PENGARUH PENYULUHAN TEKNIK MENYUSUI TERHADAP PRAKTIK MENYUSUI PADA IBU MENYUSUI DI POSYANDU DESA SEWULAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Sinta Ayu Setiawan(1*), Resky Adha Hidayanti(2),

(1) Akbid Harapan Mulya Ponorogo
(2) Stikes Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan teknik menyusui terhadap praktik menyusui pada ibu menyusui di Posyandu Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan crosssectional. Penelitian dilakukan Bulan Mei 2018. Sampel 43 ibu menyusui diambil secara random. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan satuan acara penyuluhan. Data yang terkumpul dianalisa statistik menggunakan Wilcoxon Match Paired. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah responden 53,5% cukup mampu dalam mempraktekkan teknik menyusui yang benar sebelum dilakukan penyuluhan dan seluruh responden (100%) baik dalam mempraktekkan teknik menyusui yang benar setelah diberikan penyuluhan. Kesimpulan ada Pengaruh Penyuluhan Teknik Menyusui Terhadap Praktik Menyusui Pada Ibu Menyusui di Posyandu Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun berdasarkan nilai ρ=0,000 sehingga ρ<α 0,05, maka H0 ditolak. Saran untuk bidan perlu diadakannya promosi kesehatan dengan upaya peningkatan pengetahuan, perubahan perilaku pada ibu dalam teknik menyusui yang benar.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2013). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2012. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2013. (Online).(http://www.depkes.go.id/downloads/PROFIL_KES_PROVINSI_2 012/15_Profil_Kes.Prov.JawaTimur_2012.pdf. Diakses Tanggal 28 April Jam 10.47 WIB).

Galbina, E. S. (2011). Hubungan antara Teknik Menyusui terhadap Frekuensi Gumoh (Regurgitasi) pada Bayi Umur 0-6 Hari di RSUD Aisyiah Diponegoro Ponorogo. Ponorogo: Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

Kuntarti, I., Wuryanto, A. & Ratnaningsih, E. (2011). Gambaran Karakteristik Ibu Nifas dan Praktik Menyusui yang Benar di Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Semarang. Semarang: Akademi Kebidanan Panti Wilasa. (Online). (Diakses Tanggal 2 Mei Jam 11.34 WIB).

Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas “Puerperium Care”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Megawati, D.T. 2015. Pengaruh Penyuluhan Teknik Menyusui terhadap Praktik Menyusui pada Ibu Menyusui di Desa Kemiri Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Ponorogo: Akbid Harapan Mulya Ponorogo

Notoatmodjo. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Proverawati, A. & Eni, R. (2010). Kapita Selekta ASI dan Menyusui. Yogyakarta:Nuha Medika.

Soetjiningsih. (2017). ASI Petunjuk untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bidan Pintar
Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri
Telepon: 08113033977
Email: jubitar.fik@unik-kediri.ac.id

Galuh Pradian Yanuaringsih
Telepon: 08113033977
Email: galuhpradian@unik-kediri.ac.id