Pengaruh Word Of Mouth (WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto Pada Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri

Yeziga Enggar Kusuma(1*), Gandung Satriyono(2), Nur Samsu(3),

(1) 
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The research aims to analyze and determine the effect of Word of Mouth and Brand Image on the decision to use photo services on 4 colors of Kediri City Photography. This research uses quantitative methods. The type of research used is the correlation with sampling techniques. The research sample was 60 respondents in number. The multiple linear regression analysis techniques is tested for validity and reliability first. The conclusion of this study is (1) Word of Mouth has a significant effect on the decision to use photo services on 4 colors of photography. (2) Brand image has a significant effect on the Decision of Using Photo Services on 4 Colors of Photography. (3) Simultaneously or together with two independent variables consisting of word of mouth, brand image has a significant effect on service use decisions.

 

Penelitian bertujuan menganalisis dan mengetahui pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Jasa foto pada 4 Warna Photography Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah korelasi dengan teknik pengambilan sampel. Sampel penelitian 60 responden jumlahnya. Teknik analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto pada 4 Warna Photography. (2) Brand image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto pada 4 Warna Photography. (3) Secara simultan atau bersama – sama dua variabel bebas yang terdiri dari word of mouth, brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa.


Full Text:

PDF

References


Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Ihwani, Azmi Ulil Mufti. 2013. Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Skripsi

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 13th. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kumala, Octaviantika Benazir. 2012. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta-Bali. Jakarta: Universitas Indonesia. SkripsiRosiana, D. 2011. Pengaruh E-Servequal Terhadap Nilai Pelanggan, Kepuasan Dan Word Of Mouth Communication Anggota Situs Jejaring Social Facebook. Denpasar: Universitas Udayana. Skripsi

Rahmadi, A. N., & Ruhamak, M. D. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Kecil Menengah di Kota Kediri. EkoNiKa Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 208–216.

Ruhamak, M Dian, & Rahayu, B. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).

Ruhamak, Muhammad Dian, & Husniati, E. (2018). Pengaruh Word Of Mouth , Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen ( Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare Kediri ). EKONIKA: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 118–135.

Ruhamak, Muhammad Dian, Vitasmoro, P., & Rahmadi, A. N. (2018). The Influence of Testimonial , Social Media-based Promotions and Electronic Word of Mouth toward Purchase Intention, (1), 78–81.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahreza, A. Muh. 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Penerbangan Pada PT. Garuda Indonesia Cabang Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin. Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v2i1.425

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter