Analisis Penerapan MRP Terhadap Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Latif Di Kediri

Authors

  • Gunawan Wibisono Program Studi Teknik Industri,Fakultas Teknik,Universitas Kadiri
  • Sri Rahayuningsih Program Studi Teknik Industri,Universitas Kadiri,Universitas Kadiri.
  • Heribertus Santoso Program Studi Teknik Industri,Fakultas Teknik,Universitas Kadiri.

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.70

Keywords:

Lot Sizing, MRP, Maintenance, Supply Of Raw Materials

Abstract

Library activities that are immediately felt by users are services, because service is the spearhead of the library. At this service the ongoing relationship between users and service providers. This study aims to categorize the attributes and weaknesses of service quality Kadiri University library based on the Kano method. This research uses quantitative survey types with analytical descriptive methods. The results of the research analysis showed that the services provided were still lacking. Categories must be of tangible variables, reliability, responsiveness that are considered weaknesses and must be improved and one-dimensional categories of assurance and empathy variables are profit and need to be improved. Furthermore, from the calculation of animal satisfaction and visitor satisfaction obtained 62% of visitor satisfaction and obtained 92% of visitor disappointment. The greatest satisfaction is obtained from the 25th attribute, namely officers who provide services neatly, politely and friendly. While the attribute with the lowest customer satisfaction value is the 17th attribute included in the must-be category, namely the suitability of available collections and available information. Indicates attributes that have little importance to customer satisfaction. Furthermore, for the disappointment visitors get the 25th attribute, which is to deny not providing services neatly, politely and friendly. And for the high level of disappointment is the 1st attribute classified as indifferent, namely the location of the strategic library layout.


PT. Latif merupakan industri yang bergerak dalam bidang furniture rotan sintetis, yang salah satu produk terlaris adalah SH-15. Masalah dalam penelitian ini mengenai persediaan bahan baku dengan menggunakan sistem made in order. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang diharapkan dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku dapat dilakukan dengan tepat dan penentuan biaya persediaannya dapat ditetapkan seoptimal mungkin yaitu melalui penerapan MRP. Variabel penelitian dalam hal ini adalah perencanaan persediaan bahan baku. MRP diawali dengan melakukan peramalan akan jumlah permintaan/ produksi untuk waktu yang akan datang. Peramalan ini dilakukan dengan menggunakan metode Moving Average N = 1, dan Single Exponential Smoothing ï¡ = 0.8. Lalu ditentukan nilai terkecil dari SEE, MAD, dan MAPE dari masing-masing metode. Setelah terpilih salah satu metode terbaik maka metode tersebut akan dijadikan landasan untuk meramalkan jumlah kebutuhan permintaan selama satu tahun kedepan. Perbandingan antara biaya persediaan minimum metode Lot for Lot sebesar Rp.60.000 dan Part periode Balancing sebesar Rp. 44.733.750,-. Dari hasil penghitungan kedua lot sizing dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Lot Sizing Lot for Lot untuk setiap bahan baku SH-15 pada PT. Latif dapat meminimalkan biaya total persediaan sebesar Rp 60.000,- apabila dibandingkan dengan metode Lot Sizing Part Period Balancing.

 

 

References

P. Prijana and A. Yanto, “Analisis hubungan prestasi akademik mahasiswa dengan akses sumber informasi,†Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 1, p. 87, 2018.

M. Huda, H. Santoso, and S. Rahayuningsih, “Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri,†JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, p. 30, 2017.

N. Ghoniyah and Masurip, “Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Komitmen,†J. Din. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 118–129, 2011.

Sofyan dkk, “Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas , melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Star Clean Car Wash Semarang,†Diponegoro J. Soc. Polit., pp. 1–12, 2013.

E. Maulia R, A. Matondang, and R. Ginting, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano Serta Aplikasi Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Jasa Perbankan,†J. Tek. Ind. USU, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2013.

I. Safi’i, Sutriyono, and F. Handoko, “Kualitas Pelayanan di Tinjau Dari Prestasi Akademik Mahasiswa Studi Kasus Pada Universitas Kadiri,†Teknol. dan Manaj. Ind., vol. Vol. 1 No., 2015.

B. Bilgili, A. Erci, and S. Ünal, “Kano model application in new product development and customer satisfaction (adaptation of traditional art of tile making to jewelries),†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 24, pp. 829–846, 2011.

I. W. Taifa and D. A. Desai, “Student-defined quality by Kano model: A case study of engineering students in India,†Int. J. Qual. Res., vol. 10, no. 3, pp. 569–582, 2016.

J. Yin, X. (Jason) Cao, X. Huang, and X. Cao, “Applying the IPA–Kano model to examine environmental correlates of residential satisfaction: A case study of Xi’an,†Habitat Int., vol. 53, pp. 461–472, 2016.

M. Lukman and W. Wulandari, “Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD,†J. Tek. Ind., vol. 19, no. 2, p. 190, 2018.

I. P. Tama, W. Azlia, and D. Hardiningtyas, “Development of Customer Oriented Product Design using Kansei Engineering and Kano Model: Case Study of Ceramic Souvenir,†Procedia Manuf., vol. 4, no. Iess, pp. 328–335, 2015.

C.-H. Lin, P.-H. Chou, W. Chou, and T.-W. Chien, “Using the Kano model to display the most cited authors and affiliated countries in schizophrenia research,†Schizophr. Res., 2019.

F. C. Putra, “Analisis pengukuran tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan metode service quality (servqual) yang diintegrasikan dengan metode importance performance analysis (ipa),†Univeristas Islam Indonesia, 2019.

Q. Xu, R. J. Jiao, X. Yang, M. Helander, H. M. Khalid, and A. Opperud, “An analytical Kano model for customer need analysis,†Des. Stud., vol. 30, no. 1, pp. 87–110, 2009.

Y. Suh, C. Woo, J. Koh, and J. Jeon, “Analysing the satisfaction of university–industry cooperation efforts based on the Kano model: A Korean case,†Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 148, p. 119740, 2019.

L. He, W. Song, Z. Wu, Z. Xu, M. Zheng, and X. Ming, “Quantification and integration of an improved Kano model into QFD based on multi-population adaptive genetic algorithm,†Comput. Ind. Eng., vol. 114, pp. 183–194, 2017.

I. Rahmayuni, H. Humaira, and D. Defni, “Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus : AKNP Pelalawan),†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 1, no. 2, p. 133, 2016.

M. M. RASHID, “A REVIEW OF STATE-OF-ART ON KANO MODEL FOR RESEARCH DIRECTION,†Int. J. Eng. Sci. Technol., vol. 2, no. 12, pp. 7481–7490, 2010.

D. Budijanto, “Populasi, Sampling, dan Besar Sampel,†Kementeri. Kesehat. RI, 2013.

P. D, “Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS,†in Uji Validitas dan Reliabilitas, 2012.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,†J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, 2018.

I. Safi’i, “Klasifikasi Atribut Pelayanan Mobile Banking dengan Kano Model Berdasarkan Dimensi E-Servqual,†J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 2, p. 77, 2018.

A. Field, Discovering statistics using IBM SPSS statistics. 2013.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2017-11-10

How to Cite

Wibisono, G., Rahayuningsih, S., & Santoso, H. (2017). Analisis Penerapan MRP Terhadap Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Latif Di Kediri. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 42–50. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.70

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)