HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG SWAMEDIKASI DEMAM PADA ANAK MENGGUNAKAN OBAT PARASETAMOL DIKELURAHAN POJOK KOTA KEDIRI TAHUN 2021

Authors

  • Akbar Herayjat

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2104

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun informal sedangkan Pengetahuan adalah hasil pengindraan manusia atau hasil tahu seseorang terhadap objek tertentu melalui indera yang dimilikinya. Sebagian besar pengetahuan seseorang diperoleh melalui indera pendengaran (telinga) dan indera pengelihatan (mata). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan tingkat pendidikan terhadap tingkat pengetahuan orang tua tentang swamedikasi demam pada anak menggunakan obat parasetamol di kelurahan Pojok Kota Kediri Tahun 2021.
Pada penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 190 orang dengan sampel sebanyak 129 orang dimana teknik pengambilan sampel dengan porpusive sampling lebih tepatnya metode simple random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan skala data tingkat pendidikan dan pengetahuan adalah ordinal dan uji statistic yang digunakan adalah uji Spearmen rank untuk melihat hubungan antara kedua variable.
Hasil penelitian didapatkan Pvalue (0,000) kurang dari alfa (0,05) maka di simpulkan hipotesis sebagai H1 diterima dan H0 ditolak dapat diinterpretasikan bahwa ada hubungan tingkat pendidikan terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam swamedika demam pada anak menggunakan obat parasetamol di Kelurahan Pojok Kota Kediri Tahun 2021. Dengan nilai koefisien korelasi 0,563 atau dapat di interpretasikan bahwa koefisien korelasi sedang dengan arah hubungan positif yaitu semakin tinggi tingkat pendidikan responden maka semakin tinggi tingkat pengetahuan orang tua dalam swamedika demam pada anak menggunakan obat parasetamol.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-31

How to Cite

Herayjat, A. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG SWAMEDIKASI DEMAM PADA ANAK MENGGUNAKAN OBAT PARASETAMOL DIKELURAHAN POJOK KOTA KEDIRI TAHUN 2021. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 3(2), 149–160. https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2104

Issue

Section

Articles