HUBUNGAN LAMA MENSTRUASI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA

Gebby Memorisa(1*), Galuh Pradian Yanuaringsih(2), siti aminah(3),

(1) Universitas Kadiri
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pola menstruasi adalah serangkaian proses menstruasi yang terjadi dari siklus menstruasi dan lamanya perdarahan menstruasi yang dapat menyebabkan terjadinya anemia. Anemia adalah suatu keadaan kadar hemoglobin (Hb) di dalam darah yang nilainya lebih rendah dari nilai normal. Anemia juga masih menjadi masalah kesehatan bagi remaja yang sering terjadi saat ini dan angka kejadian anemia masih tinggi. Berdasarkan hasil survey pendahuluan yang dilakukan pada 17 siswa, ada 12 siswa (35%) mengalami anemia. Tujuannya untuk mengetahui hubungan antara pola mentruasi dengan kejadian anemia pada remaja putri. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian analitik korelasi dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sample menggunakan sample random sampling dengan besar sample 40 responden. Teknik data menggunakan uji spearman rank (Rho) dengan tingkat kemaknaan (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 97,5% siswa yang mengalami lama menstruasi normal dan didapatkan 97,5% siswa tidak mengalami anemia. Hasil uji statistic didapatkan ρ value>α yaitu 0,875 > 0,05 dan dapat disimpulkan jika H1 ditolak dan H0  diterima yang artinya tidak ada hubungan lama mentruasi dengan kejadian anemia pada remaja putri.

Di anjurkan siswa mengkonsumsi makan makanan yang bergizi, dan sarankan siswa untuk berolahraga yang tidak terlalu berat sehingga bisa untuk mempertahankan lama menstruasi dengan baik, dan dapat mencegah terjadinya anemia pada remaja.

 

Kata Kunci : Pola Mentruasi, Anemia, Remaja.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adriani., 2012 Peranana Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Angad., 2013 terjadinya proses menstruasi Jakarta:

Arinda Veratamala., Dampak Jangka Panjang dan Jangka Pendek Anemia pada Remaja Putri. Hello Sehat Medical Review Team.,2018.

Arumsari., 2011 Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Remaja Putri. Jakarta: Alfabet

Briawan., 2014.Anemia Defisiensi Besi . Jakarta : EG

Cahyaningsih.,2011 Terjadinya perubahan dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Jurnal Ilmu Keesehatan vol. 3 NO. 1.

Depkes., 2012 Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Dinkes Kabupaten Kediri., 2018 Prevelensi Anemia di Kabupaten Kediri di siswa kelas 7 SMPN Ngasem. Kediri.

Dyah Ika Mentari. (2014). Hubungan Lama Menstruasi Dengan Anemia Pada Mahasiswa Program Studi Kebidanan DIII Di Stikes Harapan Bangsa Purwokerto Tahun 2013. Skripsi. Retrieved from https://repository.shb.ac.id

Fauziah, D., 2011 Hubungan Antara Pola Menstruasi dan Konsumsi Zat Besi dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMA Informatika Ciamis. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Diunduh tanggal 30 Desember 2013 <>

Henderson 2013 Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika

Kemenkes RI. 2010. Ketentuan Umum penggunaan standar Antropometri WHO, 2005 .Jakarta : Kemenkes RI

Prastika, DA. 2011 Hubungan Lama Menstruasi terhadap Kadar Hemoglobin pada Remaja, Siswi SMAN 1 Wonosari. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Di unduh tanggal 23 Februari 2014.

Prastika., DA. 2011 Penyebab Anemia pada Remaja Putri. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Riskesdas., 2013 Prevelensi anemia di Indonesia. Profil kesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kemenkes 2014

Siahaan, N.P. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Anemia pada Remaja Putri di Wilayah Kota Depok Tahun 2011. Skripsi. FKMUI

Suchi Avnalurini (2018). Hubungan antara Status Gizi dan Pola Menstruasi dengan Kejadian Anemia pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Universiats Muslim Indonesia . Window of Health Vol 1 No 1.


Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.