ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI APOTEK DIVA SEJAHTERA KABUPATEN TULUNGAGUNG

EKA SAATUR ROHMAH(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) terhadap kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Apotek Diva Sejahtera Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan teknik insidental sampling, dengan diperoleh data prospektif menggunakan kuisioner yang di dalamnya terdapat hubungan strategi bauran pemasaran (Marketing mix) terhadap kepuasan konsumen di Apotek Diva Sejahtera. Pengolahan data dilakukan secara elektronik dengan menggunakan progam komputer Statistical Package for Sosial Science (SPSS) versi 21. Hasil pengolahan data tersebut disajikan dalam bentuk narasi, tabel distribusi frekuensi disertai dengan interpretasi.

Berdasarkan hasil pengelolaan data menggunakan metode Spearman Rank Correlation didapatkan angka korelasi sebesar 0,812 yang bernilai positif, hal ini menyatakan bahwa adanya hubungan antara strategi bauran pemasaran dengan kepuasan konsumen Apotek Diva Sejahtera, adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Hal ini dapat dibuktikan dari tanggapan responden yang cenderung menjawab setuju dan sangat setuju dengan persentase yang tinggi terhadap aspek-aspek strategi bauran pemasaran.

Kata kunci: Bauran pemasaran, kepuasan konsumen, Spearman Rank Correlation.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jumakes.v3i1.1244

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.