Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Promosi Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Type Beat Mathic) (Studi Kasus Pada Siswa Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk)

Afiff Yudha Tripariyanto(1*), Lukmandono Lukmandono(2),

(1) Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(2) Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


With increasingly sophisticated times, automotive companies, especially in the field of motorcycles must be able to determine the right marketing strategy so that the business can survive and win the competition. Many factors are considered by consumers before buying a product that is influenced by factors that are less effective promotion, a price that is more expensive than the price offered by competitors, the quality of the product that is still lacking and also after-sales service that does not provide customer satisfaction. The purpose of this study was to determine and test the effect of product quality, price, promotion and after-sales service on purchasing decisions of Honda Beat Mathic motorcycles among students of Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk. This research is a descriptive type of research, namely research that describes objects that are related to general decision making. The population in this study were vocational students who bought Honda motorbikes. The sample in this study were 100 students of SMK Al-BASTHOMI Loceret Nganjuk who bought Honda motorcycles taken by accidental sampling. Data collection is done by using a questionnaire. The partial test results prove that four independent variables namely product quality, price, promotion and after sales service have a positive and significant effect on the variable.

Keyword : product prices, purchasing decisions, product quality, after sales service, promotions

 

Semakin Besar sebuah bangsa dan negara dengan dibarengii perkembangan jaman yang semakin canggih,serta semakin banyak permintaan produksi sepeda motor dan semakin meningkatnya persaingan industri sepeda motor di Indonesia, sehingga perusahaan otomotif terutama dibidang sepeda motor harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Untuk memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor promosi yang kurang efektif, harga yang lebih mahal dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, kualitas produk yang masih banyak kekurangan dan juga layanan purna jual yang kurang memberikan kepuasan kepada pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat mathic dikalangan siswa Smk Al Bashtomi Loceret Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK yang membeli sepeda motor Honda. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Siswa SMK AL-BASHTOMI Loceret Nganjuk yang membeli sepeda motor Honda yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil pengujian secara parsial membuktikan bahwa empat variabel independen yaitu kualitas produk, harga, promosi dan layanan purna jual mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor Honda. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen (kualitas produk, harga, promosi, dan layanan purna jual) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif terbesar terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat Mathic pada Siswa Smk Albashtomi adalah pada variabel Kualitas Produk dengan hasil pengujian thitung 4.822 , kemudian diikuti oleh variabel harga dengan nilai hitung 4,455, selanjutnya variabel promosi dengan nilai 2.985 dan paling rendah yaitu variabel layanan purna jual dengan nilai hitung 2.367.

Kata kunci: harga produk, keputusan pembelian, kualitas produk, layanan purna jual, promosi.


Full Text:

PDF

References


C. A. Rompas, V. P. K. Lengkong, and M. M. Karuntu, “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Pada Pt. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado,” 3Fakultas Ekon. dan Bisnis, Jur. Manaj. Univ. Sam Ratulangi, vol. 5, no. 3, pp. 4505–4514, 2017.

K. F. Ferine and H. Sembiring, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Pemberdayaan UMKM. Pendidikan Deepublish, 2018.

S. P. Raj, B.-D. Rhee, and K. Sivakumar, “Manufacturer adoption of a unilateral pricing policy in a multi-channel setting to combat customer showrooming,” J. Bus. Res., vol. 110, pp. 104–118, 2020.

W. Nuriyanti, “Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor Matic Di Wilayah Depok,” Util. J. Ilm. Pendidik. dan Ekon., 2017.

E. Suryonaningsih, “Effect of Price and Image Brand on Consumer Satisfaction,” J. Manage., vol. 2, no. 2, 2016.

F. Tjiptono and G. Chandra, Pemasaran Strategik edisi 3. ANDI, 2017.

A. Rares, “THE EFFECT OF THE PRICE, PROMOTION, LOCATION, BRAND IMAGE AND QUALITY PRODUCTS TOWARDS THE PURCHASE DECISION OF CONSUMERS AT BENGKEL GAOEL STORE MANADO TOWN SQUARE,” J. EMBA, vol. 15, no. 2011, pp. 1506–1513, 2015.

P. Kotler and G. Armstrong, Principles Of Marketing, 15th ed. Boston: Pearson UK, 2019, 2014.

M. Andrew, “Honda’s Global Flexifactory Network. Internasional Journal of Operations dan Production Management,” Departeement of Management and Busines Studies,Birkbeck College. University of London,UK, 1994.

P. Kotler and G. Armstrong, “Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson,” in Pearson, 2018.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen pemasaran Jilid 1. 2009.

Z. Khoiriyah, E. Soegiarto, and S. E. Wibowo, “Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphoen Merek Samsung,” Fak. Ekon., vol. 1, 2014.

D. Diniaty and Agusrinal, “Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan ( Studi Kasus : Home Industry Saiyo Sakato Di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sawahlunto Sijunjung ),” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 11, no. 2, pp. 175–184, 2014.

A. Wihardias, “Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pada Jurusan Manajemen Bisnis Its Dengan Metode Servqual Dan QFD,” Sepuluh November Institute of Technology, 2015.

P. Alan, “Research Themes, Concepts and Relationship : A study Internasional Journal of Service Industry Management,” Int. J. Serv. Ind. Manag., vol. 19, no. 1, 2008.

J. Sheth, A. Parvatiyar, and L. L. Berry, “Relationship Marketing of Services: Growing Interest, Emerging Perspectives,” in Handbook of Relationship Marketing, 2014.

A. Komari, “Pengaruh Lingkungan dan Kapasitas Manajerial Terhadap Keputusan Pendanaan Bagi Usaha Kecil Kerajinan di Jawa Timur,” vol. 4, no. 1, 2017.

M. Nafali and D. Soepeno, “ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MIE INSTANMEREK INDOMIE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,dan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manad,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 4, no. 4, pp. 984–992, 2016.

D. Halaj and Y. Brodrechtova, “Marketing decision making in the forest biomass market: The case of Austria, Finland and Slovakia,” For. Policy Econ., vol. 97, pp. 201–209, Dec. 2018.

D. S. Martin, B. L. Bourdeau, and J. Stephan, “Measuring the effectiveness of facility naming rights sponsorships,” J. Bus. Res., vol. 110, pp. 51–64, 2020.

S. M. Lee, P. Jiraporn, and H. Song, “Customer concentration and stock price crash risk,” J. Bus. Res., vol. 110, pp. 327–346, 2020.

P. D. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. 2016.

A. Maksum, “Pengumpulan data,” J. Metod. pengumpulan data, 2012.

I. Agusta, “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 02, no. 1998, pp. 1–11, 2014.

H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, 2017.

P. Kotler, “pengaruh harga,kualitas produk dan citra merk terhadap keputusan pembelian,” pp. 9–30, 2015.

N. Laely, “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri,” Ilmu Ekon. Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 61–74, 2016.

M. L. Hedynata and W. E.D.Radianto, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack,” J. Manaj., 2016.

R. A. M. Puteri and M. I. Alrosyid, “Perencanaan Perawatan Air Compressor Unit Untuk Komponen Air Quick Couplings Dengan Metode Reliability Centered Maintenance Di Pt Astra International Tbk – Tso Cabang Salemba,” J. PASTI, vol. 9, no. 2, pp. 129–137, 2015.

J. Marcelina and B. T. B, “Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelihan Pada Guest House Di Surabaya,” Progr. Manaj. Perhotelan, Fak. Ekon. Univ. Kristen Petra, Surabaya, Indones., no. 2015, 2016.

P. D, “Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS,” in Uji Validitas dan Reliabilitas, 2012.

Suliyanto, Metode Penelitian Bisnis, 1st ed. Andi Publisher, 2018.

A. D. . Janie, “Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS,” in Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS, 2012.

A. Kristanto and S. C. Widodo, “Perancangan Ulang Alat Perontok Padi yang Ergonomis untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Kebersihan Padi,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, pp. 78–85, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.120

Article Metrics

Abstract view : 496 times
PDF - 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter