Analisa Kepuasan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan E-Servqual

Annisa Putri Rahayu(1*), Heribertus Budi Santoso(2), Sri Rahayuningsih(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(3) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem Informasi Akademik Mahasiswa mempunyai peranan penting dalam menyediakan informasi kepada mahasiswa dalam bentuk layanan elektronik. Di Universitas Kadiri Sistem Informasi Akademik nya masih tergolong muda dan tak lepas dari permasalahan, oleh karenanya perlu diidentifikasi atribut-atribut apasajakah yang dinilai masih perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi kualitas pelayanannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan guna mengetahui tingkat kepuasan pengguna serta atribut E-Servqual apasajakah yang nilai kepuasannya rendah. Dimensi E-Servqual digunakan untuk mengetahui atribut-atribut yang nantinya akan diteliti dan ditanyakan kepada responden. Dimana responden yang diteliti ialah mahasiswa semester 4 dan 6 Universitas Kadiri sejumlah 96 mahasiswa, jumlah responden didapat dari perhitungan menggunakan pendekatan Slovin. Hasil dari penyebaran kuisioner akan di uji reliabilitas dan validitas, yang selanjutnya akan diolah dengan metode IPA (Importance Performance Matrix). Hasil penelitian dari jumlah kuisioner 96 responden didapatkan hasil 55 mahasiswa laki-laki dan 41 mahasiswa perempuan, dan mahasiswa semester 6 yaitu dengan jumlah mahasiswa 60 mahasiswa dan 39 lainnya mahasiswa semester 4 yaitu sejumlah 36 mahasiswa. Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna SIAKAD masih rendah dikarenakan rata-rata persepsi (3,13) lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata ekspektasi (3,59). Selanjutnya atribut yang menempati kuadran I setalah dianalisis menggunakan metode IPA ialah dimensi fulfilment, responsiveness, reliability, efficiency, dan compentation.

 

Kata Kunci : Dimensi E-Servqual, metode Important Performance Matrix, Sistem Informasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Nimako, S. G., Azumah, F. K., Donkor, F., & Adu-Brobbey, V. (2012). Confirmatory factor analysis of service quality dimensions within mobile telephony industry in Ghana.

Zviran, M., Plinskin, Nava. dan Lewi, Ron .2005. Measuring User Satisfaction And Perceived Usefullness In The ERP Context. Journal of Computer Information Systems, Spring

Raharjo,Suwanto. (2004), Teori, Analisa, dan Implementasi Jaringan Tanpa Disk ,pada GNU/Linux, Andi, Yogyakarta.

Abugabah, Ahed. Sanzogni, Louis. 2010. Conceptualizing information systems model : an experience from ERP system environment. International Journal for Infornomics (IJI).3 (4)

A. Parasuraman, (2002) Service Quality And Productivity: A Synergistic Perspective, Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 12 Issue: 1, pp.6-9, MCB UP Ltd

SP Hariningsih. 2005. Teknologi informasi, Semarang : Penerbit Graha Ilmu.

Al-Bahra bin Ladjamudin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Imelda & Erik,M.2014, ’Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Dasar Negeri Sukajadi 9 Bandung’,Jurnal Sistem Informasi Akademik,vol.3,no.4,Maret.,47-48

Martilla dan John C. James. 1977. “Importance-Performance Analysis.” Journal of Marketing, Vol. 41 No. 1 Januari 1977 : 77-79.

Brandt, D.R. (2000). An “Outside-In” Approach to Determining Customer-DrivenPriorities for Improvement and Innovation. Burke White Paper Series.Volume 2 – 2000.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA,

Husein Umar, 2004, “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Jakarta, Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.387

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter