GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI

Levvynia Levvy(1*), Dessy Lutfiasari(2), Siti Aminah(3),

(1) 
(2) Universitas Kadiri
(3) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rawan menderita anemia. Karena pada masa itu mereka juga mengalami menstruasi, lebih-lebih pengetahuan mereka yang kurang akan 4 anemia. Pada saat remaja putri mengalami menstruasi yang pertama kali membutuhkan lebih banyak besi untuk menggantikan kehilangan akibat menstruasi tersebut. Berdasarkan hasil survey pendahuluan yang dilakukan di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’ruf Kota Kediri secara langsung yaitu dari 6 remaja didapatkan 4 (67%) remaja putri mengalami anemia. Hal ini menunjukkan masih tingginya kejadian anemia pada remaja putri. Tujuan umum dari penelitian untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi kejadian anemia di Pondok Pesantren Al – Ma’ruf Kota Kediri tahun 2020.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bedasarkan lingkup penelitian menggunakan penelitian Deskriptif. Bedasarkan tempat rancangan penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Bedasarkan cara pengambilan data termasuk rancangan expost facto prospektif. Bedasarjan tujuan penelitian termasuk rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Bedasarkan sumber data termasuk sumber rancangan penelitian primer.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh dari tingkat pengetahuan, aktifitas fisik, dan lama menstruasi dengan kejadian anemia pada remaja putri. Dengan hasil penelitian yang diperoleh diharapkan para petugas kesehatan khususnya bidan mampu menerapkan ilmunya melalui penyuluhan-penyuluhan tentang pencegahan anemia.


Keywords


Gambaran, Anemia, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wirjatmadi, B. (2012). Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ahmad dan Mubiar, (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja (Tinjauan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. (2009). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Depkes RI. 2000. Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT). Jakarta.

Fikawati, S., Syafiq, A., & Veratamala, A. (2017).Gizi Anak dan Remaja. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Manuaba.(2012).Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB. Penerbit Buku Kedokteran EGC:Jakarta.

Natalia Erlina Yuni. (2015). Kelainan Darah. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Proverawati, A. 2013. Anemia dan Anemia Kehamilan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sarwono. 2011. Psikologi Remaja.Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Jurnal Kesehatan Mahasiswa UNIK. Vol. 2, No. 2, Maret 2021

P- ISSN: 2714-5409, E-ISSN: 2686-5300

Article History:

Received: Desember 19, 2020; Revised: Januari 25, 2021; Accepted: Maret 28, 2021

Simamora, D., Kartasurya, M. I., & Pradigdo, S. F. (2018). Hubungan asupan energi, makro dan mikronutrien dengan Anemia Remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 426–435

Suryani. 2015.Konsumsi Makan dan Kejadian Anemia pada Salah Satu SMP di Kota Makasar.Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional vol.4,No.6.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makasar.

Tenri Yamin, 2012 Hubungan Pengetahuan, Asupan Gizi Dan Faktor Lain Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2012.

Yamin, Tenri (2012). “Hubungan Pengetahuan, Asupan Gizi dan Faktor Lain yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMA Kabupaten Kepulauan Selayar”. Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jumakes.v2i2.1242

Article Metrics

Abstract view : 707 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.