Analisa Perbaikan Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode OWAS (Ovako Work Analysis System) Dengan Perancangan Fasilitas Di Bagian Penyortiran Batu Gamping PT. Timbul Persada

Krishna Tri Sanjaya(1*), Apreza Dwi Vidyantoro(2),

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Jawa Timur
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Pekerjaan peyortiran batu gamping di PT. Timbul Persada merupakan sikap kerja yang repetitif dan jangka waktu yang lama, sehingga dapat beresiko menimbulkan gangguan Musculoskeletal dan ketidak nyamanan dalam bekerja. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari rangkaian kerja dan aspek Ergonomi yang mempengaruhi postur kerja pada divisi penyortiran tersebut dengan menggunakan metode OWAS (Ovako Work Analysis System), metode ini  digunakan untuk mengevaluasi sikap kerja yang berpotensi mengalami gangguan pada Musculoskeletal dimana postur kerja yang diamati meliputi pergerakan tubuh bagian punggung, bahu, tangan, dan kaki termasuk paha, lutut dan pergelangan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa postur kerja operator penyortiran batu gamping. Diketahui ada 3 postur kerja : postur kerja pemilahan batu gamping memiliki nilai 4141, postur kerja pengangkatan batu gamping 2173, dan postur kerja memasukan batu gamping 3333. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengidentifikasi postur kerja yang memiliki resiko cedera Musculoskeletal. Berdasarkan hasil pengkategorian nilai OWAS maka, diperoleh penilaian : Postur kerja pemilahan batu gamping 4141-4, postur kerja pengangkatan batu gampng 2173-3, postur kerja memasukkan batu gamping 3333-3. Postur kerja tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dimana perlu dilakukan perbaikan segera terhadap postur kerja dengan perancangan ulang fasilitas kerja pada bagian penyortiran. Perancangan ulang fasilitas kerja yang dilakukan untuk menghindari gangguan Musculoskeletal yaitu menggunakan alat bantu conveyor dengan kapasitas 9 Ton/Jam. Perancangan fasilitas ini dirancang dengan pengukuran menurut nilai rata-rata data Anthropometri Ergonomi Indonesia. Dengan mengevaluasi postur kerja sebelum adanya perbaikan, sehingga hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perancangan stasiun kerja yang sesuai dengan aspek-aspek Ergonomi.

 

Kata Kunci : Ergonomi, Postur Kerja, Musculoskeletal, Perancangan Fasilitas, OWAS.


Full Text:

PDF

References


Bintang, Nur Alfin; Shanty Kusuma Dewi. 2017. Analisa Postur Kerja Menggunakan Metode OWAS Dan RULA. Jurnal Teknik Industri Vol. 18 No. 01. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fitri, Melda; Widya Laila, dan Fendi. 2017. Kajian Perbaikan Postur Kerja Dengan Metode OWAS, Studi Kasus Pabrik Roti Cimpago Putih. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 17, STTI Padang.

Hadiguna, Rika Ampuh; Heri Setiawan. 2008. Tata Letak Pabrik. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Iridiastadi, Hardianto Dan Yassierli. 2017. Ergonomi Suatu Pengantar Volume 4. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kuswana, Sunaryo Wowo. 2014. Ergonomi Dan K3 Volume 1. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muzakki, Hakam. 2013. Evaluasi Beban Dan Postur Kerja Pada Proses Pengecoran Logam Dengan Pendekatn Ovako Working Analysis System (OWAS). Jurnal Ilmiah Mikrotek Vol. 1 No. 1, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo.

Nur, Fatimah Reza; Endah Rahayu Lestari, dan Siti Asmaul Mustaniroh. 2016. Analisis Postur Kerja Pada Stasiun Pemanenan Tebu Dengan Metode Owas Dan Reba, Studi Kasus Di PG Kebonagung Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri Vol. 5 (hlm. 39-45). Universitas Brawijaya Malang.

Santoso, Gempur. 2004. Ergonomi, Manusia, Peralatan dan Lingkungan Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Santoso, Gempur. 2013. Ergonomi Terapan. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Susihono, Wahyu Dan Wahyu Prasetyo. 2012. Perbaikan Postur Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Dengan Pendekatan Metode Owas, Studi Kasus Di UD. Rizki Ragil Jaya Kota Cilegon.Jurnal Spektrum Industri Vol. 10. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v2i2.334

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter