PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. PLASTIK BAGONG TRENGGALEK

Authors

  • Erva Riana Dewi
  • Sudjiono Sudjiono Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Eni Prastiti

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v2i2.579

Abstract

The study was conducted with the aim of knowing the effect of product quality and service quality on consumer satisfaction at UD. Plastics Bagong Trenggalek. The population is all consumers who come to UD.Plastik Bagong Trenggalek and the sample taken 40 respondents, with the Non-Probability Sampling method using the Accidental Sampling approach. The results showed that (1). Variable product quality (X1) and service quality (X2) have a positive effect on customer satisfaction at UD.Plastik Bagong Trenggalek. (2). Partially, product quality and service quality variables significantly influence consumer satisfaction. (3) Together, product quality and service quality variables have a significant effect on customer satisfaction at UD.Plastik Bagong Trenggalek.

 

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan, mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD.Plastik Bagong Trenggalek. Populasinya adalah seluruh konsumen yang datang ke UD.Plastik Bagong Trenggalek dan sampel yang diambil 40 responden, dengan metode Non-Probability Sampling memakai pendekatan Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Variabel kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada UD.Plastik Bagong Trenggalek. (2). Secara parsial, variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) Secara bersama-sama, variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD.Plastik Bagong Trenggalek.

References

Ammerinda, T. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Nadindra Di Bandar Lampung’, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandar Lampung.

Aryani, D. and Rosinta, F. (2010) ‘Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan’, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2), pp. 114–126.

Indriaty, D. and RAHARDJO, S. (2010) ‘Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Puskesmas Gunungpati Semarang)’. Available at: http://eprints.undip.ac.id/23165/.

Kartika nur rahmawati (2017) pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di kedaibangsawan klaten.

Kotler, P., Kartajaya, H. and Setiawan, I. Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit.

Rahmawati, K. N. (2017) No TitlePENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KEDAIBANGSAWAN KLATEN.

Ruhamak, M. D. and Rahayu, B. (2016) ‘Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare’, EKONIKA: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).

Sembiring, I. J. (2014) ‘KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN ( Studi pada Pelanggan McDonald ’ s MT . Haryono Malang )’, 15(1), pp. 1–10.

Setiawan heri, minarsih magdalena minarsih, fathoni azis (2016) ‘Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening’, 2(2).

Safi’I, I., Putra, Y. P. and Vitasmoro, P. (2019) ‘Priority for improvement of mobile banking services using Kano model and QFD’, AIP Conference Proceedings, 2114. doi: 10.1063/1.5112473.

Widyananto Herobe, I. and Nurmahdi, A. (2014) ‘analisis pengaruh kualitas produk, distribusi dan pelayanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan perusahaan kemasan plastik PT. Jayatama Selaras’, IV(3), pp. 286–298.

Yahya, M. (2009) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan barista terhadap kepuasan konsumen kedai kopi espresso bar solo, universitas sebelas maret. doi: 10.2174/138920312803582960.

Yunanto, Y. (2016) ‘Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja karyawan terhadap kepuasan pasien askes di pt askes kediri’, Ekonika, 1(1), pp. 26–37. doi: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Dewi, E. R., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. PLASTIK BAGONG TRENGGALEK. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(2), 265–280. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i2.579

Issue

Section

Articles