GAMBARAN KETERAMPILAN SADARI SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN PENYULUHAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA REMAJA PUTRI

Nuning Epita(1*), Anis Nikmatul Nikmah(2),

(1) Universitas Kadiri
(2) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) adalah pemeriksaan awal yang dilakukan sendiri untuk deteksi dini terhadap adanya gejala kanker payudara. Dengan mengetahui adanya kanker payudara sejak awal, kemungkinan sembuh semakin besar. Berdasarkan survey pendahuluan di prodi farmasi semester 2 terdapat 16 remaja putri yang masih rendahnya keterampilan tentang keterampilan SADARI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan SADARI sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan melalui media audio visual pada remaja putri di prodi farmasi semester 2 Universitas Kadiri tahun 2020.

          Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja semester 2b di prodi farmasi universitas kadiri. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian remaja putri di prodi farmasi semester 2. Tehnik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan instrument pengumpulan data menggunakan lembar cheklist. Tabulasi digambarkan dalam bentuk distribusi frekuensi dengan menggunakan tehnik analisa presentase danhasilnya menggunakan tabulasi silang.

          Hasil penelitian dari 30 sampel sebagian besar remaja sebelum dilakukan penyuluhan sebanyak 20 (66,7%) termasuk dalam kategori awal, sesudah dilakukan penyuluhan hampir seluruh remaja dalam kategori mahir yaitu sebanyak 25 (83,3%).  

          Kesimpulan penelitian menunjukan ada perbedaan keterampilan SADARI sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan melalui media audio visual pada remaja putri di Prodi Farmasi Universitas Kadiri Tahun 2020. Saran peneliti diharapkan dari penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan sebagai informasi untuk melakukan upaya peningkatan keterampilan tentang SADARI.

 

Kata kunci : Kesehatan, SADARI, Keterampilan

Full Text:

PDF

References


Fatimah, M., & Musfiroh. M. (2017). Perbedaan Media Promosi Kesehatan Booklet dan Video Terhadap Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara pada Wanita Usia Subur.

Nisman, & Artanty, W. (2011). Lima Menit Kenali Payudara. Yogyakarta: C.V. Andi.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, A. W., Afriyani, L. D., & Zulkarnain (2019). Perbedaan Efektifitas Pendidikan Kesehatan Pemeriksaan

Putra, F. E., & Agustina, R. (2019). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Prenada Media.

Putra, S. R. (2015). Buku Lengkap Kanker Payudara. Yogyakarta: Laksana.

Wiraswati, H. L., Ekawardhani, S., Windria, S., & Faridah, L. (2019).

Meningkatkan Keterampilan Kader Kesehatan dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 1-9.

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). Efektifitas Penyuluhan Metode Ceramah dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Tentang SADARI Di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1217

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.