Penerapan Metode Geneva Emotion Wheel (GEW) dalam Merancang Kemasan Mineral Water 600 ml Merk Umsida

Authors

  • Zahra Suci Aditia Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ribangun Bamban Jakaria Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v6i1.2487

Keywords:

Design, Geneva Emotion Wheel, Packaging, Product

Abstract

AMDK products in times like now have been widely circulated in the market. This is the biggest challenge for many products to be able to win the market. Especially in the 600 ml UMSIDA AMDK product which is a new product. AMDK UMISDA size 600 ml is a type of drinking water in a 600 ml size bottled which is marketed in the environment of the University of Muhammadiyah Sidoarjo which of course competes with many AMDK products. So that this study aims to find out a person's emotions in purchasing AMDK using the Geneva Emotion Wheel (GEW) method. A person's emotionality is an important factor in designing so in this study examines how a consumer makes a decision. The results of this study are able to design a 600 ml UMSIDA AMDK based on a consumer perspective based on attributes, namely packaging lids, packaging shapes, and packaging labels so that the results of this design are expected to be able to make UMSIDA AMDK size 600 ml can compete in the market by being designed to be simpler, environmentally friendly and easy to carry anywhere and anytime.  And the results of this design are expected to be able to provide new innovations for drinking water packaging.


Produk AMDK dimasa seperti sekarang telah banyak sekali beredar dipasaran. Hal tersebut menjadi tantangan terbesar bagi banyak produk untuk dapat memenangkan pasar. Terutama pada produk AMDK UMSIDA ukuran 600 ml yang mana merupakan produk yang baru. AMDK UMISDA ukuran 600 ml merupakan jenis air minum dalam kemasan ukuran 600 ml yang dipasarkan dilingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang mana tentunya bersaing dengan banyak sekali produk AMDK. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan mengetahui emosional seseorang dalam melakukan pembelian AMDK dengan menggunakan metode Geneva Emotion Wheel (GEW). Emosional seseorang merupakan faktor yang penting dalam melakukan perancang sehingga dalam penelitian ini meneliti bagaimana seorang konsumen dalam melakukan suatu keputusan. Hasil penelitian ini yakni mampu melakukan perancangan AMDK UMSIDA ukuran 600 ml berdasarkan dengan perspektif konsumen berdasarkan pada atribut yakni tutup kemasan, bentuk kemasan, dan label kemasan sehingga hasil dari rancangan ini diharapkan mampu menjadikan AMDK UMSIDA ukuran 600 ml dapat bersaing dipasaran dengan didesain lebih simpel, ramah lingkungan serta mudah dibawa kemana pun dan kapan pun.  Serta hasil perancangan ini diharap mampu memberikan inovasi yang baru untuk kemasan air minum.

References

Anton Setiawan, “Teguk Kesegaran Airnya, Lindungi Kesehatan,†2020.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan,†vol. 2, no. 1, pp. 20–27, 2018.

T. Wisudawati et al., “PELATIHAN PERANCANGAN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DI PABRIK KRUPUK SGM MULYA,†vol. 3, 2020.

I. B. Suryaningrat, N. S. Mahardika, and M. E. Firlanarosa, “Desain Kemasan Sekunder Pada Produk Prol Tape Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di UD. Purnama Jati, Kabupaten Jember),†J. Agroteknologi, vol. 15, no. 01, pp. 11–23, 2021.

G. Ares and R. Deliza, “Studying the influence of package shape and colour on consumer expectations of milk desserts using word association and conjoint analysis,†Food Qual. Prefer., vol. 21, no. 8, pp. 930–937, 2010, doi: 10.1016/j.foodqual.2010.03.006.

D. Wijayanti, R. B. Kurniawan, and D. Susanto, “Perancangan Kemasan Ramah Lingkungan berbahan Corugated dan Penerapan Sistem Pemasaran Daring pada Produk Jamu Tradisional,†Abdimas Dewantara, vol. 2, no. 1, p. 45, 2019, doi: 10.30738/ad.v2i1.2888.

T. Su. Ribangun Bamban Jakaria, Perancangan dan Pengembangan Produk. Sidoarjo: UMsida Press, 2021.

E. De Marchi, S. Pigliafreddo, A. Banterle, M. Parolini, and A. Cavaliere, “Plastic packaging goes sustainable: An analysis of consumer preferences for plastic water bottles,†Environ. Sci. Policy, vol. 114, no. March, pp. 305–311, 2020, doi: 10.1016/j.envsci.2020.08.014.

A. Galati, L. S. Alaimo, T. Ciaccio, D. Vrontis, and M. Fiore, “Plastic or not plastic? That’s the problem: analysing the Italian students purchasing behavior of mineral water bottles made with eco-friendly packaging,†Resour. Conserv. Recycl., vol. 179, no. November 2021, p. 106060, 2022, doi: 10.1016/j.resconrec.2021.106060.

R. B. Jakaria, H. Widodo, N. Haizal, and M. B. Ibrahim, “Analytic Hierarchy Process Method for Minimize Negative Sustainability and Environmental Impacts,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 519, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1755-1315/519/1/012054.

C. Spence, “Background colour & its impact on food perception & behaviour,†Food Qual. Prefer., vol. 68, no. February, pp. 156–166, 2018, doi: 10.1016/j.foodqual.2018.02.012.

H. D. Suwandi Edi, H. Fitri Imansyah, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MENGGUNAKAN SKALA LIKERT PADA LAYANAN SPEEDY YANG BERMIGRASI KE INDIHOME,†2019.

C. Grebitus, R. D. Roscoe, E. J. Van Loo, and I. Kula, “Sustainable bottled water: How nudging and Internet Search affect consumers’ choices,†J. Clean. Prod., vol. 267, p. 121930, 2020, doi: 10.1016/j.jclepro.2020.121930.

R. Al Hakim, I. Mustika, and W. Yuliani, “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi,†E- J. Pendidik., vol. 4, no. 4, p. 266, 2021.

E. A. Purwanto and Dyah Ratih Sulistyastuti, Metode Penelitian Kuantitatif. 2011.

I. Turyand, “FAKTOR DOMINAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN ( AMDK ) DI BANDUNG RAYA,†vol. 5, no. 1, pp. 521–533, 2021.

R. Bamban Jakaria, H. Purnomo, and W. Sumarmi, “Perancangan Produk Sepatu Olahraga dengan Metode Quality Function Deployment (QFD),†Rekayasa Energi Manufaktur) J. |, vol. 6, no. 2, pp. 2528–3723, 2021.

C. McGinn and K. Kelly, “Using the Geneva Emotion Wheel to Classify the Expression of Emotion on Robots,†ACM/IEEE Int. Conf. Human-Robot Interact., pp. 191–192, 2018, doi: 10.1145/3173386.3177058.

L. D. Fathimahhayati, A. D. Irawati, and Y. Sukmono, “Perancangan Ulang Produk Botol Tumbler Dengan Mempertimbangkan Uer Experience Menggunakan Metode Geneva Emotion Wheel (GEW) (Studi Kasus: Starbucks Samarinda),†Matrik, vol. 19, no. 2, p. 23, 2019, doi: 10.30587/matrik.v19i2.715.

D. Gumulya, “KAJIAN TEORI EMOTIONAL DESIGN,†Mikrobiologi, vol. 12 (2), no. 2, pp. 14–15, 2015.

N. Simonazzi et al., “The Geneva Emotion Wheel Mobile Interface : an Instrument to Report Emotions on Android Devices,†2021.

M. R. Fahreza and L. D. Fathimahhayati, “Penerapan Metode GEW dalam Perancangan Ulang Desain Kemasan Keripik Pisang (Studi Kasus: UKM Ngemilan Qu),†Jime (Journal Ind. Manuf. Eng., vol. 4, no. November, pp. 82–91, 2020.

A. K. Coyne, A. Murtagh, and C. McGinn, “Using the Geneva emotion wheel to measure perceived affect in human-robot interaction,†ACM/IEEE Int. Conf. Human-Robot Interact., pp. 491–498, 2020, doi: 10.1145/3319502.3374834.

S. K. Dewi, “Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah,†pp. 73–79, 2020, doi: 10.22487/ghidza.v3i2.19.

G. Ares and R. Deliza, “Identifying important package features of milk desserts using free listing and word association,†Food Qual. Prefer., vol. 21, no. 6, pp. 621–628, 2010, doi: 10.1016/j.foodqual.2010.03.010.

L. Jiang, V. Cheung, S. Westland, P. A. Rhodes, L. Shen, and L. Xu, “The impact of color preference on adolescent children’s choice of furniture,†Color Res. Appl., vol. 45, no. 4, pp. 754–767, 2020, doi: 10.1002/col.22507.

P. Kotler, Marketing Management, 14th ed. New York, 2009.

A. Atabik, “Pemasaran Desain Produk Prespektif Hukum Ekonomi Syariah,†TAWAZUN J. Sharia Econ. Law, vol. 1, no. 1, p. 87, 2018, doi: 10.21043/tawazun.v1i1.4911.

A. Budianto, “Pirolisiss Botol Plastik Bekas Minuman Air Mnieral Jenis Pet Menjadi Fuel,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. V, pp. 201–206, 2017.

PlumX Metrics

Published

2022-10-29

How to Cite

Aditia, Z. S., & Jakaria, R. B. (2022). Penerapan Metode Geneva Emotion Wheel (GEW) dalam Merancang Kemasan Mineral Water 600 ml Merk Umsida. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v6i1.2487

Issue

Section

Articles