STUDI PERENCANAAN JEMBATAN CUMPLENG DENGAN METODE PRATEKAN DI KEC. SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Adi Susanto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v1i2.375

Keywords:

Concrete, Stress, Pressure and Cross section, Bridge

Abstract

In planning the Cumpleng Bridge in Slahung Sub-district, Ponorogo Regency with an overall span of 30 meters, the overall width of the bridge is 4.20 meters and the width of the pavement is 3.50 meters. Given the Cumpleng Bridge is one of several bridges in the Slahung District development project environment. This bridge has an important meaning as a link between Slahung Village and Galak Village, so it is expected to facilitate the flow of traffic and improve economic development and development in the area.
In this planning study we use a prestressed method to calculate the calculation of the backrest and backrest poles, vehicle flooring, main girders and abutments / underbuildings. The results of this bridge planning include: planning the backrest, vehicle floor, main beam and transverse beam. Main beam using composite prestressed concrete post-tensioning method (post-tensioning with height, 1.10 meters, concrete quality (fc) 40 MPa, consisting of 2 tendons used type VSL type 12 with as many as 10 strand cables and other buildings using concrete regular boned).

Dalam perencanaan Jembatan Cumpleng di Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dengan bentang keseluruhan 30 meter, lebar keseluruhan jembatan 4,20 meter dan lebar perkerasan 3,50 meter. Mengingat Jembatan Cumpleng merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang ada di lingkungan proyek pengembangan wilayah Kecamatan Slahung. Jembatan ini mempunyai arti yang penting sebagai penghubung antara Desa Slahung dan Desa Galak, sehingga diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas serta meningkatkan perkembangan perekonomian dan pembangunan di daerah. Pada studi perencanaan ini kami menggunakan metode pratekan untuk menghitung perhitungan sandaran dan tiang sandaran, lantai kendaraan, gelagar induk dan abutment/bangunan bawah. Hasil dari perencanaan jembatan ini meliputi : perencanaan tiang sandaran, lantai kendaraan, balok induk dan balok melintang. Balok induk menggunakan beton pratekan komposit metode pasca tarik (post-tensioning dengan tinggi, 1,10 meter, mutu beton (fc) 40 Mpa, terdiri 2 buah tendon dipakai jenis VSL tipe 12 dengan kabel untaian sebanyak 10 buah dan bangunan yang lain menggunakan beton bertulang biasa).

References

A. I. Candra, “Analisis Daya Dukung Pondasi Strauss Pile pada Pembangunan Gedung Mini Hospital Universitas Kadiri,†Ukarst, vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2017.

R. Suryanita, Z. Djauhari, and A. Wijaya, “Respons Struktur Jembatan Beton Prategang Berdasarkan Spektrum Gempa Wilayah Sumatera,†J. Sains dan Teknol., vol. 15, no. 1, pp. 18–24, 2016.

B. Leksono, “STUDI PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEKAN,†Wahana Tek., vol. 1, no. 1, 2012.

P. A. Y. NOOR, “STUDI PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN BETON BOX GIRDER PRATEGANG SEGMENTAL DENGAN METODE KESETIMBANGAN BEBAN (LOAD BALANCING).†University of Muhammadiyah Malang, 2016.

T. D. Herlambang, “Perencanaan Jembatan Upper Structure Beton Prategang Di Desa Popoh Kabupaten BlitarABSTRAK Dewa H, Tessar A. 2013. Perencanaan Jembatan Upper Structure Beton Prategang Di Desa Popoh Kabupaten Blitar. Proyek Akhir, Program Studi D3 Teknik Sipil Dan Banguna,†Tugas Akhir Jur. Tek. Bangunan-Fakultas Tek. UM, 2015.

A. Nabila, “Modifikasi perencanaan jembatan THP Kenjeran menggunakan struktur Concrete Box Girder Pratekan.†Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

D. P. Umum, “Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya,†Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta, 1987.

Y. Okta Florinsia, “Studi Perencanaan Struktur Atas Jembatan Baru Kali Manyar Kabupaten Gresik Menggunakan Beton Pratekan,†2016.

T. Y. Purnomo, L. D. Krisnawati, and Y. C. S. Purnomo, “Kajian Jembatan Kecamatan Sendang (Ruas Jalan Tugu-Pabyongan) Kabupaten Tulungagung dengan Metode Komposit,†J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 112–125, 2018, doi: 10.30737/jurmateks.v1i1.145.

F. Febriantoro, Y. C. S. Purnomo, and A. Ridwan, “Study Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Jembatan Sembayat Baru II Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik,†J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 148–159, 2018, doi: 10.30737/jurmateks.v1i1.147.

E. Soewartono, “STUDI PERENCANAAN BANGUNAN ATAS JEMBATAN MENTIKAN DI KOTA MOJOKERTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOMPOSIT,†MAJAPAHIT TECHNO J. Ilm. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 53–59, 2017.

B. A. Tomigolung, D. M. Rondonuwu, and O. Rogi, “Penataan Ruang Kawasan Tepi Sungai Tondano Di Segmen Kampung Tubir Sampai Jembatan Miangas Di Manado,†SPASIAL, vol. 5, no. 1, pp. 32–45, 2018.

I. G. P. Joni, “STUDI PERENCANAAN JEMBATAN BETON TIPE STRUKTUR PLAT MENERUS DENGAN TULANGAN DUA ARAH,†J. Ilm. Tek. Sipil Vol, vol. 18, no. 1, 2014.

M. F. Ramadianto and Q. Sugeng Riyanto, “PERENCANAAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DENGAN STRUKTUR BAJA CASTELLATED DAN STRUKTUR BETON PRATEGANG VOIDED SLAB (Studi kasus Kawasan Industri Rembang Pasuruan Jl. Raya Surabaya-Pasuruan Km 50, Raci, Pasuruan),†Prokons J. Tek. Sipil, vol. 8, no. 2, pp. 124–133, 2014.

S. N. Indonesia, “Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung,†Badan Stand. Nasional, Puslitbang pemukiman, Bandung, 2002.

B. S. Nasional, “Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton pracetak untuk konstruksi bangunan gedung,†Jakarta Badan Standarisasi Nas., 2012.

H. Frick, Mekanika Teknik 2, Statika dan Kegunaannya. Kanisius, 1979.

W. Hadi Pratomo, “Struktur Beton Prategang (Teori dan Prinsip Desain),†Nova, 1994.

A. I. Manu, “Dasar-Dasar Perencanaan Jembatan Beton Bertulang,†PT Mediat. Saptakarya, DPU, 1995.

C.-K. Wang, B. Hariandja, and C. G. Salmon, Desain beton bertulang. Erlangga, Jakarta, 1987.

C.-K. Wang, C. G. Salmon, and B. Hariandja, “Desain Beton Bertulang Jilid 1,†Jakarta: Erlangga, 1990.

L. Z. Ilmi, “Studi Perencanaan Struktur Atas Jembatan Grobogan Lumajang (Km SBY 132+ 240) dengan Sistem Cable Stayed,†2016.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2018-09-03

Issue

Section

Articles