The Correlation Between Knowledge And Attitude With The Use Of Implant Contraceptive On Reproductive Age Women At Fatumonas Public Healthcare Center Service Area In 2021

Authors

  • Dewi Herlina Budiyarthi Nesimnahan Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2336

Keywords:

Pengetahuan, sikap, pemakaian, kontasepsi implant

Abstract

Implant merupakan metode kontrasepsi hormonal dengan efektivitas tinggi dan tingkat kegagalan yang rendah. Hanya sebagian kecil (13,56%) wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Fatumonas tahun 2021 yang menggunakan alat kontrasepsi implant, padahal implant dapat menjadi pilihan kontrasepsi yang sangat ideal bagi wanita usia subur yang ingin menggunakan alat kontrasepsi dalam waktu lama untuk mengatur jarak antar kehamilan. Pemakaian kontrasepsi implant dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya adalah tingkat pengetahuan dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap tentang kontrasepsi implant dengan pemakaian kontrasepsi implant pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Fatumonas tahun 2021.

Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 922 orang wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Fatumonas tahun 2021 sehingga diperoleh sampel sebanyak 280 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Chi Square (χ²) pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Fatumonas tahun 2021 memiliki tingkat pengetahuan cukup dan sikap positif namun hampir seluruhnya tidak menggunakan kontrasepsi implant. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan (p-value = 0,000 < 0,05) dan sikap (p-value = 0,000 < 0,05) dengan pemakaian kontrasepsi implant pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Fatumonas tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar tenaga kesehatan di Puskesmas Fatumonas dan instansi terkait dapat menggiatkan promosi kesehatan melalui penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemakaian kontrasepsi implant pada wanita usia subur.

Author Biography

Dewi Herlina Budiyarthi Nesimnahan, Universitas Kadiri

Saya seorang Bidan PNS di Puskesmas Fatumonas Kecamatan Amfoang Tengah Kabupaten Kupang-NTT

References

Jurnal Kesehatan Mahasiswa UNIK. Vol. 2, No. 2, Maret 2021

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-31

How to Cite

Nesimnahan, D. H. B. (2022). The Correlation Between Knowledge And Attitude With The Use Of Implant Contraceptive On Reproductive Age Women At Fatumonas Public Healthcare Center Service Area In 2021. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 3(2), 129–148. https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2336

Issue

Section

Articles