MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DAN POTENSI WILAYAH DI DESA WISATA PADA MASA PANDEMI COVID19 (Desa. Bareng Kec. Sawahan Kab. Nganjuk)

desi Kristanti(1*), M.Batrul Huda(2), Septian Surya(3), Adibul Hilmi(4), Endra Ardiantoko(5),

(1) universitas kadiri
(2) universitas kadiri
(3) universitas kadiri
(4) universitas kadiri
(5) universitas kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Kukerta ini dilakukan di Desa Bareng Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk yang mana Desa Bareng sendiri merupakan pelopor Desa wisata yang ada di Kabupaten Nganjuk. Desa Bareng memiliki potensi alam yang sangat luar biasa yang mana kawasan hutannya yang sangat luas, obyek wisata yang dimiliki antara lain Bukit Syurga dan Jalur Pendakian Gunung Wilis yang mana kedua obyek wisata tersebut sudah dikenal wisatawan dalam kota maupun luar kota Nganjuk. Kelompok Kukerta dari Universitas Kadiri bekerja sama dengan pihak Desa juga tim wisata guna membantu segala kegiatannya juga mengekspose potensi wilayah Desa Bareng. Dari kegiatan kukerta yang telah dilaksanakan selama dua minggu tim kukerta dapat menarik kesimpulan diantaranya pihak desa Bareng perlu lebih giat lagi dalam hal promosi, sedangkan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui media sosial selain itu, pemerintah Desa Bareng juga perlu menggali potensi alam yang begitu luasnya guna memunculkan ide-ide wisata baru agar dapat menjadi contoh wilayah lain.


Keywords


Ekonomi Masyarakat; Potensi Wilayah

Full Text:

PDF

References


Hutomo. (2019). Studi Fenomenologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. 2005.

Nuryati. (2013). Analisis Modal Sosial Dalam Pengelolaan Desa Wisata Nongkosawit Kota Semarang.

Suparmoko. (2012). Pengertian Potensi Wilayah. 14(02), 100–111.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v4i2.1633

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Abdi Masyarakat Index By :