Pengaruh Social Media Influencer, Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow

Authors

  • Wisnu Mahendri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Lutfi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v5i2.3231

Keywords:

Brand Awareness, Brand Image Keputusan Pembelian, Social media influencer.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media influencer, Brand Awareness dan Brand Image terhadap keputusan pembelian pada MS Glow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah santriwan dan santriwati Pondok Pesantren bahrul ulum yang tidak diketahui jumlahnya. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah  100 santriwan dan santriwati Pondok Pesantren bahrul ulum dengan menggunakan rumus lameshow. Data yang dikumpulkan dengan metode kuisioner, yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi berganda menggunakan spss versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media influencer terdapat pengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian,  sedangkan variabel Brand Awareness dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, variabel social media influencer, Brand Awareness dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Cahyani, Khoiriyah Indra, and Rr Endang Sutrasmawati. 2016. “Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.†Management Analysis 5(Vol. 5 No. 4, 2016).

Fasha, Anisha Ferdiana, Muhammad Rezqi Robi, and Shindy Windasari. 2022. “Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran).†Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1).

Freberg, Karen, Kristin Graham, Karen McGaughey, and Laura A. Freberg. 2011. “Who Are the Social Media Influencers? A Study of Public Perceptions of Personality.†Public Relations Review 37(1). doi: 10.1016/j.pubrev.2010.11.001.

Gaenssle, Sophia, and Oliver Budzinski. 2021. “Stars in Social Media: New Light through Old Windows?†Journal of Media Business Studies 18(2). doi: 10.1080/16522354.2020.1738694.

Kholidah, Nur, and Muhammad Arifiyanto. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal Di Pekalongan.†Jurnal Studi Keislaman 7(1).

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2017. Marketing Management 15e with Indian Case Study.

Latif, L. L., and I. Hasbi. 2021. “Pengaruh Customer Experience Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision.†EProceedings of Management 8(1).

Martínez Salinas, Eva, and José Miguel Pina Pérez. 2009. “Modeling the Brand Extensions’ Influence on Brand Image.†Journal of Business Research 62(1). doi: 10.1016/j.jbusres.2008.01.006.

Marwick, Alice E., and Danah Boyd. 2011. “I Tweet Honestly, I Tweet Passionately: Twitter Users, Context Collapse, and the Imagined Audience.†New Media and Society 13(1). doi: 10.1177/1461444810365313.

Mileva, Lubiana, and Achmad Fauzi DH. 2018. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 58(1).

Raun, Tobias. 2018. “Capitalizing Intimacy: New Subcultural Forms of Micro-Celebrity Strategies and Affective Labour on YouTube.†Convergence 24(1). doi: 10.1177/1354856517736983.

Rizki, Kiki Hijria. 2021. “Analisis SWOT Rencana Pembelajaran Luring Dan Daring Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Di Sekolah Dasar Negeri Tlogomas 2.†Skripsi.

Sondhi, Muskaan, Tripti Dhote, and Telecom Management. 2021. “Social Media Influencers and Consumer Purchase Decision With Special Reference To Beauty and Wellness Products : A Study Of.†International Journal of Modern Agriculture 10(2):153–61.

Sutiyati, Sutiyati, Henny Welsa, and Ambar Lukitaningsih. 2020. “Pengaruh Social Media Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest.†Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis 4(2). doi: 10.31294/jeco.v4i2.8223.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-30

How to Cite

Mahendri, W., & Lutfi, M. (2022). Pengaruh Social Media Influencer, Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 5(2), 154–163. https://doi.org/10.30737/jimek.v5i2.3231