PENELITIAN PENAMBAHAN BAHAN ADITIF KAPUR HIDRAT KAPUR PADAM SEBAGAI BAHAN PENGISI FILLER PADA CAMPURAN ASPAL BETON

Authors

  • Candra Yulianto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Setianto Purnomo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Ahmad Ridwan Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri http://orcid.org/0000-0002-7657-6810

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v1i2.378

Keywords:

Concrete Asphalt, Hydrated Lime, Marshall Test, Filler

Abstract

In the construction of highways, people generally often use concrete asphalt as material for road construction. Asphalt concrete mix (Hotmix) usage in Indonesia from year to year is higher. The coefficient of production of asphalt concrete (hotmix) can be made from locally available materials and has good weather resistance. The purpose of this study is how to influence the addition of extinguished lime to the mixture on asphalt concrete (hotmix) and Know what percentage of the extinguished lime mixture to reach the optimum point of asphalt concrete. From the calculation results it can be concluded from the addition of 5%, 10%, and 15% in the stability value of 778 Kg, 645 Kg, 534 Kg; VIM of 8.17%, 7.51% and 6.85%; VMA of 19.87%, 18.55% and 17.73%; VFB of 58.88%, 56.61% and 54.35%; MQ of 297 Kg / mm, 230 Kg / mm, and 198 Kg / mm.

Pada konstruksi jalan raya masyarakat umumnya sering menggunakan Aspal beton sebagai bahan pembuatan konstruksi jalan raya. campuran aspal beton(Hotmix) penggunaannya di Indonesia dari tahun ke tahun makin tinggi. Koefisien produksi aspal beton(hotmix) dapat dibuat dari bahan- bahan lokal yang tersedia dan memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai cuaca. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh    penambahan  kapur padam pada bahan campuran  pada  aspal beton(hotmix)  dan Mengetahui  berapa persentase  campuran kapur padam untuk mencapai titik optimum aspal beton. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan dari penambahan 5%, 10%, dan 15% pada Nilai stabilitas sebesar 778 Kg, 645 Kg, 534 Kg; VIM sebesar 8.17%, 7.51%, dan 6.85%; VMA sebesar 19.87 %, 18.55 %, dan 17.73 %; VFB sebesar 58.88%, 56.61%, dan 54.35%; MQ sebesar 297 Kg/mm, 230 Kg/mm, dan 198 Kg/mm.

References

S. S. T. A. Sta, D. Satriawan, and E. Rita, “LENTUR DI RUAS JALAN LUBUK SELASIH – SURIAN KABUPATEN THE MAIN ROAD GEOMETRY PLAN AND FLEXIBLE AT SPACE BETWEEN LUBUK SELASIH – SURIAN SOLOK REGENCY ( STA 23 +,†2013.

B. C. Fambella, R. Sulaksitaningrum, M. Z. Arifin, and H. Bowoputro, “Evaluasi dan Perencanaan Geometrik Jaringan Jalan di Dalam Universitas Brawijaya Malang,†J. Mhs. Jur. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, p. pp-1146, 2015.

E. Gardjito, A. I. Candra, and Y. Cahyo, “Pengaruh Penambahan Batu Karang Sebagai Substitusi Agregat Halus Dalam Pembuatan Paving Block,†UKaRsT, vol. 2, no. 1, p. 35, 2018, doi: 10.30737/ukarst.v2i1.374.

S. Silvia, “Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan,†Penerbit Nova. Bandung, 1994.

A. R. Fauzi, A. D. Limantara, and Y. Cahyo, “PEMANFAATAN LIMBAH HASIL PEMBUATAN ANYAMAN BERBAHAN BAMBU SEBAGAI CAMPURAN STANDARD MIXDESIGN PAVING BLOCK,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 137–147, 2018.

B. Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota,†Direktorat Pembin. Jalan Kota. Jakarta, 1997.

D. P. U. SKBI–2.3. 26. 1987, UDC: 625.73 (02), “Petunjuk Perencanaan Komponen Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Jalan,†Peratur. Perenc. Geom. Jalan Raya, no. 13, 1970.

D. Pribadi, M. J. Paransa, T. K. Sendow, and L. J. Undap, “Tinjauan geometrik jalan pada ruas Jalan Airmadidi-Tondano menggunakan alat bantu GPS,†J. Sipil Statik, vol. 1, no. 7, 2013.

D. D. B. Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota,†Dirjen DPU Bina Marga, 1997.

Pusjata - Balitbang PU, “Metode Pengujian Berat Jenis Dan Penyerapan Airagregat Kasar,†Sni 03-1969-1990, pp. 2–5, 1990.

D. P. Umum, “SNI 03-1969-1990,†Metod. Penguji. Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agreg. Kasar, 1990.

V. Ayan, M. C. Limbachiya, J. R. Omer, and S. M. N. Azadani, “Compaction assessment of recycled aggregates for use in unbound subbase application,†J. Civ. Eng. Manag., vol. 20, no. 2, pp. 169–174, 2014, doi: 10.3846/13923730.2013.801882.

G. Sugiyanto, “Marshall test characteristics of asphalt concrete mixture with scrapped tire rubber as a fine aggregate,†J. Teknol., vol. 79, no. 2, pp. 55–64, 2017, doi: 10.11113/jt.v79.6965.

Departemen Pekerjaan Umum, “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen,†1987.

R. Ananda and D. P. Retno, “Evaluasi Perencanaan Geometrik Pada Ruas Jalan Lubuk Sakat–Teluk Petai Pada km 2–km 4, 8 Kabupaten Kampar,†J. Saintis, vol. 14, no. 2, pp. 54–65, 2014.

S. L. Hendarsin, “Perencanaan Teknik Jalan raya,†Politek. Negeri Bandung, 2000.

A. Badrujaman, “Perencanaan Geometrik Jalan dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka–Wanaraja Kecamatan Garut Kota,†J. Konstr., vol. 14, no. 1, 2016.

J. McNulty, “PEMANFAATAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE GRADASI KASAR Arys,†vol. 66, no. 1997, pp. 37–39, 2013.

A. F. Setya Budi, F. N. Liem, and K. Alokabel, “STUDI KOMPARASI PENGARUH VARIASI PENGGUNAAN NILAI KONSTANTA ASPAL RENCANA TERHADAP NILAI STABILITAS PADA CAMPURAN ASPAL BETON (HRS-WC) TERHADAP KARAKTERISTIK UJI MARSHALL,†JUTEKS - J. Tek. Sipil, 2017, doi: 10.32511/juteks.v2i1.124.

R. T. Bethary and M. F. Pradana, “PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN ALTERNATIF PALIMA-CURUG ((Studi Kasus: Kota Serang),†J. Fondasi, vol. 5, no. 2, 2016.

Dinas Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Perkerasan Jalan Dengan Alat Benkelmen Beam No. 01/MN/BM/83. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU, 1983.

Departemen Pekerjaan Umum, Metode AASTHO 1972. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU, 1972.

H. Fithra, “PENGARUH JUMLAH TUMBUKAN PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) TAMBAHAN LATEKS TERHADAP SIFAT MARSHALL,†Teras J., 2017.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2018-08-15

Issue

Section

Articles