Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri

Authors

  • Jasinta pangastuti
  • Sudjiono Sudjiono Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Eni Prastiti Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424

Abstract

The sample in this study were some of the consumers who had purchased Wardah cosmetic products at the Wardah counter in Borobudur Kediri. The sampling technique uses non-probability sampling using purposive sampling technique. This study researcher determined the number of samples as many as 30 respondents. This study uses two variables as the object of research, namely the independent variable of product quality (X1) and price (X2) and the dependent variable is the purchasing decision (Y). In this study the researcher used a questionnaire that was filled out by the respondent, it was necessary to do the calculation using a Likert scale. The type of research used in this study is associative research, this research is included in the type of quantitative research. The Research Instrument Test uses Test Validity and Reliability. using data analysis in the form of (descriptive analysis, and multiple linear regression analysis and also using normality tests), hypothesis testing (partial significant testing (t-test), test variables together (F-test), coefficient of determination (R ^ 2 ) The test results partially show that product quality and price variables give a positive and significant influence on purchasing decisions. The results of the tests simultaneously show all the influential variables on purchasing decisions. The results of multiple linear regression analysis The regression coefficients of all independent variables show positive numbers. the most dominant independent variable is product quality (X1) with a regression coefficient of 0.551 while for the price variable (X2) is 0.385.

 

Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari konsumen yang telah membeli produk kosmetik Wardah di counter Wardah di Borobudur Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini menggunakan dua variabel sebagai objek penelitian yaitu variabel bebas kualitas produk (X1) dan harga (X2) dan variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner yang telah diisi responden perlu dilakukan penghitungan dengan menggunakan skala Likert. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Uji Instrumen Penelitian menggunakan Uji Validitas dan reliabilitas. menggunakan analisis data berupa (analisis deskriptif, dan analisis Regresi Linear Berganda dan juga menggunakan uji normalitas), pengujian hipotesis (pengujian signifikan parsial(uji-t), uji variabel secara bersama-sama(uji-F), koefisien determinasi ( ). Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel kualitas produk dan harga memberikn pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi linear berganda Koefisien regresi dari semua variabel bebas menunjukkan angka positif. Dari kedua variabel bebas yang paling dominan berpengaruh adalah Kualitas produk (X1) dengan koefisien regresi sebesar 0,551sedangkan untuk variabel harga(X2) sebesar 0,385.

References

Akbar, Adam. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian: Hal 1-21

Arlin Ferlina Moch. Trenggana dan Rifqi Sulthan Fahrezzy. 2018. Pengaruh Kualitas produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop ASUS. Vol. 17, No. 2, Mei-Agustus 2018: Hal 174-183

Arriapple.blogspot.com/2016/04/Pengertian-dan-fungsi-skala-pengukuran.html?m=1

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Buchari, Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bndung: Alfabeta.

Eva Cahya, Harti. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia Z Series di Counter Insight Plaza Marina Surabaya : Hal 1-15

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Harini, 2008. Makroekonomi Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

http://asihrahmawati1025.bogspot.com/2013/02/pt-paragon-technologi-and-innovation_2575.html?m=1

Husein, Umar. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta

Kotler, Philip and Amstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid satu. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Amstrong, Garry, 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid dua. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Amstrong, Garry. 2006. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi kesembilan jilid satu. Jakarta: Penerbit indeks

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2012. Priciples of Marketing Global 14the edition. New Jersey: Prentice.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Prentice.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta: PT Index.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk air minum merk aqua. Jurnal EkoNika, 1(1), 38–49. Retrieved from http://ojs.unik kediri.ac.id/ index.php/e konika/article/view/4/12

Nurdiansyah, Dedi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek ADIDAS di Bandar Lampung, SKRIPSI. Universitas Lampung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Hal 1-68

Lestari, R. (2016). Analisis Efek Promosi dan Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Konsumen Mall Kediri Town Square). Jurnal Nusamba, 1(2), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.460

Sanusi, Anwar. 2011. Metedologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Siregar, Charles. JP., 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Cetakan 1, Penerbit EGC, Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sumiati dan Habibah, Ummu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Vol. 1, No. 1, Maret 2016 : Hal 31-48.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi offset

Weenas, Jakson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Vol. 1, No. 4, Desember 2013 : Hal 607-618

www.topbrand-award.com

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-07-16

How to Cite

pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69–84. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424

Issue

Section

Articles