.

Purnamasari, Y., & Madiawati, P. N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Di Mcdonald’s Cabang Cibubur Jakarta. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 27–36.

Putra, Y. P., Safi’i, I., & Ruhamak, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction pada Pengguna E-Banking di Kota Kediri. Senima, 3(Senima 3), 432–440.

Putranto, R. R., Utami, S., & Nurbambang, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jasa Servis Ahass Rizky Motor Prambon Nganjuk). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2, 182–197.

Rahmadi, A. N., & Ruhamak, M. D. (2018). Pengaruh Costumer Relationship management (CRM) dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Kediri. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 208–216.

Ruhamak, M. D., Utami, S., & Andarini, M. (2019). The Impact of Service Quality and CRM on Patient Contentment (Clinical Studies at DKT Nganjuk HealthClinic). International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).

Sugiyono. (2014). Teknik Pengumpulan Data. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 137. https://doi.org/10.3354/dao02420

Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono. https://doi.org/10.1519/JPT.0b013e31826e7d33

Tumbuan, W., Mandey, S., & Kakasih, S. (2014). Produk, Harga, Promosi, Dan Filosofi Terhadap Loyalitas Konsumen Meubel Bambu Batik Tekun Jaya Di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 379–388.

Vina Mandasari. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar Bus. Universitas Diponegoro.

W, R. S., Utami, S., & Rochani, S. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No.11 Mojoroto - Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(11), 285–298.

Whidmurni. (2017). Penelitian Kuantitatif. Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif.

Widjoyo, I. O., Rumambi, L. J., & Kunto, Y. S. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Jurnal Manajemen Pem, 1(1), 1–12.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zeithaml, V. A. (2010). Delivering Quality Service. Free Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-30

How to Cite

Laely, N., djunaedi, djunaedi, & Rosita, D. (2020). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald’s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 224–242. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1129