ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI KOMPETITIF PADA PD. BPR. BANK DAERAH LAMONGAN

Mohammad Rizal Nur Irawan

Abstract


The rising of global competition, the companies must considering the circumstances of market and more competitiveof determine strategy. Competitive strategy is a way to determine the power competitiveness. Use of an effective SWOT analysis for a role in determining the competitive strategy, in order to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats encountered by company to keep going company survive. The Problems which you want to find the answer in this study is "whether the SWOT analysis is an appropriate strategy in order to increase the production of Performance Management and how competitive strategies were implemented company in overcoming the global competition? This research using IFAs analysis method to analyze the internal factors, the analysis of EFAS to external factors. After inserted into quantitative model that is name SWOT.  The Results of analysis showed that analysis of IFAS and EFAS and SWOT analysis, the strategy selected for the achievement goal of the company is "strategy ST". Based on this evidence we can conclude with the SWOT analysis be able to competition  using a competitive strategy, with the strategy of product diversification.

 

Key word: SWOT analysis, competitive strategy

 

Berkaitan dengan meningkatnya persaingan Global,maka perusahaan dituntut untuk memperhatikan keadaan pasar dan bersaing lebih kompetitif dalam menentukan strategi.Strategi kompetitif merupakan salah satu cara untuk mengetahui daya saing disetiap kekuatan.Pengunaan analisis SWOT yang efektif dapat memegang peranan dalam menentukan strategi kompetitif,agar dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusaahaan dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan.Masalah yang hendak di cari jawabannya dalam penelitian ini adalah‟apakah analisis SWOT merupakan strategi yang tepat guna meningkatkan produksi perushaan dan bagaimana strategi kompetitif yang di terapkan perusahaan dalam mengatasi persaingan global?‟. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis IFAS untuk menganalisis faktor internal,analisis EFAS untuk faktor eksternal. Setelah dimasukan kedalam model kuantittif yaitu matrik SWOT.Hasil analisis menunjukan bahwa, menggunakan analisis IFAS dan EFAS serta menggunakan analisis SWOT ,maka strategi yang dipilih guna tercapainya tujuan dari perusahaan adalah‟strategi ST‟.Berdasarkan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan  analisis SWOT dapat mengatasi persaingan yang ditentukan dengan memakai strategi kompetitif yaitu, dengan strategi diversifikasi produk.

 

Kata kunci : Analisis SWOT , Strategi kompetitif


Full Text:

PDF

References


Akiyah,(2011), Analisis SWOT untuk menentukan Strategi Pemasaran dalam mengatasi Persaingan pada UD. Lestari Jaya Meubel Tritunggal Babat Lamongan, Skripsi, Unisla, Lamongan

Anis Suci Fitriana,(2012), Analisa SWOT untuk menentukan Strategi Pengembangan Tabungan Simpanan Pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan ,Skripsi, Unisla,Lamongan

Freddy Rangkuti,(2004), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Hamel dan Prahalad,(1995:4) dalam Freddy Rangkuti,(2004),”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. PT. Gramedia ,Jakarta.

Irham Fahmi,(2014), “Manajemen Strategis” ALFABETA Bandung.

Judin Mahfud, 2014. Skripsi Analisis SWOT unruk menentukan strategi kompetitif pada UD.DAMAI 4 GRESIK: Unisla.

Ismail Sholihin,(2006), Manajemen Strategik.

Mulyadi, (2012), Manajemen Stategi.

Porter Michael E. Porter dalam Freddy Rangkuti,(2006), “Analisis SWOT Membedah Kasus Bisnis”, PT. Gramedia, Jakarta

Richard L. Daft,(2010), “Era Baru Manajemen,Edward Tanujaya”, Edisi 9, Salemba Empat.

Riduwan,Ds. M.BA,(2012), “Dasar-dasar Statistika”. ALFABETA, Bandung.

Rizal Awalodin Rozak. 2015. Skripsi Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Jumlah Nasabah Kredit Moda Kerja (KMK)Pada PD. BPR BANK DAERAH LAMONGANl: Unisla

S. Nasution, Prof, Dr, M.A,(2012), “METODE RESEARCH”. BUMI AKSARA, Jakarta.

Sugiyono,(2014), “Statistika Untuk Penelitian”. ALFABETA, Bandung.

Sir Wahyuni Hidayawati. 2014. Skripsi Strategi Pemasaran Dengan Metode Analisa SWOT untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. INDOMARCO PRISMATAMA Benjeng Gresik: Unisla

http // analisisSWOT.Wikipedia.

http // infoindonesiaprintmedia.

http//manajemen/bisnis.strategi.gading mahendrata.

www.ruplubika.com.

www.humas.depkeu.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 EKONIKA (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri)



Indexed By :

 Flag Counter


ISSN :

ISSN (Print)    : 2502-9304

ISSN (Online) : 2581-2157

Creative Commons License
Ekonika (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.