PERAN KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BILLAGIO SKINCARE CLINIC SIDOARJO

Ana Fitriyatul Bilgies

Abstract


Bisnis di bidang perawatan kecantikan dewasa ini  telah  berkembang pesat seiring dengan kemajuan jaman di indonesia, salah satu perusahaan tersebut adalah Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Namun seiring kemajuan tersebut terjadi fenomena penurunan pendapatan dan meningkatnya komplain
pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Billagio skincare clinic Sidoarjo. Dalam penelitian  ini menggunakan variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan, sedangkan responden penelitian adalah seluruh
pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo dengan metode accicental sampling dan teknik analisis serta pengujian hipotesis menggunakan softwarePartial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik menimbulkan kepuasan yang tinggi pada pelanggan, namun
harga tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas pelayanan yang baik berdampak pada pelanggan semakin puas.
Kata Kunci : Kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2000, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta,

Bandung.

Darsono, L. Indahwati, 2010, Hubungan Perceived Service Quality dan Loyalitas; Peran

Trust dan Saticfaction Sebagai Mediator, Jurnal bisnis Perspektif, Vol 2 No.1. hal 4357

Engel, James F ; Roger D Blackwell : Paul W Minniard, 1995, Consumer Behavior, The

Dryden Press, Orlando, Eight Edition, International Edition.

Fajar Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ferdinand, Agusty, 2002, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen,

Edisi 2, Penerbit : BP UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam, 2011, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial

Least Square PLS, Edisi 3, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Hasan, Ali, 2006, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary 2008, Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi

Kedelapan, Alih Bahasa oleh Damas Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary, 2004. Dasar – Dasar Pemasaran, Jilid 2, Edisi ke-9,

Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi &

Kontrol), Prenhalindo, Jakarta.

Malhota, N.K., 2005, Marketing Research (4

th

ed), New Jersey : Pearson Edition. Marhayanie

& sihite, Eka Larasati, 2008, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Green

Product Cosmetic (Study Kasus Pada Putri Ayu Marta Tilaar Sun Plaza Medan).

Jurnal Manajemen & Bisnis, No. 1, Hal 10-17.

Mital, Vikas, William T. Ross and Patrick M Baldasare, 1998, “The Asymetric Impact of

Negative and Positive Attribute Level Performance on Overall Satisfaction and

Repurchase Intentions”, Journal of Marketing,, Vol. 62. P.33-47.

Musanto, Trisno, 2004, Jurnal Faktor – Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas,

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.

Mulyono & Yoestini, Nugraheni, Kamal, 2003, Analisis Pengaruh Kualitas Produk &

kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan

Puri Mediterania Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No.3, Hal 43-57.

Nurbaity, Arlina dan Marin, Pengaruh Harga (Prince) dan Kualitas Pelayanan (Service

Quality) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan, Jurnal Manajemen

Bisnis Vol 2, No. 1, Jan 2009, 21-24, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Prasastono, Ndaru, dan Pradapa, Sri Yulianto Fajar, 2012, Kualitas Produk dan Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang

Candi, Jurnal Dinamika Kepariwisataan Vol. I, No. 2 Oktober 2012, Universitas

Sikubank, Semarang.

Sideng,Nurlaela, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Pada PT.Putra Sulawesi Sejati Perkasa Gorontalo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No.4,

Hal 17-24.

Samuel, Hatane, 2005, “Pengaruh Kepuasaan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek”.

Studi Kasus Restoran The prime & Ribs Surabaya”. Jurnal Manajemen dan

Kewirausahaan Vol.7, No.1.

Sukmawati, Kartik, 2011, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api Eksekutif, Jurnal

Manajemen FE – Ing Gunadarma, Jakarta.

Suwarni dan Mayasari, Septina Dwi, 2011, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga

Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen, Jurnal Ekonomi Bisnis, Th 16,

No. 1 Maret 2011, FE Universitas Negeri Malang, Malang.

Swasta, Basu, 1991, Manajemen Pemassaran, Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama,

Cetakan Ketiga, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Jakarta.

, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Penerbit Andi Offset, Jakarta.

, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Jakarta.

Zeithanil, Valarie A., A. Parasuraman and Berry L. Leonard, 2000, Delivering Quality Service

: Balacing Costoer Perception Expectation, Newyork.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 EKONIKA (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri)



Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri (Ekonika) Indexed By :

 

 Flag Counter


KANTOR SEKRETARIAT :

Jl. Selomangleng No. 1 Mojoroto Kediri 64155

Gedung A Lantai 3 Ruang A311

email : jurnalekonika@unik-kediri.ac.id

ISSN :

ISSN (Print)    : 2502-9304

ISSN (Online) : 2581-2157

Creative Commons License
Ekonika (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.