MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DAN POTENSI WILAYAH DI DESA WISATA PADA MASA PANDEMI COVID19 (Desa. Bareng Kec. Sawahan Kab. Nganjuk)

Authors

  • desi Kristanti universitas kadiri http://orcid.org/0000-0003-4703-9407
  • M.Batrul Huda universitas kadiri
  • Septian Surya universitas kadiri
  • Adibul Hilmi universitas kadiri
  • Endra Ardiantoko universitas kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v4i2.1633

Keywords:

Ekonomi Masyarakat, Potensi Wilayah

Abstract

Kegiatan Kukerta ini dilakukan di Desa Bareng Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk yang mana Desa Bareng sendiri merupakan pelopor Desa wisata yang ada di Kabupaten Nganjuk. Desa Bareng memiliki potensi alam yang sangat luar biasa yang mana kawasan hutannya yang sangat luas, obyek wisata yang dimiliki antara lain Bukit Syurga dan Jalur Pendakian Gunung Wilis yang mana kedua obyek wisata tersebut sudah dikenal wisatawan dalam kota maupun luar kota Nganjuk. Kelompok Kukerta dari Universitas Kadiri bekerja sama dengan pihak Desa juga tim wisata guna membantu segala kegiatannya juga mengekspose potensi wilayah Desa Bareng. Dari kegiatan kukerta yang telah dilaksanakan selama dua minggu tim kukerta dapat menarik kesimpulan diantaranya pihak desa Bareng perlu lebih giat lagi dalam hal promosi, sedangkan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui media sosial selain itu, pemerintah Desa Bareng juga perlu menggali potensi alam yang begitu luasnya guna memunculkan ide-ide wisata baru agar dapat menjadi contoh wilayah lain.

References

Hutomo. (2019). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. 2005.

Nuryati. (2013). Analisis Modal Sosial Dalam Pengelolaan Desa Wisata Nongkosawit Kota Semarang.

Suparmoko. (2012). Pengertian Potensi Wilayah. 14(02), 100–111.

Downloads

PlumX Metrics

Published

07/09/2021

How to Cite

Kristanti, desi, Huda, M., Surya, S., Hilmi, A., & Ardiantoko, E. (2021). MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DAN POTENSI WILAYAH DI DESA WISATA PADA MASA PANDEMI COVID19 (Desa. Bareng Kec. Sawahan Kab. Nganjuk). Jurnal Abdi Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v4i2.1633