Analisa Proses Bisnis Satuan Layanan dan Administrasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)

Nanang Ismail(1*), Ana Komari(2), Sri Rahayuningsih(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(3) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri adalah menjalankan kebijakan Bank Indonesia salah satu tugasnya menjaga kehandalan sistem pembayaran untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah maupun nasional jangka panjang yang inklusif dan berkesinambungan, tentunya dalam menjalankan misi tersebut didalamnyadidukung oleh suatu tim yang dikenal management intern atau tim supporting, tentunya dalam tim tersebut terdapat beberapa permasalahan, diantaranya waktu penyelesaian pembayaran dan penyediaan data serta penyampaian data pengelolaan bahan bakar yang terlalu lama terkadang tidak sesuai dengan waktu standart yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode perbaikan proses bisnis atau Business Process Improvement (BPI). Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan mengidentifikasi gap proses bisnis aktual dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Hasil analisis gap akan menjadi masukan untuk analisis aktivitas dimana setiap aktivitas dikelompokkan menjadi RVA, BVA dan NVA. Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan mengeliminasi aktivitas NVA, menstreamlining aktivitas BVA dan melakukan meminimasipada aktivitas RVA.Pada tahap pengumpulan data diperoleh 6 proses bisnis aktual untuk pembayaran kepada pihak ketiga dan penyediaan data, sedangkan untuk pengelolaan bahan bakar diperoleh 2 proses bisnis aktual. Hasil analisa aktivitas menunjukkan terdapat 10 aktivitas RVA, dan 8 aktivitas BVA dan 0 aktivitas NVA. Dari hasil penelitian didapatkan proses bisnis usulan yang telah dilakukan streamlining terdapat peningkatan efisiensi untuk pembayaran kepada pihak ketiga dan penyediaan data untuk stakeholder sebesar 36,67%, sedangkan untuk pengelolaan bahan bakar minyak sebesar 7.5%.Tools perbaikan proses bisnis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain upgrading.Proses bisnis usulan menjadi masukan dalam penyusunan SOP.

Kata kunci : Business Process Improvement, Standart Operating Procedure, Surat Edaran Bank Indonesia


Full Text:

PDF

References


Arfiyanto, Nur,Febi (2008) Peningkatan Proses Bisnis Pada Unit Hatchery di PT.X Dengan Menggunakan Metode Model-Based And Integrated Process Improvment.Tesis.Magister Teknik: Universitas Indonesia.

Asari, D.D (2011). Analisis dan Perbaikan Prosedur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Sebelas Maret dengan Metode Business Process Improvement (BPI). Tugas Akhir. Teknik Industri: UNS Surakarta.

Biazzi dan Muscat. 2009. Administrative Process Improvement Methodology in the Brazilian Public Sector. POMS 20th Annual Conference, Orlando, Florida, USA, 1-4 May 2009.

Bryson, J. M. 2004. What to do when Stakeholders Matter: Stakeholder Identification and Analysis Techniques. Public Management Review, Vol.6 No.1, hal 21-53.

Gough, J dan Hamrell, M. 2009. Standard Operation Procedures (SOPs): Why Companies Must Have Them and Why They Nedd Them, Drud Information Jurnal, Vol.43 No.1. hal 69.

Harrington, H. J. 1991. Bussiness Process Improvement: The Breakthtough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New Yor: McGraw-Hill.

Laksmi, Gani, Budiantoro (2015) Manajemen Perkantoran Modern.Jakarta: PT RajaGafindo Persada.

Lee K. T. Dan Chuah K.B.2001. A SUPER methodology for business process improvement. International Journal of Operations & Production Management, Vol 21 No.5/6, hal.687-706.

Mayers, J. 2005. Stakeholder Power Analysis. Tersedia di http:www.policy-powertools.org/Tools/Understanding/docs/stakeholder_power_tool_english.pdf. Diakses tanggal 5 Oktober 2013.

Nazir, Moh (2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Salvendy, Gavriel (2001). Handbook Of Industrial Engineering: Technology and operation Management.Third ed. New York: John Wiley &Sons, INC.

Silvi, Yati dan Atya (2017) Perbaikan Prosdes Bisnis Penyusunan Rencana Kerja DISKOPERINDAG menggunakan Metode Business Process Improvment Berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 54 Tahun 2010 serta Klausul 7.3 ISO 9001:2008.Jurnal Unik Kadiri.

Tambunan, R, M. 2008. Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Jakarta: Maiesta Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.372

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter