Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare)

Muhammad Dian Ruhamak(1*), Evi Husniati Syai'dah(2),

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine how much influence word of mouth, consumer interest and brand image on consumer decisions. The population in this study are consumers, namely students who carry out course activities in the English village of Pare, because of the many course institutions in the English village of Pare, the population of this study is unknown so that it uses the Wibisono formula where a sample of 100 is obtained. probability sampling with a purposive sampling approach. to prove the hypothesis and draw conclusions, simple linear regression analysis, and the coefficient of determination (R ^ 2) is used, partial hypothesis testing with T Test and hypothesis simultaneously with the F. Word of Mouth Test has a significant effect on Consumer Decisions, as evidenced by the results of the sig . 0,000 <0,05 and t count (6,282)> t table (1,98). Consumer interest has a significant effect on Consumer Decisions, as evidenced by the results of sig. 0.038 <0.05 and t count (2.099)> t table (1.98). Brand Image has no effect on Consumer Decisions, as evidenced by the results with sig. 0.829> 0.05 and t count (-0.217) <t table (1.98). Word of Mouth has the most dominant influence on Consumer Decisions, as evidenced by the results of the largest calculation of other variables.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth, minat konsumen dan brand image terhadap keputusan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yaitu pelajar yang melaksanakan kegiatan kursus di kampung inggris pare, oleh karena banyaknya lembaga kursus yang berada di kampung inggris pare maka populasi penelitian ini tidak diketahui sehingga menggunakan rumus wibisono dimana diperoleh sampel sejumlah 100. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. untuk pembuktian hipotesis dan penarikan kesimpulan, digunakan analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi , pengujian hipotesis secara parsial  dengan Uji T dan hipotesis secara simultan dengan Uji F. Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen, dibuktikan dengan hasil sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung (6,282) > t tabel (1,98). Minat Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen, dibuktikan dengan hasil sig. 0,038 < 0,05 dan t hitung ( 2,099) > t tabel (1,98). Brand Image tidak berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen, dibuktikan dengan hasil dengan sig. 0,829> 0,05 dan t hitung ( -0,217) < t tabel (1,98). Word of Mouth berpengaruh paling dominan terhadap Keputusan Konsumen, dibuktikan dengan hasil nilai perhitungan yang paling besar dari variabel lainnya.


Keywords


Word of Mouth; Consumer Interest; Brand Image; Consumer Decisions

Full Text:

PDF

References


Akdon, dan Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta, 2013

clickPaid biz. (2012). Asal Mula Kampung Bahasa Inggris Di Pare Kediri Indonesia | Kampung Inggris Pare Kediri VOC English Course. Retrieved September 13, 2018, from http://kampunginggris-voc.blogspot.com/2017/05/kampung-bahasa-inggris-pare-kediri-indonesia.html

Fitriana, D., & Yulianti, I. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Produk Otomotif (Studi Kasus Pada Calon Pembeli Toyota Avanza Di Auto 2000 Sutoyo - Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2.

Gozali, M. Y., & Ruslim, T. S. (2012). Efek E-Wom Terhadap Brand Image Dan Purchase Intention (Kasus : Industri Mobil “D”), (1).

Prabowo, S. (2007). Pengaruh Minat Konsumen Dan Harga Produk ( Studi Kasus Pada Usaha Jual-Beli Mobil Bekas Saudara Motor ) : Setyo Prabowo.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri). EkoNiKa Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 38–49.

Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh marketing Mix dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Mengikuti kursus di LPK Progress Pare. Akuntabilitas, 9(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/akuntabilitas.v9i2.208

Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. (2016). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika, 1(2), 188–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.14

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.186

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Index By :

 

Free counters!

Creative Commons License

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.