Analisis Harga, Inovasi Produk, Promosi dan Proses Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Aci Tata Snack Kediri

Authors

  • Marwita Andarini fakultas ekonomi universitas kadiri
  • Nur Laely Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Wigati Wigati Mahasiswa Magister Manajemen Universitas kadiri
  • Nurul Laily Mahasiswa Magister Manajemen Universitas kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1130

Keywords:

Price, Product Innovation, Promotion, Business Process, Customer Satisfaction

Abstract

The development of food products, especially snack products, which has an attraction to try and carry out this research, is the aci meatball product produced by Tata Snack, which is located in Ngadiluwih, Kediri. This study aims to determine the effect of price, product innovation, promotion and business processes on customer satisfaction partially and simultaneously. The population used was 163 consumers obtained from purchase data from December 1, 2019 to January 30, 2020. The sample size in this study used the Slovin formula, with a sample of 116 respondents. The 116 respondents contacted to fill out an online questionnaire, then recapitulated the data with a total of 116 respondents. Followed by multiple linear regression test with the results if the customer satisfaction with one unit of work increased by 0.05, innovation increased by 0.146, promotion increased by 0.058 and business processes increased by 0.402. Partially these variables do not have a significant effect on customer satisfaction, while simultaneously the independent variables are able to work together and the most influential variable is product innovation. This study has a percentage of 73.4% which can be explained, while the remaining 0.266 is not explained in this study

 

Perkembangan produk makanan khususnya produk camilan yang memiliki daya tarik untuk dicoba dan dilakukan penelitian ini, adalah produk bakso aci yang diproduksi oleh Tata Snack, yang berlokasi di Ngadiluwih, Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, inovasi produk, promosi dan proses bisnis terhadap kepuasan konsumen secara parsial dan simultan. Populasi yang digunakan sebesar 163 konsumen yang didapat dari data pembelian sejak 1 Desember 2019 sampai dengan 30 Januari 2020. Besarnya sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin, dengan sampel responden sejumlah 116 orang. Responden tersebut dihubungi untuk mengisi kuisioner secara online sebanyak 116 responden, kemudian dilakukan rekapitulasi data dengan jumlah 116 responden. Dilanjutkan uji regresi linier berganda dengan hasil jika kepuasan konsumen bekerja 1 satuan terhadap harga meningkat sebesar 0,05, inovasi meningkat sebesar 0,146, promosi meningkat sebesar 0,058 dan proses bisnis meningkat sebesar 0,402. Secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan secara simultan variabel bebas mampu bekerja bersama – sama dan variabel yang paling berpengaruh adalah inovasi produk. Penelitian ini memiliki prosentase sebesar 73,4% yang dapat dijelaskan, sedangkan sisanya sebesar 0,266 tidak dijelaskan pada penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.

Ali Maksum. (2012). Data, Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Jurnal Cakrawala Kependidikan, (agustus), 107.

Daragahi, G. (2017). The impact of innovation on customer satisfaction: A study of the cosmetics producer in Tehran. International Review, (1–2), 121–132. https://doi.org/10.5937/intrev1702121d

Dr. Whidmurni, M. P. (2017). Penelitian Kuantitatif. Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8

Ghazzan, F. (2012). Pengertian Marketing Mix. Retrieved June 30, 2019, from catatanmarketing.wordpress.com website: https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/pengertian-marketing-mix-menurut-kotler/

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

I Made Yuliara (Universitas Udayana). (2016). Regresi linier berganda 1. 1–6. Retrieved from http://www.mendeley.com/research/regresi-linier-berganda-1/

Komari, A. (2016). Strategi Pemasaran Produk Indosat M3 di Kota Kediri Berdasarkan Analisis SWOT. 3(2).

Komari, A., Sularso, A., & Sumiati. (2019). Influence of Marketing Mix against Marketing Performance Through the Orientation of the Batik Small Industry Market In East Java. International Journal of Business and Management Invention, 8(4).

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 (1st ed.; J. W. & S. Inc, Hoboken, & N. Jersey, Eds.). Canada: Inc, John Wiley & Sons Hoboken Jersey, New.

Kushwaha, G. S., & Agrawal, S. R. (2015). An Indian customer surrounding 7P[U+05F3]s of service marketing. Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.10.006

Rasmansyah. (2017). The effect of service quality and promotion to customer satisfaction and implication of customer loyalty in vehicle financing company in Jakarta Indonesia. International Journal of Advanced Scientific Research, 2(6), 22–30.

Saidani, B., & R Sudiarditha, I. K. (2019). Marketing Mix-7Ps: The Effect on Customer Satisfaction. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 7(1), 72–86. https://doi.org/10.21009/jpeb.007.1.7

Sari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan (1st ed.). Retrieved from books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Stanton, W. J. (1993). Prinsip Pemasaran (7th ed.). Indonesia: Erlangga.

Subaebasni, S., Risnawaty, H., Arie Wicaksono, A., Albadriyah Widsata, P., Straitliner Express, P., & APP Jakarta Kemenperin, P. (2019). International Review of Management and Marketing Effect of Brand Image, the Quality and Price on Customer Satisfaction and Implications for Customer Loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, 9(1), 90–97. https://doi.org/10.32479/irmm.7440

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Ediri 4). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik edisi 3. ANDI.

Widyatama, R. (2016). 7P dalam Bauran Pemasaran. Retrieved September 16, 2019, from repository.widyatama.ac.id website: https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2696/Bab 2.pdf?sequence=7

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-30

How to Cite

Andarini, M., Laely, N., Wigati, W., & Laily, N. (2020). Analisis Harga, Inovasi Produk, Promosi dan Proses Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Aci Tata Snack Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 198–210. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1130