PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (Studi Kasus Pada Galaxy Motor Kediri)

Dinar Faranisa(1*), Sudjiono Sudjiono(2), Endang Girahani(3),

(1) 
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the effect of customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty. The problems in this study are (1) How is the influence of customer satisfaction on consumer loyalty, (2) how the influence of brand trust on customer satisfaction and (3) how the simultaneous influence of customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty. The population in this study were all Honda motorcycle consumers at Galaxy Motor Dealers. Sampling using accidental sampling (roscoe) technique to obtain a sample of 60 respondents. Data collection methods used were questionnaires and interviews. The data analysis method used is the test instrument (validity test and reliability test), Multiple linear regression test analysis, t test and F test. The results of the study obtained multiple linear regression equation Y = -0.963+ 0.121X1 + 0.415X2 + e. Based on the results of the study it can be concluded (1) There is a significant but not significant effect on customer satisfaction on consumer loyalty, (2) there is a significant influence between brand trust and consumer loyalty (3) there is a significant effect between customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty .

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, (2) bagaimana pengaruh kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen dan (3) bagaimana pengaruh secara simultan antara kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor Honda pada Dealer Galaxy Motor. Penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling (roscoe) sehingga diperoleh sampel 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis uji Regresi linier berganda, Uji t dan uji F. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,963+ 0,121X1 + 0,415X2+e. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh tetapi tidak signifikan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen da (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arnati,Wulansari. 2013. Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen di Kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Basu Swatha ,DH. 1997. Azas-Azas Marketing. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Cahyaningtyas, Elok. 2017. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Tadulako. Jurnal Ilmu Manajemen.

Delgado,E. 2004. Applicability of Brand Trust Scale Acros Product Categories: A Multygroup Invariance Analysis. European Journal Of Marketing.

Delgado,E., Muneura, J.L. & Yague, MJ. 2003. Development Anda Validation Brand Trust Scale. International Journal Of Market Research.

Delgado, Elena & Manuera, J.L. 2001. Brand Trust in the Context of Consumer Loyalty. European Journal of Marketing, Vol. 35 No.11/12.

Dharmmesta, Bashu, Swasta. 1999. Loyalitas Pelanggan Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No.3.

Djaalii. 2008. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Evan, Joel R & Laskin, Richard L. 1994. The Relationship Marketing Process: A Conceptualization and Application. Journal Indutrial Marketing Management.

Ferrinadewi, Erna. 2007. Merek dan Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Freddy, Rangkuti. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gede, Riana. 2008. Pengaruh Trush Brand terhadap Loyalty Brand. vol 13/2:3-6. Buletin Studi Ekonomi.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Griffin, Jill. 2009. Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Penerbit Erlangga. Jakarta. Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Indriyanto & Supomo, Bambang. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Kotler,P. & K.L.Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.

. 2007. Manajemen pemasaran .Edisi 12. Benyamin Molan (penerjemah). Marketing Management. PT. Indeks. Jakarta.

Lau, Geok Then & Sook Han Lee. 1999. Customer’s Trust in a Brand and the Link to Loyalty. Journal of Market Focussed Management.

Lupiyoadi & A.Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. Moorman, Christine, Rohit Deshpande & Gerald Zaltman. 1993. Factors Affecting Trust in Market Research Relationships. Journal Of Marketing.

Oktaviani, Rani. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi

Putra, Y. P., & Ruhamak, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E- Satisfaction pada Pengguna E-Banking di Kota Kediri, (Senima 3), 432–440.

Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 188–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.14

Prabowo, Aris. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Brand Loyalty pada Air Mineral AQUA. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Skripsi

Rahmiati, Mia. 2012. Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Indonesia. Skripsi

Rinarno, Agus. 2008. Analisis Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen. Universitas Sanata Dharma. Skripsi

Samuel, Hatane & Foedjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek.UKP Surabaya. Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Penerbit Universitas Brawijaya. Malang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Alfabeta. Bandung.

. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Penerbit Andi. Yogyakarta.

. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Wiharto, Bambang. 2003. Peran Mekanisme Agensi, Kepercayaan dan Komitmen dalam Membangun Nilai dan Loyalitas Pelanggan. Universitas Indonesia. Disertasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v1i1.287

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter