Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri

Authors

  • Nelly Novia Sari
  • Sasi Utami Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Rinto Nur Bambang Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.413

Abstract

The development of international business is growing very rapidly followed by the development of more sophisticated technologies. Where the development between businesses is supported by the development of sophisticated technology so that it can create a very high quality business. One of the changes that is taking place at this time is a change in the mindset of the people towards their desired needs. Changes in mindset in the community become a reference for the business world to create a variety of products and brands. In the era of globalization that occurs in the business world, the number of competing brands and products is increasing faster. One sampling technique uses Purposive Sampling. Purposive Sampling is a technique of determining samples with certain considerations. Respondents in this study were Ngronggo Kota Kediri traditional market customers, amounting to 40 respondents. The characteristics of each respondent are: age, gender, and frequency of visits. This data aims to describe the conditions or conditions of respondents so that researchers are easy to get information and understand the results of research. The Multiple Linear Regression Test shows that the regression results obtained coefficient for the Service Quality variable (X1) of 0.215, and the Customer Satisfaction variable (X2) of 0.442 with a constant of -1.985.

 

Perkembangan bisnis internasional berkembang sangat pesat diikuti pula dengan berkembangnya teknologi yang lebih canggih. Dimana perkembangan antara bisnis didukung oleh perkembangan teknologi yang canggih sehingga dapat tercipta kualitas bisnis yang sangat maksimal. Salah satu perubahan yang terjadi saat ini adalah perubahan pola pikir masyarakat terhadap kebutuhan yang diinginkan. Perubahan pola pikir pada masyarakat menjadi referensi dunia bisnis untuk menciptakan berbagai macam produk dan merek. Dalam era globalisasi yang tejadi dalam dunia bisnis, jumlah merek dan produk yang bersaing meningkat lebih cepat. Salah satu teknik pengambilan sampel menggunakan jenis Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan pasar tradisional Ngronggo Kota Kediri yang berjumlah 40 orang responden. Adapun beberapa karakteristik masing-masing responden yaitu : usia, jenis kelamin, dan frekuensi berkunjung. Data ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau kondisi responden sehingga peneliti mudah dalam mendapatkan informasi dan memahami hail-hasil penelitian. Uji Regresi Linier Berganda diketahui hasil regresi diperoleh koefesien untuk variabel Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 0,215, dan variabel Kepuasan Pelanggan (X2) sebesar 0,442 dengan konstanta sebesar -1,985.

References

Adisaputro, G. 2010. Manajemen Pemasaran. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (UPP STIM YKPN): Yogyakarta.

A.A. Ayu Atika Paramitha Wendha,dkk. 2013. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Garuda Indonesia di Denpasar. Vol 7 No.1. .Jurnal Manajemen, strategi bisnis, dan Kewirausahaan.

Daryanto,dkk.2014.Perilaku dan pelayanan prima. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Evan Chandra Kusuma. 2018. Pengaruh nilai yang diterima pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan,kepuasan pelanggan sebagai mediator dan gender sebagai moderator(study pada PT KAI Kota Malang). Vol.50 No.1. Jurnal bisnis dan Manajemen.

Gandung Satriyono & Desi Kristanti. (2018). Pengaruh kepuasan pasien pada kualitas layanan Rawat Inap terhadap niat Discharge Against Medical Advice ( DAMA ) ( Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri ). Ekonika, 3(2), 136–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.190

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19(edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanif Wahyu Widodo. 2016. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (study kasus di Nyaman Konveksi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

I Made Satya Graha,dkk. 2016. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Hardy’s Negara. Vol 5 No.2.309-33. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Lidia Sri Purwaningsih,dkk. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi (survei pada pelanggan rias pengantin Putri Ayu di Surakarta).18 Edisi Khusus. 140-150. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan.

Muhammad Maskur,dkk. 2016. Analisis pengaruh kualitas pelayanan,harga,dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan(study kasus pada bengkel mobil Larasati Lumajang). Vol 6 No.2. Jurnal sains manajemen dan bisnis Indonesia.

Ni Putu Sawitri, dkk. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Tegal Sari Accomodation di Ubud. Vol.7.No.1. Jurnal manajemen,strategi bisnis dan Kewirausahaan.

Novemy Triyandari Nugroho. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta. Vol.12 No.2. 114. jurnal Paradigma.

Oni Dian Rachmatiwi, dkk. 2015. Pengaruh kualitas pelayana terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan(survei pada nasabah tabungan PT. Bank Mandiri Persero Tbk.kantor cabang Kota Batu. Vol 19 No.1. Jurnal Administrasi Bisnis.

Resita Widya Putri,dkk. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan Auto2000 Waru Surabaya). Vol.1 No.1. jurnal Administrasi Bisnis.

Rohmat Dwi Jatmiko. 2012. Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan sebagai anteseden loyalitas pelanggan. Vol.2 No. 01. jurnal manajemen bisnis.

Sanusi, A.2016.metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: C.V ANDI OFFSET (penerbit Andi).Tangerang

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, F dan Chandra, G. 2017. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi: Bandung.

Ustadus Sholohin. 2013. Analisis pengaruh kualitas pelayanan pedagang pasar terhadap tingkat kepuasan pelanggan pasar pahing Kota Kediri.03 No.2.123-134. Cahaya aktiva.

Putra, Y. P., & Ruhamak, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E- Satisfaction pada Pengguna E-Banking di Kota Kediri, (Senima 3), 432–440.

Yunanto, Y. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN BIRO ADMINISTRASI UMUM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA. AKADEMIKA, 15(2), 99–104.

Yuniarti,V.2015.Perilaku Konsumen teori dan praktik. CV. Pustaka Setia: Bandung.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-07-16

How to Cite

Sari, N. N., Utami, S., & Bambang, R. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 20–37. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.413

Issue

Section

Articles