Penerapan Strategi 7t Bisnis Ritel Dalam E-Commerce (On-Line Shop) Oleh Swalayan Golden Sebagai Media Pemasaran

Authors

  • Ema Nurzainul Hakimah Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri
  • Basthoumi Muslih Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan oleh Ema Nurzainul Hakimah (2015) dengan judul Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Berbasis Manajemen Pemasaran Retail Studi pada Pedagang Retail Anggota UMKM Kota  Kediri. Pembedanya yaitu penerapan strategi merchandising bisnis ritel dalam  e-commerce (on-line shop/olshop) oleh swalayan Golden sebagai media pemasaran dan mendeskripsikan respon konsumen atas layanan olshop swalayan pertama yang mampu bersaing dengan peritel modern besar di Kota Kediri yaitu Golden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana menjelaskan gambaran masing-masing variable penelitian strategi 7T dalam olshop terhadap respon konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan diolah menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui respon konsumen dalam strategi 7T serta metode CRI (Customer Response Index) untuk mengetahui sejauh mana respon konsumen atas layanan olshop swalayan Golden Kediri. Hasil data kuesioner terhadap strategi merchandising dan layanan olshop Golden Swalayan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja dari strategi 7T merchandising yang diberikan oleh Golden Swalayan Kota Kediri dengan adanya olshop telah melebihi nilai rata-rata harapan konsumen. Hasil CRI di tiap tahap respon dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa semua nilai tahap respon berada hampir mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa layanan olshop Golden Swalayan memberikan respon yang positif yaitu mendapatkan kesadaran konsumennya sehingga tertarik melakukan pembelian.

 

Kata kunci:  merchandising, strategi 7T bisnis ritel, on-line shop semangat kerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Marketing Management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Susanto, A. B. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Ma’ruf, Hendri. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J.Dr. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Nazir, M. 1985. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purbo, Onno W. 2001. Mengenal eCommerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riduan. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Studia Press.

Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Taufiq, A. 2005. Manajemen Ritel. Jakarta: Penerbit PPM.

Tjiptono, F. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Utama, S.S., Andadari, R.K., & Matrutty, E.S. (2009). Efektivitas Iklan Televisi Partai Gerindra berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) DI Salatiga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. XV no.1 Maret 2009, p.89-102.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Hakimah, E. N., & Muslih, B. (2017). Penerapan Strategi 7t Bisnis Ritel Dalam E-Commerce (On-Line Shop) Oleh Swalayan Golden Sebagai Media Pemasaran. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2). https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.9