Analisis Kepadatan Lalu Lintas Berdasarkan Pengaturan Traffic Light (Studi Kasus Perempatan Bandar Kidul Kota Kediri)

Mohammad Khoiruddin Fauzi(1*), Heribertus Budi Santoso(2), Sri Rahayuningsih(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Traffic lights at the crossroads to regulate the smooth flow of vehicles and also accommodate each of the interests of road users. The purpose of the study was to analyze the level of vehicle density at the Bandar Kidul City Kediri junction based on traffic light settings. The study population is all vehicles that pass the Simpang Empat Bandar Kidul. The research sample is a vehicle that passes through the intersection of Bandar Kidul, with observation time since July 2-3, 2017 in the morning, afternoon and evening for one hour each observation. Data were analyzed by the Greenshield method and the Webster method. The results of the Greenshield model analysis on the morning of the direction of entry from Bandar Ngalim Road have a maximum volume of Vmax 303.58 pcu / hour / lane to the KH Wachid Hasyim road and KH Agus Salim road, while the maximum volume at Bandar Ngalim in the afternoon is Vmax 191.51Smp / Hours / lane. Whereas in the Webster model, the time for phase 1 green light is 29.37 seconds, phase 2 is 29.98 seconds, phase 3 is 31.56 seconds and phase 4 is 31.33 seconds. While the phase 1 red lights 97.80 seconds, the phase 2 red lights 97.20 seconds, the phase 3 red lights 95.69 seconds, and the phase 4 red lights 95.80 seconds.

Keyword : Traffic Density, Traffic light Settings

 

Pengaturan lampu lalu lintas di persimpangan jalan sangat dibutuhkan untuk mengatur kelancaran arus kendaraan dan juga mengakomodir setiap kepentingan pengguna jalan. Masalahnya pengaturan sistem lalu lintas menggunakan model fixed time, menyebabkan perubahan kepadatan arus lalu lintas tidak mampu diprediksi oleh traffic light. Padahal beban arus yang berbeda pada sitiap lajur jalan menyebabkan inefisiensi dalam penggunaan jalur di persimpangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepadatan kendaraan di persimpangan Bandar Kidul Kota Kediri berdasarkan pengaturan traffic light.
Penelitian ini dilakukan di Simpang Empat Bandar Kidul Kota Kediri. Populasi penelitian adalah seluruh kendaraan yang melewati Simpang Empat Bandar Kidul. Sampel penelitian adalah kendaraan yang melewati persimpangan Bandar Kidul pada waktu pengamatan penelitian pada tanggal 2-3 Juli 2017 pengamatan pagi, siang dan sore masing-masing selama satu jam pengamatan. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode Greenshield dan analisis metode Webster.
Berdasarkan hasil analisis karakteristik kendaraan dengan menggunakan model Greenshield, didapat bahwa hari Senin pagi arah masuk dari Jalan Bandar Ngalim merupakan volume maksimum yang terbesar terjadi yaitu Vmax sebesar 303,58 smp/jam/lajur menuju jalan KH Wachid Hasyim dan jalan KH Agus Salim sedangkan volume maksimum pada jalan Bandar Ngalim terjadi pada hari Minggu Sore yaitu Vmax sebesar 191,51Smp/Jam/lajur. Berdasarkan analisis menggunakan metode Webster, waktu-nyala lampu hijau pada jalur utara atau fase 1 sebesar 29,37 detik, waktu-nyala lampu hijau pada jalur selatan atau fase 2 sebesar 29,98 detik, waktu-nyala lampu hijau pada jalur timur atau fase 3 sebesar 31,56 detik dan waktu-nyala lampu hijau pada jalur barat atau fase 4 sebesar 31,33 detik. Sedangkan untuk waktu-nyala lampu merah pada jalur utara atau fase 1 sebesar 97,80 detik, waktu-nyala lampu merah pada jalur selatan atau fase 2 sebesar 97,20 detik, waktu-nyala lampu merah pada jalur timur atau fase 3 sebesar 95,69 detik, dan waktu-nyala lampu merah pada fase barat atau fase 4 sebesar 95,80 detik.


Kata Kunci: Kepadatan Lalu Lintas, Pengaturan Traffic Light


Full Text:

PDF

References


A. Novikov, I. Novikov, A. Katunin, and A. Shevtsova, “Adaptation Capacity of the Traffic Lights Control System (TSCS) as to Changing Parameters of Traffic Flows Within Intellectual Transport Systems (ITS),” Transp. Res. Procedia, vol. 20, no. September 2016, pp. 455–462, 2017.

O. Rafif, A. Aziz, and H. M. Asih, “Developing Hybrid Simulation Model to Improve Road Traffic Management,” vol. 01, pp. 56–65, 2020.

D. Branston and H. Zuylen, “The estimation of saturation flow, effective green time and passenger car equivalents at traffic signals by multiple linear regression,” Transp. Res., vol. 12, no. 1, pp. 47–53, 1978.

T. Tsuboi and N. Yoshikawa, “Traffic flow analysis in Ahmedabad (India),” Case Stud. Transp. Policy, vol. 8, no. 1, pp. 215–228, 2019.

S. Salini and R. Ashalatha, “Analysis of traffic characteristics of urban roads under the influence of roadside frictions,” Case Stud. Transp. Policy, vol. 8, no. September 2016, pp. 94–100, 2018.

S. J. A. Wesli, “Kajian Kebutuhan Lampu Lalu Lintas Pada Simpang 6,” vol. 3, no. 2, pp. 118–127, 2016.

A.- Desmi, L. A. Widari, and R. Yanti, “Efektifitas Model Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Simpang 4 Bireun (Perbandingan Dengan Metode Greenshield, Greenberg, Underwood),” Teras J., vol. 9, no. 1, p. 19, 2019.

E. N. Julianto, “Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang,” Hub. Antara Kecepatan, Vol. Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang, vol. 12, no. 2, pp. 151–160, 2010.

N. L. W. R. Kurniati, “Optimalisasi Kinerja Simpang Pasar Pagi Arenka Di Kota Pekanbaru Performance Optimation on the Intersection of Arenka Market in the City of Pekanbaru,” Transp. Res., no. 5, pp. 133–146, 2016.

A. Kotov and P. Pospelov, “Engineering Tools and Methods of Estimation of Traffic Capacity Using Mobile Video Monitoring,” Transp. Res. Procedia, vol. 20, no. September 2016, pp. 347–354, 2017.

S. Bernardi and F. Rupi, “An analysis of bicycle travel speed and disturbances on off-street and on-street facilities,” Transp. Res. Procedia, vol. 5, pp. 82–94, 2015.

W. Widodo, N. Wicaksono, and Harwin, “Analisis Volume , Kecepatan , dan Kepadatan Lalu Lintas dengan Metode Greenshields dan Greenberg,” J. Ilm. Semesta Tek., vol. 15, no. 2, pp. 178–184, 2012.

B. M. D. Jenderal, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, 1997.

D. Satriaputri and E. R. Cahyadi, “Analisis Risiko Operasional Jalan Tol Jagorawi PT Jasa Marga (Persero) Tbk,” J. Manaj. dan Organ., vol. 6, no. 3, p. 258, 2016.

R. Apriliyanto and T. Sudibyo, “Analisis Kemacetan Dan Perkiraan Tingkat Pelayanan Jalan Pada Masa Mendatang (Studi Kasus Jalan Raya Sawangan Depok),” Anal. Kemacetan Dan Perkiraan Tingkat Pelayanan Jalan Pada Masa Mendatang (Studi Kasus Jalan Raya Sawangan Depok), vol. 3, no. 2, pp. 105–116, 2018.

J. Setiabudhi et al., “Analisis Kinerja Simpang,” Fak. Tek. Sipil dan Lingkungan, Inst. Teknol. Bandung, no. 1506134, pp. 1–11, 2012.

E. P. Kulo, S. Y. R. Rompis, and J. A. Timboeleng, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Analisis Gap Accaptance Dan MKJI 1997,” J. Sipil Statik Vol.5, vol. 5, no. 2, 2017.

A. Banerjee, A. K. Maurya, and G. Lämmel, “Pedestrian flow characteristics and level of service on dissimilar facilities: A critical review,” Collect. Dyn., vol. 3, pp. 1–52, 2018.

T. Tharbainti, M. Soleh, and M. N. Muhaijir, “Analisis Model Hubungan Karakteristik Lalu Lintas dan Tingkat Pelayanan Jalan pada Persimpangan Tiga Tabek Gadang Pekanbaru,” vol. 3, no. 2, pp. 1–7, 2017.

A. S. Lubis, Z. A. Muis, and T. Nasution, “Pemodelan Hubungan Parameter Karakteristik Lalu Lintas pada Jalan Tol Belmera,” Media Komun. Tek. Sipil, vol. 22, no. 2, p. 151, 2016.

Y. Dwitama, “Studi Indeks Tingkat Pelayanan Jalan Sukarno Hatta Kota Palembang Dengan Metode Greenshield Pada Kondisi Siang Dan Malam Hari Dengan Pencahayaan Lampu Jalan,” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 2, no. 3, p. pp.592-602, 2014.

B. Webster, FV dan Cobbe, Traffic Signals. London: HMSO, 2009.

I. W. Kustanrika, “PERHITUNGAN SINYAL PADA SIMPANG DENGAN METODE WEBSTER,” J. Kaji. Ilmu dan Teknol., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

N. Holeczek, “Hazardous materials truck transportation problems: A classification and state of the art literature review,” Transp. Reserach Part D Transp. Environ., vol. 69, pp. 305–328, 2019.

O. Tamin, Perencanaa Pemodelan dan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2000.

A. Swanto, H. D. S. Simanjuntak, M. S. Surbakti, and D. Ph, “Analisis Perbandingan Critical Gap Pada U-Turn Dengan Beberapa Variasi Metode ( Studi Kasus : Jl . Gagak Hitam Depan Home Centra Medan ).”

Sugiyono, “Teknik Pengumpulan Data,” Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, p. 137, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),” Bandung Alf., 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

I. Agusta, “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 02, no. 1998, pp. 1–11, 2014.

A. Heryana, “Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, Dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif),” Metodol. Penelit., 2015.

H. Yustianingsih and Istianah, “KAJIAN KORELASI TINGKAT KEPADATAN LALU LINTAS DI KOTA SEMARANG DENGAN KONSENTRASI CO DAN Pb,” Untidar, vol. 01, pp. 19–24, 2017.

M. Isya et al., “Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas (Studi Kasus : Jembatan Lamnyong, Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh),” J. Tek. Sipil, vol. 5, no. 3, pp. 279–290, 2016.

H. Wibisana and N. Utono, “Pemetaan Kecepatan dan Kerapatan Lalu Lintas di Ruas Jalan Arteri Kota Surabaya,” J. Tek. Sipil, vol. 12, no. 2, pp. 121–145, 2019.

R. Gamran, F. Jansen, M. J. Paransa, and K. Kunci, “Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Greenshields, Greenberg, Dan Underwood Terhadap Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Mkji 1997,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 7, pp. 466–474, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.116

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 532 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter