Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Mahasiswa Kesehatan adalah jurnal ilmiah yang memuat ilmu pengetahuan, filosofi dan praktek kesehatan.

Ruang lingkup jurnal meliputi :

  • Kebidanan
  • Keperawatan
  • Famasi
  • Analis Kesehatan
  • Teknik elektromedik

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan Review

Publikasi artikel dalam Jurnal Mahasiswa Kesehatan (Jumakes) hanya bergantung pada validitas ilmiah dan koherensi sebagaimana dinilai oleh editor kami dan / atau peer reviewer, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut merupakan kontribusi yang bermanfaat untuk lapangan. Jumakes menghargai upaya dan saran yang dibuat oleh para reviewer.

Evaluasi Naskah

Editor pertama-tama akan mengevaluasi semua manuskrip yang dikirimkan. Naskah yang ditolak pada tahap ini tidak cukup asli, memiliki kekurangan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan cakupan Jumakes. Naskah yang memenuhi kriteria minimum diserahkan kepada para ahli untuk ditinjau.

Jenis Peer Review

Naskah yang dikirimkan umumnya akan ditinjau oleh dua sampai tiga ahli yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah tersebut masuk akal secara ilmiah, apakah itu duplikat dari karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah tersebut cukup jelas untuk diterbitkan atau tidak. Metodenya adalah blind peer review.

Laporan Review

Peninjau diminta untuk mengevaluasi apakah naskah:

  • Asli dengan menyatakan tujuan dan celah dengan jelas
  • Apakah secara metodologis masuk akal
  • Mengikuti pedoman etika yang sesuai
  • Memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan
  • Referensi dengan benar pekerjaan relevan sebelumnya
  • Peninjau tidak diharapkan untuk mengoreksi atau menyalin naskah. Koreksi bahasa bukan bagian dari proses tinjauan sejawat

Keputusan

Peninjau menasihati editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mengambil keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor sudah final.

Menjadi Reviewer

Jika Anda saat ini bukan peninjau untuk Jumakes tetapi ingin ditambahkan ke daftar reviewer, harap hubungi kami. Manfaat review untuk Jumakes termasuk kesempatan untuk melihat dan mengevaluasi pekerjaan terbaru di bidang penelitian terkait pada tahap awal, dan untuk diakui dalam daftar reviewer kami. Anda juga mungkin dapat mengutip pekerjaan Anda untuk Jumakes sebagai bagian dari persyaratan pengembangan profesional Anda. Reviewer Jumakes adalah relawan yang menyumbangkan keahliannya untuk ilmu pengetahuan, sehingga tidak ada pembayaran finansial.

 

Publication Frequency

Maret & October

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.