INOVASI PESTISIDA NABATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN DI DESA RANTAU PANJANG KABUPATEN ACEH TAMIANG

Yenni Marnita(1), Muhammad Rizqi Zati(2*), Dyah Ayu Ardiyanti(3),

(1) Universitas Samudra
(2) Universitas Samudra
(3) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Konsep pertanian ramah lingkungan adalah konsep pertanian yang mengedepankan keamanan seluruh komponen yang ada pada lingkungan ekosistem serta dapat dilaksanakan dengan menggunakan bahan yang relatif murah dan peralatan yang relatif sederhana tanpa meninggalkan dampak yang negatif bagi lingkungan. Di Indonesia Keanekaragaman jenis tanaman yang berpotensi sebagai bahan pestisida nabati sangat tinggi, namun sampai saat ini pemanfaatannya sebagai bahan untuk mengendalikan hama belum optimal karena minimnya sosialisasi pemanfaatan pestisida nabati dalam pengendalian hama dan penyakit kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian merupakan kegiatan melatih petani untuk dapat membuat pestisida nabati, mitra kegiatan adalah kelompok tani Tunas Harapan yang berada di Desa Rantau Panjang, Aceh Tamiang. Dalam pelatihan tim PKM menggunakan daun pepaya dan daun mimba yang diolah dengan sederhana menjadi pestisida nabati. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk : (1) Diskusi dan tanya jawab, (2) Praktik pembuatan pestisida nabati dengan melibatkan peserta secara aktif, (3) Aplikasi pemberian pestisida kepada tumbuhan (4) Pemberian sarana dalam pengaplikasian pembuatan pestisida nabati. Tujuan kegiatan ini adalah petani sebagai mitra mampu membuat pestisida nabati sebagai alternatif pengganti pestisida sintetis untuk membasmi hama. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, lima dari dua puluh petani yang konsisten mempraktikkan pembuatan pestisida nabati dari daun papaya dan mimba, sedangkan sisanya masih mengandalkan pestisida sintetis.

   

Kata kunci : Inovasi, Pestisida, Hama, Penyakit tanaman


Keywords


Inovasi, Pestisida, Hama, Penyakit tanaman

Full Text:

PDF

References


Asmaliah, Etik E. W. H., Sri U., Kusdi M., Yudhistira, Fitri W. S., 2010. Pengenalan tumbuhan penghasil pertisida nabati dan pemanfaatannya secara tradisional. Kementrian Kehutanan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Produktivitas Hutan. Palembang.

Indiati, S. W. 2009. Mimba Pestisida Nabati Ramah Lingkungan. Diakses melalui http://balitkabi.litbang.deptan.go.id./

Kardinan, A. 1999. Pestisida Nabati, Ramuan dan Aplikasi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Novizan, 2002. Membuat dan Memanfaatkan Pestisida Ramah Lingkungan. Agromedia

Pustaka. Jakarta.

Samsudin, 2008. Virus Patogen Serangga: Bio-Insektisida Ramah Lingkungan. Diunduh dari http://Lembaga Pertanian Sehat/Develop Useful Innovation for Farmes Rubik.

Sastrosiswojo, S. 2002. Kajian Sosial Ekonomi dan Budaya Penggunaan Biopestisida di

Indonesia. Makalah pada Lokakarya Keanekaragaman Hayati Untuk Perlindungan

Tanaman, Yogyakarta, Tanggal 7 Agustus 2002.

Sarjan M, 2012. Potensi Pemanfaatan Insektisida Nabati dalam Pengendalian Hama pada budidaya Sayuran Organik. Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan. Fakultas Pertanian Universitas Mataram. http://saiful-mahdi.blogspot.com/2012/01/ potensi-pemanfaatan-insektisidanabati.html

Subiyakto, G. Dalmadiyo, Supriyono, dan Diwang HP. 1999a. Pemanfaatan mimba sebagai alternatif pengendalian serangga hama kapas. Artikel ilmiah, Maret Warta Littri. 4 (4) : 17-19.

Subiyakto, Dwi Winarno, dan Diwang HP. 1999b. Pengaruh konsentrasi serbuk biji mimba terhadap aspek biologi ulat daun tembakau Spodoptera litura. Prosiding Semiloka Teknologi Tembakau. Balittas Malang 31 Maret 1999. Hlm. 133-139.

Subiyakto dan G. Dalmadiyo. 2001. Teknologi Sederhana Produksi Pestisida Nabati. Makalah disajikan dalam Diskusi Panel Sosialisasi Pestisida Nabati, PEI Cabang Malang tanggal 15 November 2001. 16 hlm.

Subiyakto. 2005. Pestisida Nabati: Pembuatan dan Pemanfaatannya. Penerbit Kanisius. Cetakan I. ISBN 979-21-1004-6. 58 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3044

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.