THE EFFECT OF GIVING AMBON BANANA ON INCREASING HEMOGLOBIN LEVEL IN POSTPARTUM DAYS 1-3 IN PUBLIC HEALTH CENTER GROGOL DISTRICT KEDIRI

Authors

  • Betanuari Sabda Nirwana Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2408

Keywords:

Ibu Nifas, Pisang Ambon, Kadar Hemoglobin

Abstract

Masa nifas merupakan tantangan bagi banyak ibu yang baru melahirkan. Pemulihan dari proses melahirkan, belajar menjadi orang tua, dan mengurus diri sendiri membutuhkan banyak energi. Masalah yang sering terjadi pada ibu nikfas adalah anemia, ibu nifas yang menderita anemia pada masa postpartum dapat membuat proses pemulihan menjadi lebih sulit. Dalam penelitian ini ibu nifas akan diberikan intervensi mengkonsumsi pisang ambon, pisang ambon memiliki sumber zat besi dan antioksidan yang tinggi dan baik dikonsumsi oleh ibu nifas. Desain penelitian ini pre eksperimen dengan pendekatan observasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini termasuk non probabilty sampling dengan menggunkan teknik porpusive sampling.

Hasil uji stastistik menggunakan uji statistik paired sample T test diketahui bahwa besarnya nilai signifikan 0,000 dengan a  0,05 . karena nilai signifikan < a maka H0 di tolak dan H1, yang berarti bahwa ada pengaruh pemberian pisang ambon terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu nifas di puskesmas grogol.

 

Author Biography

Betanuari Sabda Nirwana, Universitas Kadiri

Kebidanan

References

Arief, Nurhaeni. 2010. Panduan Lengkap Kehamilan dan Kelahiran Sehat. Jakarta : AR Group.

Arisman, 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan . Anemia Defisiensi Zat

Besi.Jakart:Penerbit Buku Kedokteran ECG.

Budhi, Nike. 2010. William Manual Of Obstetrics. Jakarta : ECG.

Fatimah, Hadju. 2011. Pola Konsumsi dan Kadar Hemoglobin pada Ibu nifas di Kabupaten Maros. Sulawesi Selatan. Makalah Kesehatan Vol. 15. No.1.Juni 2011: 31-36.

Lamadhah, Athif. 2008. Buku Pintar Kelahiran dan Melahirkan. Jogjakarta : DIVA Press.

Prawirohardjo Sarwono. 2010. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-31

How to Cite

Nirwana, B. S. (2022). THE EFFECT OF GIVING AMBON BANANA ON INCREASING HEMOGLOBIN LEVEL IN POSTPARTUM DAYS 1-3 IN PUBLIC HEALTH CENTER GROGOL DISTRICT KEDIRI. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 3(2), 208–212. https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2408

Issue

Section

Articles