UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN EL-FAWS MELALUI INTEGRASI MATEMATIKA DAN AL-QUR’AN PADA ERA PANDEMI COVID-19

Titin Widya Risni(1), Hendy Hendy(2*), Sigit Winarto(3),

(1) Fakultas Teknik Universitas Kadiri
(2) Fakultas Teknik Universitas Kadiri
(3) Fakultas Teknik Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia dihebohkan dengan tersebarnya pandemi Covid-19 yang menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini berdampak besar ke berbagai dimensi kehidupan.Bukan hanya aspek kesehatan namun juga masuk ke sendi kehidupan pendidikan dan lembaga keagamaan di tengah masyarakat. Imbasnya sangat dirasakan banyak kalangan salah satunya pondok pesantren. Pondok pesantren yang merupakan pendidikan tradisional karena mempunyai kekhasan tersendiri dalam sistem pendidikannya. Harus bisa mengatur dan mengelola dengan baik lembaganya, sebagai upaya pemeliharaan pesantren agar tetap survive di tengah masa pandemi. Pondok pesantren El-Fawz Pagu Kabupaten Kediri memiliki misi kedepan untuk ikut serta membangun generasi muda Islam yang memegang teguh Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, termasuk pentingnya Sains dan Matematika dalam Islam dapat terlihat jelas dari fakta bahwa ilmu matematika digunakan dalam amalan-amalan dalam Islam. Di mana pesantren ini mencetak generasi hafidz hafidzah. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Teknik Universitas Kadiri telah berhasil memberikan wawasan dan pemahaman  yang baik mengenai Integrasi Matematika dan Al-Qur’an,praktik  pembuktian pentingnya Integrasi matematika dalam Al-Qur’an,serta berbagai contoh hitungan dalam Al Qur’an. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini para santri termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke bidang sains dan teknologi maupun teknik. 


Keywords


Covid-19, upaya peningkatan, minat belajar, sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Abdussakir,&Rosimanidar. “MODEL INTEGRASI MATEMTIKA DAN AL-QUR’AN SERTA PRAKTIK PEMBELAJARANNYA.”Semina Nasional Integrasi Matematika Di dalam Al-Qur’an, 1-16.Retrieved from http://repository .uin-malang.ac.id/1934/2/1934.pdf, 2017.

Al Qur’an dan Terjemahannya; Departemen Agama Republik Indonesia. 1995

Arifin Mufti, Matematika Alam Semesta.Kiblat Buku Utama: Bandung, 2004.

--------, Matematika Alam Semesta Kodetifikasi Bilangan Prima dalam Al Qur’an, Kiblat Buku: Utama Bandung, 2004.

Aulia. Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok NTB).Indonesia. Journal Of Multidisciplinary Islamic Studies,1(2)

Danial Zainal Abidin. Al Qur’an For Life Excellence,Hikmah, 2008.

Darda, A. “INTEGRASI ILMU DAN AGAMA: PERKEMBANGAN KONSEPTUAL DI INDONESIA”. At-Ta’dib, 2015.

Digital Software, Ensiklopedi Hadist; Terjemah 9 Kitab Hadist. Lidwa Pusaka. 2010.

Fahmi Amhar, TSQ Stories. Al Azhar: Mesir, 2010.

Harun Yahya, Keajaiban Al Qur’an, Arkan, 2008.

Herliandry, (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan,22 (1).

Maktabah Tsamilah; digital Al QUR’AN DAN Hadist.2010.

Mulyadhi Kartanegara, Ayat Ayat Semesta Sisi Sisi Al Qur’an Yang Terlupakan,Mizan:Jakarta,2008.

Sari, N. I., Sari, N., S., &Rizki, S. “MATEMATIKA DAN AL-QUR’AN UNTUK MEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER ISLAMI”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Membangun Generasi Berpendidikan dan Religius Menuju Indonesia Berkemajuan, 334-338, 2017.

Syaiful,(2020).Pondok Pesantren Safinda IV Bangkalan di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3407

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.