PENERAPAN AUDIOBOOK LIT2GO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA KURSUS

Authors

  • Maulana Yusuf Aditya STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v3i2.881

Abstract

 

Abstrak

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan lanjutan dari program sebelumnya, dimana dilakukan pelatihan terkait penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa atau disingkat TELL (Technology in Language Learning). Seiring berkembangnya lembaga-lembaga kursus yang jumlahnya semakin banyak, terutama di wilayah Bangkalan. Banyak siswa-siswi mulai dari tingkat sekolah dasar sampai menengah atas mendaftar dan mengikuti program-program yang ditawarkan oleh lembaga kursus. Tren inilah yang menjadi dasar terpilihnya lembaga kursus sebagai tempat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Penerapan audiobook lit2go di lembaga kursus  Bahasa Inggris ini dilakukan oleh para tutor di lembaga kursus E-Home untuk membantu proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran, yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya kemampuan pengajar Bahasa Inggris di lembaga kursus dalam menggunakan teknologi saat pembelajaran, dalam hal ini penggunaan audiobook lit2go.

 

 

Kata kunci: Audiobook Lit2go, Tell, Pembelajaran, Teknologi

 

 

 

Abstract 

 

 

This community service activity is a continuation of the previous program, where training is carried out related to the application of technology in language learning called TELL (Technology in Language Learning). As the number of course institutions grows, especially in the Bangkalan region. Many students ranging from elementary to high school level register and participate in programs offered by institute courses. This trend is the basis for the selection of course institutions as a place to do community service. The application of lit2go audiobook at English language course institutions is carried out by tutors at E-Home course institutions to assist the learning process by utilizing learning technology, which in turn is expected to improve student learning outcomes. The result of this community service activity is the improvement of the ability of English teachers in course institutions to use technology while learning, in this case the use of lit2go audiobook.

 

Keywords: Lit2go Audiobook, Tell, Learning, Technology

References

Eady, M. J., & Lockyer, L. (2013). Tools for learning: technology and teaching strategies: Learning to teach in the primary school. Queensland University of Technology, Australia. pp. 71-89. https://scholars.uow.edu.au/display/publication76376

Grabe, W., & Stoller, F. L. (2002). Teaching and researching reading. New York: Pearson Education. doi: 10.4324/9781315833743

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 hal. 41-54.

Maryani, Y. (2013). Aplikasi E-Learning Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Teknologi informasi di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Pontianak. Vo. 9 No. 1 hal. 27-39.

Zhao.Y. (2005) (Ed).Research in technology and second language learning. Connecticut: IAP Publishing.

Downloads

PlumX Metrics

Published

05/18/2020

How to Cite

Aditya, M. Y. (2020). PENERAPAN AUDIOBOOK LIT2GO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA KURSUS. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v3i2.881

Issue

Section

cover Vol 2 No 1 2018