PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA OJEK ONLINE GO-JEK DI KOTA KEDIRI)

Authors

  • Dhita Tresiya
  • Djunaidi Djunaidi Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Heri Subagyo Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.310

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna ojek online Go-jek di Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui pengaruh  kenyamanan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ojek online Go-jek di Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kenyamanan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ojek online Go-jek di Kota Kediri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna jasa ojek online Go-Jek di Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ojek online Go-Jek di Kota Kediri (2) Kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ojek online Go-Jek di Kota (3) Kualitas pelayanan dan Kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ojek online Go-Jek di Kota Kediri.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kenyamanan, Kepuasan Konsumen

References

Arikunto, Suharsimi. 2008.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Ai Lili, Januar Efendi. 2016. DeReMa Jurnal Manajemen. Vol. 11 No.2

Ardiana, Lintang.2007. Persepsi Ketidaknyamanan Lingkungan di Kehidupan perkotaan (Suatu Studi Deskriptif pada Warga Kota Bogor). Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Availabel on: http://www.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/124448-155.942%20ARD%20p%20-&20%Persepsi%20ketidaknyamanan-Literatur.pdf. Diakses: Rabu, 07 Maret 2018

http://www.go-jek.com2017. Diakses: Selasa, 13 Februari 2018.

https://www.slideshare.net/mobile/tyasseptya/definisi-kenyamanan. Diakses: Rabu, 28 Maret 2018.

Gandung Satriyono & Desi Kristanti. (2018). Pengaruh kepuasan pasien pada kualitas layanan Rawat Inap terhadap niat Discharge Against Medical Advice ( DAMA ) ( Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri ). Ekonika, 3(2), 136–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.190

Putra, Y. P. (2014). Formulasi Strategi Bersaing Pada Universitas Kadiri Dalam Menghadapi Persaingan Antar Perguruan Tinggi Sejenis di Kota Kediri. Universitas Airlangga, Surabaya.

Yunanto, Y. (2017). Pengaruh Kualitias Peayanan Dan Disiplin Kerja Aryawan Biro Administrasi Umum Terhadap Kepuasan Mahasiswa, 15(2), 99–104.

Kotler,Philip & Kevin L. Keller. 2009. Manajemen pemasaran jilid I edisi keduabelas, Terjemahan Bab Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2008 Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta. Bumu Aksara.

Karwowski, dan Marras. Ed. 2003,Principles and Application in Engineering Saries Occupational Ergonomics Engineering and Administrative Controls. Florida:CRC Press.

Koestanto, Tri Hari. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank Jatim Cabang Klamis Surabaya. Surabaya.

Kharista, Afrinda Dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (survey pada pelanggan Fedex Express Surabaya). Malang.

Lapiyoadi. Rambat dan A. Hamdan, 2008.Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Mawardi.Kholid.M. dkk. 2015. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 No. 2.

Magnolia. 2010. Kenyamanan pelanggan adalah Bagian Penting dari kenyamanan.(online),tersedia:http://forum.vibizportal.com/archive/index.php?t-15362.html. Diakses: Rabu 28 Maret 2018.

Moenir. 2001. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta. Bumi. Aksara

Nurmasari, Selvy. Dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan antara Perusahaan dan Loyalitas pelanggan Survei pada Tamu Pelanggan yang menginap di Hotel Pelangi Malang. Malang.

Parasuraman, A Zeithaml., Valerie, Berry (1985) dlm Tjiptono (2012: 174), A conceptual Model of Service Quality and Its Complication For Future Research. The Jurnal Marketing.

Septanto. Henri. 2016. Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. BINA ISNSANI ICT JURNAL, Vol. 3, No. 1, Hal 213 – 219.

Sulistiyawati, Arie, Ni Made,& Seminari. Ketut. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan pada Restoran Idrus Ubud Gianyar. Bali.

Sugiyono. 2012.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Agustina. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen M3(Studi pada siswa SMKN 2 Nganjuk): Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Skripsi.

Tjiptono. Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Omset. Yogyakarta.

Tjiptono, F 2008. Pemasaran jasa, Edisi pertama. Cetak Ketiga. Malang. Bayumedia Publising.

Tri, Hari. 2014. Jurnal ilmu & Riset Manajemen. Vol. 3 No. 10.

Wijayanti .Ayu, Aprilia. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan konsumen pada Apotek Seger Jombang: Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Skripsi. Kediri.

Yuliati, Ai Lili, & Panjaitan,F, Januar. 2016. Pengaruh Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cabang JNE Bandung. Bandung.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-01

How to Cite

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA OJEK ONLINE GO-JEK DI KOTA KEDIRI). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208–224. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.310