Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Promosi Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Type Beat Mathic) (Studi Kasus Pada Siswa Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk)

Affif Yudha Tripariyanto(1*), Lukmandono Lukmandono(2),

(1) Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(2) Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Semakin Besar sebuah bangsa dan negara dengan dibarengii perkembangan jaman yang semakin canggih,serta semakin banyak permintaan produksi sepeda motor dan semakin meningkatnya persaingan industri sepeda motor di Indonesia, sehingga perusahaan otomotif terutama dibidang sepeda motor harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Untuk memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor promosi yang kurang efektif, harga yang lebih mahal dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, kualitas produk yang masih banyak kekurangan dan juga layanan purna jual yang kurang memberikan kepuasan kepada pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat mathic dikalangan siswa Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK yang membeli sepeda motor Honda. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Siswa SMK AL-BASHTOMI Loceret Nganjuk yang membeli sepeda motor Honda yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil pengujian secara parsial membuktikan bahwa empat variabel independen yaitu kualitas produk, harga, promosi dan layanan purna jual mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor Honda. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen (kualitas produk, harga, promosi, dan layanan purna jual) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif terbesar terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat Mathic pada Siswa Smk Albashtomi adalah pada variabel Kualitas Produk dengan hasil pengujian thitung 4.822 , kemudian diikuti oleh variabel harga dengan nilai hitung 4,455, selanjutnya variabel promosi dengan nilai 2.985 dan paling rendah yaitu variabel layanan purna jual dengan nilai hitung 2.367.

Kata kunci: harga produk, keputusan pembelian, kualitas produk, layanan purna jual, promosi.


Full Text:

PDF

References


Andrew, Mair. (1994). Honda's Global Flexifactory Network. Internasional Journal of Operations dan Production Management,Vol.14 No.3. Departeement of Management and Busines Studies,Birkbeck College, University of London,UK

Alan, Pilkington. (2008). Research Themes, Concepts and Relationship : A study Internasional Journal of Service Industry Management ; Internasional Journal of Service Industry Management,Volume 19, nomor 1

Astuti, Sri Wahyuni dan I Gede Cahyadi. (2007). Pengaruh Elemen Ekuisitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri di Surabaya atas keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi.Tahun XVII.No.2. Agustus. Hal.145 - 156.

Engel, James F, et al. (1994). Perilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta : Binarupa Akasara.

Freddy,Rangkuty. (2002). The Power of Brand, Teknik mengolah Brand Equity dan Strategi Perluasan Merk. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali,Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Hasan Nur Ristawan. (2009). Pengaruh Produk,Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian bandeng duri lunak Juwana,Semarang.Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Haryani. (2013). Pengaruh Harga, produk dan promosi terhadap keputusan pembelian deterjen Daia. Jurnal manajemen dan kewirausahaan.

Iswayanti, Putri, Ika. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk,kualitas layanan,harga dan tempat terhadap keputusan pembelian pada rumah makan soto Angkring mas boed semarang.Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Kotler,Philip dan Gary Amstrong. (1997). Prinsip - prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga

Keller,KL. (2003). Strategic Brand Management, Building Measurment and Managing Brand Equity, Upper Sadle River. NJ Pearson Education Internasional.

Muhammad Sabir Rahman,et al. (2012). A Conceptual Study on The Relationship between Service Quality towards Customer Satisfaction : Servqual and Gronroos's Service Quality Model Perspective. Asian Social Science, Vol.8, No. 13

Stanton, William. (2001). Prinsip Pemasaran,Terjemahan Sundaru Dadu. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D alfabeta Bandung


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter