Perancangan Produk Kep Potong Rambut Dengan Mempertimbangkan Voice Of Customer Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Authors

  • Irfan Sulistiawan ProgramStudi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Heribertus Budi Santoso Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Ana Komari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.386

Keywords:

Voice Of Customer, Quality Function Deployment, Relative weight

Abstract

In improving service to consumers by conducting research to find out Voice of Customer as a basis for further development planning using the Quality Function Deployment method. The development carried out is a haircut that has a function in accordance with customer expectations on the barbershop. The purpose of this study was to determine customer needs for hair cut kep products and priorities for the design and development of kep products that will be carried out. In this study a sample of 24 people was used, which carried out the interview method and the filling of closed questionnaires to find out what needs were met as a step for product development. From the results of data processing, the highest priority with a value of 23% in the technical response is the addition of functions to the haircut to increase comfort for the user and with the highest relative weight of 13% with the density attribute on the neck as one of the highest expectations of the user.

 

Dalam meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dengan melakukan penelitian untuk mengetahui Voice Of Customer sebagai dasar untuk perencanaan pengembangan yang lebih lanjut menggunakan metode Quality Function Deployment. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan pelanggan terhadap produk kep potong rambut serta prioritas perancangan dan pengembangan produk kep yang akan dilakukan. Dari hasil pengolahan data didapat prioritas terbesar dengan nilai 23% pada technical respon yaitu penambahan fungsi pada kep potong rambut untuk menambah kenyamanan bagi pengguna dan dengan relative weight tertinggi 13% dengan atribut kerapatan pada bagian leher sebagai salah satu harapan tertinggi dari pengguna.


References

A. Ahmad, A. Saryatmo, and H. Christian, “PENGEMBANGAN PRODUK SPIDER FITTING BERDASARKAN ANALISA KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY,†J. Ilm. Tek. Ind., vol. 4, 2017.

M. Muhammad and M. Fadilla, “PERANCANGAN DESAIN PRODUK ALAT TULIS KANTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT,†J. Sist. Tek. Ind., vol. 20, pp. 10–13, 2018.

N. Narto, “PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN BANDENG DI KABUPATEN GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD),†KAIZEN Manag. Syst. Ind. Eng. J., vol. 2, p. 40, 2020.

D. Apriani and Y. D. Lestari, “Integrating Servqual and QFD Framework for Product and Service Design Case Study : Beehive Cafe Bandung,†J. Bus. Manag., vol. 4, no. 9, pp. 990–1001, 2015.

A. Rahmawan and M. N. Kholis, “IMPLEMENTATION OF QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) IN AGRO-INDUSTRIAL TECHNOLOGY CURRICULUM,†Agroindustrial Technol. J., vol. 02, no. 01, pp. 91–97, 2018.

X. X. Shen, K. C. Tan, and M. Xie, “The implementation of quality function deployment based on linguistic data,†J. Intell. Manuf., vol. 12, no. 1, pp. 65–75, 2001.

L. Moldovan, “QFD Employment for a New Product Design in a Mineral Water Company,†Procedia Technol., vol. 12, pp. 462–468, 2014.

J. S. L. Lam, “Designing a sustainable maritime supply chain: A hybrid QFD–ANP approach,†Transp. Res. Part E Logist. Transp. Rev., vol. 78, pp. 70–81, 2015.

Anizar, I. Siregar, I. Yahya, and N. Yesika, “Application of Quality Function Deployment (QFD) method and kano model to redesign fresh fruit bunches sorting tool,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 309, no. 1, pp. 0–6, 2018.

S. Kumar and A. Garnaik, “A Case Study in Chair by Applying Quality Function Deployment & Analytic Hierarchy Process,†no. 2006, pp. 1001–1007, 2016.

Dhermawan, “Quality Function Deployment,†blohspot.com. [Online]. Available: http://dhermawan1991.blogspot.com/2016/01/quality-function-deployment-qfd.html. [Accessed: 29-Jul-2019].

M. Barad, “Quality function deployment (QFD),†in SpringerBriefs in Applied Sciences and Technology, 2018.

S. Radin Eksan, “CADANGAN Strategi Peningkatan Kualiti Pengajaran DAN PEMBELAJARAN Melalui MODEL QFD (Quality Function Deployment).†2014.

A. Wihardias, “Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pada Jurusan Manajemen Bisnis Its Dengan Metode Servqual Dan QFD,†Sepuluh November Institute of Technology, 2015.

I. Agusta, “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif,†J. Stud. Komun. dan Media, vol. 02, no. 1998, pp. 1–11, 2014.

Ali Maksum, “Data, Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian,†J. Cakrawala Kependidikan, no. agustus, p. 107, 2012.

B. Febriadi and N. Nasution, “Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Googel Form sebagai Kuisioner Online untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan,†vol. 2. No. 1, 2017.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),†Bandung Alf., 2010.

Google, “Definisi Populasi Penelitian,†Google, 2016. .

D. Budijanto, “Populasi, Sampling, dan Besar Sampel,†Kementeri. Kesehat. RI, 2013.

A. Field, Discovering statistics using IBM SPSS statistics. 2013.

A. D. . Janie, “Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS,†in Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS, 2012.

V. W. Sujarweni, SPSS Untuk Penelitian, 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,†J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, 2018.

D. Panentu and M. Irfan, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Butir Pemeriksaan Dengan Moteral Cognitive Assessment Versi Indonesia ( MoCA- INA ) Pada Insan Pasca Stroke Fase Recovery,†J. Fisioter., 2013.

I. Ekonomi, “Atribut Produk,†ilmu ekonomi id, 2016. [Online]. Available: https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/11/pengertian-atribut-produk-unsur-unsur-dan-contohnya.html. [Accessed: 14-Sep-2019].

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-29

How to Cite

Sulistiawan, I., Santoso, H. B., & Komari, A. (2019). Perancangan Produk Kep Potong Rambut Dengan Mempertimbangkan Voice Of Customer Menggunakan Metode Quality Function Deployment. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 2(1), 46–54. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.386

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)