Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Pokok Guru (Studi Pada Ma Al Muttaquun Wates)

Authors

  • Desi Kristanti Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.2

Abstract

Pada kenyataannya pelaksanaan tugas pokok guru di MAAl Muttaquun Wates Kediri
adalah baik.
a. Terjadinya peningkatan kinerja guru.yang ditunjukkan dengan peningkatan
jumlah rata-rata NEM lulusan siswa 2008/2009, dan 2009/2010.
b. Keberhasilan peserta EBTA/EBTANAS pada tahun pelajaran 2008/2009 sampai
dengan 2010/2011.
c. Keberhasilan penjaringan UMPTN dan PMDK pada tahun pelajaran 2008/2009
sampai dengan 2010/2011.
d. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler.
Ditemukan sejumlah faktor dalam pelaksanaan tugas pokok guru di MA Al
Muttaquun Wates Kediri.
a. Belum lengkapnya sarana dan prasarana di MA Al Muttaquun Wates Kediri.
b. Para guru mengalami kesulitan dalam menemukan metode-metode mengajar
yang tepat bagi para siswa.
c. Para guru mengalami kesulitan dalam membimbing kegiatan belajar siswa.
d. Para guru mengalami kesulitan untuk menanamkan motivasi pada diri siswa.
e. Para guru merasa kekurangan waktu untuk melaksanakan tugas yang telah
direncanakan.
Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan data bahwa faktor-faktor sarana
dan prasarana, metode mengajar,kesulitan membimbing,kesilitan menanamkan
motivasi .kesediaan waktu mempengaruhi tugas pokok guru di MA Al Muttaquun
Wates

Kata kunci : Pelaksanaan tugas guru.


Downloads

Download data is not yet available.

References

eputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka Kreditnya

Ali Muhammad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung; Angkasa,1987.

Arikunto,Suharsimi.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta;Bumi Aksara,1992..

Burhanudin,Yusak.Administrasi Pendidikan Bandung;CV Putaka Setia,1998

Djamarah,Syaiful Bahri dan zain,Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya;Usaha Nasional,1994.

Handoko Hani T.DR.MBA,tahun 1995.Manajemen Edisi 2,BPFE Yogyakarta.

Indra Fachrudi,Soekarno.Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efisian.Bogor;Ghalia Indonesia,2006

Imron,Ali.Pembinaan Guru di Indonesia,Jakarta;Pustaka Jaya,1995

Kusnandar,Guru Profesional Implementasi kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalam Sertifikasi Guru,Jakarta,PT.Raya Grafindo Persada,2007

Keputusan Menteri Negara Perdayaan aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Negara Nomor 0433/p/1993

Lazaruth,Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung jawabnya. Yogyakarta; Kanisius,1984

Mulyana,E.Standar Kopetensi dan Sertifikasi Guru,Bandung,PT.Remaja Rosdakarya,2007.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Undang-Undang Nomor 14Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman,Moh.User.Menjadi Guru Profesional.Bandung; Remaja Rosda Karya,1990

Wahjosumidjo.Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta;PT Raja Grafindo Persada,1999.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2017-07-20

How to Cite

Kristanti, D. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Pokok Guru (Studi Pada Ma Al Muttaquun Wates). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1). https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.2

Issue

Section

Articles