PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN PENGUKURAN TEKANAN DARAH PADA SISWA ANGGOTA PALANG MERAH REMAJA (PMR

Anna Sabu(1*), Eva Dwi Ramayanti(2), Idola Perdana Sulistyoning Suharto(3),

(1) Universitas Kadiri
(2) Universitas Kadiri
(3) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract



 

Pengukuran tekanan darah merupakan cara yang tepat dan efisien untuk memantau kondisi klien atau mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi respon klien terhadap intervensi. Tekanan darah adalah tekanan di dalam pembuluh darah ketika jantung memompakan keseluruh tubuh. Pada tahun ajaran 2015-2016 anggota PMR SMP PGRI 4 Kota Kediri berjumlah 15 orang dan semuanya tidak terampil dalam melakukan pengukuran tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap keterampilan pengukuran tekanan darah pada siswa anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMP PGRI 4 Kota Kediri.

                Rancangan penelitian ini adalah inferensial, penelitian lapangan,  pre eksperimental, desain penelitian one group pre test  pos test dan sumber data penelitian primer. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dan sampelnya semua total populasi. Variabel independen (X) adalah pelatihan pengukuran tekanan darah dan variabel dependent (Y) adalah  keterampilan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan  SOP dan lembaran observasi. Uji yang digunakan yaitu uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test dengan α=0,05.

                Dari hasil penelitian sebelum diberikan  pelatihan hampir seluruh responden tidak terampil dan sesudah diberikan pelatihan hampir seluruh responden terampil. Berdasarkan uji statistik dengan Wilcoxon Sign Rank Test, diperoleh nilai p value (0,000) < dari nilai α (0,05), bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

                Dari hasil uji hipotesis dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan terhadap keterampilan pengukuran tekanan darah pada siswa anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMP PGRI 4 Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan lembaga pendidikan dapat memberikan fasilitasi dan pelatihan yang dapat menunjang kemampuan siswa dalam kegiatan organisasinya.

  

Kata Kunci : Pelatihan, Pengukuran Tekanan Darah.


Full Text:

PDF

References


Nurjanah, S. (2015). Efektifitas Relaksasi Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Kediri: FIK-UNIK.

Nursalam. (2004). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rina, U., dkk. (eds.). (2012). Manajemen Palang Merah Remaja edisi1, Jakarta: Markas Pusat Palang Merah Remaja.

Samsuri. (2012). Pendidikan karakter warga negara: kritik pembangunan karakter bangsa. Surakarta: Pustaka Hanif




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jumakes.v2i2.1298

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.