PELATIHAN DAN PEMBINAAN HEALTH AND HYGIENE EDUCATION (HHE) BAGI PENGGUNA SANIMAS DI KOTA KEDIRI

Authors

  • Indasah Indasah STIKES Surya Mitra Husada Kediri
  • Intan Fazrin
  • Ridha Rachmathiany

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v2i2.367

Abstract

Kegiatan Pengabdian untuk pelatihan, pembinaan pada kelompok swadaya masyarakat “KSM†SANIMAS (sanitasi Berbasis Masyarakat) di Kota Kediri . Kegiatan ini bertujuan untuk: meningkatkan kesadaran tentang permasalahan kesehatan dan hygiene dengan menyediakan informasi yang tepat dan mempromosikan praktek kesehatan dan hygiene yang baik. Kegiatan ini dilakukan dengan metode focus grup discussion (FGD) sehingga partisipan dapat mengemukakan permasalahan dan mendapatkan solusi yang tepat. Hasil kegiatan ini partisipan mendapat informasi tentang sanimas dan health hygiene education (HHE) yang dapat memberdayakan masyarakat untuk mencegah penyakit terkait sanitasi, memperbaiki perilaku kesehatan dan hygiene, mencegah penyakit diare dengan memutus rute kontaminasi,  memberikan pengetahuan yang tepat mengenai perawatan fasilitas sanitasi dan inovasi dari pengolahan limbah seperti halnya dalam pembuatan biogas, program hidroponik, budidaya ikan,  tempat mandi cuci kakus yang indah untuk sarana edukasi serta pemahaman  dan keterampilan organisasi dan perawatan  SANIMAS.  Dukungan kerjasama pemerintah kota, lintas sektor dan masyarakat sehingga mewujudkan kota Kediri bebas dari buang air besar sembarangan, lingkungan yang sehat, bersih, indah, dan bermanfaat.

References

AKSANSI, 2016. Hasil Pre-Monitoring Sanimas Kota Kediri

Bappeda Kota Kediri,(2010), Buku Putih Sanitasi Kota Kediri

Bappeda kota Kediri, (2011) Strategi Sanitasi Kota Kediri.

Indrizal, e. (2014) ‘diskusi kelompok terarah focus group discussion (fgd) (prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan lapangan)’, jurnal antropologi: isu-isu sosial budaya, 16(1), pp. 75–82.

Prihandrijanti, Maria dan Firdayati, Mayrina, 2011, Current Situation and Consideration of Domestic Wastewater Treatment Plant for Big Cities in Indonesia (Case Study: Surabaya and Bandung),Jurnal of Water Sustainability, Vol. 1, 2 September 2011, University of Technology Sydney & Xi’an University Architecture and Technology.

R I, Kemenkes. (2011) Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 2269/MENKES/PER/XI/2011). Jakarta.

Surotinojo, I. (2009) partisipasi masyarakat dalam program sanitasi oleh masyarakat ( sanimas ) di desa bajo kecamatan tilamuta. Tesis.Program Studi Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

Simlitabmas Ristek Dikti. (2016). Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat 2016. Jakarta : Kemenristek.

Yeang, Kenneth, 2006, Ecodesign: Design for Water Conservation, Recycling, Harvesting, etc:Conserving Water Resources,John Wiley and Sons, Ltd, London, pp. 262-267.

Downloads

PlumX Metrics

Published

05/22/2019

How to Cite

Indasah, I., Fazrin, I., & Rachmathiany, R. (2019). PELATIHAN DAN PEMBINAAN HEALTH AND HYGIENE EDUCATION (HHE) BAGI PENGGUNA SANIMAS DI KOTA KEDIRI. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v2i2.367

Issue

Section

Articles