PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUANTITAS PENJUALAN UMKM

Joko Hadi Susilo(1*), Ayu Eliana(2), Eka Yuliana Putri(3), Adelia Putri Fauziah(4),

(1) Universitas Bojonegoro
(2) Universitas Bojonegoro
(3) Universitas Bojonegoro
(4) Universitas Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk UMKM melalui pendampingan digital marketing dan dan pendampingan pada aspek legalitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah PAR (Participatory Action Research), PAR memiliki tiga kata yang selalu berhubungan satu sama lain yaitu partisipasi, riset, dan aksi. Semua riset harus di implementasikan dalam aksi. Riset berbasis PAR di rancang untuk mengkaji sesuatu dalam rangka merubah dan melakukan perbaikan terhadapnya. Hasil pendampingan kegiatan ini menyimpulkan bahwa pendampingan pada aspek digital marketing dilakukan desgin logo dan packaging serta mengarahkan pelaku usaha untuk bergabung pada komunitas UMKM. Pendampingan pada aspek legalitas usaha dilakukan dengan memberikan fasilitiasi dan pengarahan mengenai persyaratan dalam mengurus legalitas usaha yang harus dimiliki oleh pelaku usaha. Pendampingan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas produk dan kuantitas penjualan produk UMKM Kripik Sakkom.


Keywords


Digital Marketing, Legalitas Usaha

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Daspar, D., Hartati, N., Huda, M., & Saputri, W. (2020). Pelatihan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pembuatan Produk Kerupuk Lele “Krule”. JURNAL PENGABDIAN PELITA BANGSA, 1(02), 73-77.

Muhdar, H. M. (2015). Potret Ketenagakerjaan, Pengangguran, Dankemiskinandi Indonesia: Masalah Dan Solusi. Al-Buhuts, 11(1), 42-66.

Turkamun, T., Darmawan, D., Bathni, I., Junaedi, E., & Hadi, A. S. (2021). Membangun Ekonomi Kreatif Melalui Ukm Go Export Penyuluhan Kepada Peserta Umkm Galeri Etnik Nusantara Gensa Tangerang Selatan. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1537-1546).

Harefa, M. (2017). Masalah dan Tantangan Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat di Propinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Kajian, 20(4), 343-366.

Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 9(2), 115-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3331

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.