STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN JALUR LINTAS SELATAN GIRIWOYO – DUWET STA. 10+000 – STA. 15+000

Authors

  • Agung Kurniawan Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i1.390

Keywords:

Component Analysis Method, AASHTO, Widening, Rigid Pavement, Flexible Pavement Overlay, RAB

Abstract

The design improvement of the road, and cost estimate of the south path project, segment Giriwoyo-Duwet Sta.10+000 – Sta.15+00 aims to calculate the geometric, widening, thickness of the rigid pavement, thickness of the flexible pavement overlay, and cost estimates of the improvement road project. 2017 Traffic data and California Bearing Ratio data to calculate the thickness of the rigid pavement. The method used to design the geometric is “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Bina Marga 1997â€. The thickness of the rigid paving is calculated by means of a 20-year design plan; life uses “AASHTO 1993â€. The thickness of flexible pavement overlay with 20 years design life uses “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987†and “Panduan Analisa Harga Satuan Bina Marga 1995†to calculate the cost estimation. From the calculation of the road known that thickness of rigid pavement for improvement is 15 cm with 10 cm lean mix concrete for subbase, and 5 cm with 2 meters roadside, flexible pavement for the surface. And the calculation of the flexible pavement overlay results is 6 cm. From the calculation, the cost estimation of the improvement road is IDR. 5,015,899,000


Perencanaan Peningkatan Jalan Serta Rencana Anggaran Biaya Proyek Jalan Jalur Lintas Selatan Pada Ruas Giriwoyo – Duwet STA. 10+000 – STA. 15+00 bertujuan untuk menghitung pelebaran jalan, tebal perkerasan kaku jalan, tebal lapis tambahan (overlay) perkerasan lentur dan rencana anggaran biaya (RAB) proyek. Data lalu lintas tahun 2017 dan data California Bearing Ratio (CBR) untuk merencanakan tebal perkerasan kaku jalan. Metode yang digunakan untuk perhitungan tebal perkerasan kaku dengan umur rencana 20 tahun menggunakan panduan “AASHTO 1993â€. Untuk perhitungan lapis tambahan perkerasan lentur dengan umur rencana 20 tahun menggunakan panduan “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987†dan untuk rencana anggaran biaya menggunakan “Panduan Analisa Harga Satuan Bina Marga 1995â€. Dari analisa perhitungan tebal perkerasan komposit untuk pelebaran jalan didapatkan  tebal pelat beton 15 cm, lapis pondasi bawah dengan campuran beton kurus (lean mix-concrete) setebal 10 cm dan lapis permukaan dari perkerasan lentur 5 cm dengan bahu jalan sepanjang 2 meter pada setiap sisi jalan. Untuk lapis tambahan (overlay) perkerasan lentur didapatkan penambahan setebal 6 cm. Untuk perencanaan peningkatan jalan seperti terdapat pada uraian diperlukan biaya sebesar Rp 5.015.899.000,-


References

E. N. Julianto, “Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang,†J. Tek. Sipil dan Perenc., vol. 12, no. 2, pp. 151–160, 2010.

S. Awiyaningsih, H. Moetriono, and S. W. Mudjanarko, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN MALL LAGOON AVENUE SUNGKONO TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JALAN MAYJEND SUNGKONO - HR MUHAMMAD SURABAYA,†Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 2, pp. 131–134, 2018.

A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.

R. H. Lalenoh, T. K. Sendow, and F. Jansen, “Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode Mkji 1997 Dan Pkji 2014,†J. Sipil Statik, vol. 3, no. 11, pp. 737–746, 2015.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. 2000.

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,†2017.

R. Tamimi, S. Wahyuni, and E. Hidayah, “Kajian Evaluasi Sistem Drainase Jalan Srikoyo Kecamatan Petrang Kabupaten Jember,†Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 2, pp. 106–113, 2016.

A. Kholiq, “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Antara Bina Marga Dan Aashto’93 (Studi Kasus: Jalan Lingkar Utara Panyingkiran-Baribis Ajalengka),†J-Ensitec, vol. 1, no. 01, pp. 43–51, 2014, doi: 10.31949/j-ensitec.v1i01.15.

B. A. Harsono, S. Winarto, and Y. C. S, “PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN PACITAN-NGADIROJO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 291–302, 2018.

A. A. Saputra, S. Winarto, and A. Ridwan, “PERENCANAAN STRUKTUR BAJA PADA KONSTRUKSI EMPAT LANTAI PADA HOTEL JAYA BAYA,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 248–258, 2018.

A. I. Candra and E. Siswanto, “Rekayasa Job Mix Beton Ringan Menggunakan Hydroton Dan Master Ease 5010,†J. CIVILA, vol. 3, no. 2, p. 162, 2018, doi: 10.30736/cvl.v3i2.258.

D. Metode and A. Komponen, “Perencanaan tebal perkerasan lentur dengan metode analisa komponen,†pp. 1–25, 1989.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat direktorat jendral bina marga, “PELEANGAN UMUM DENGAN PASCAKUALIFIKASI PEKERJAAN KONSTRUKSI (E. LELANG),†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Highway Capacity Manual Project (HCM),†Man. Kapasitas Jalan Indones., vol. 1, no. I, p. 564, 1997, doi: 10.1021/acsami.7b07816.

E. Kusnandar, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997,†J. Jalan dan Jemb., vol. 26, no. 2, pp. 1–11, 2009.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen,†p. 52, 2003.

E. Nurfadzilah, S. Winarto, and Y. C. SP, “ANALISA JALAN RING ROAD NGAWI STA 3+200 – STA 6+200 KABUPATEN NGAWI PROPINSI JAWA TIMUR,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 33–43, 2018.

A. Badrujaman, “Perencanaan Geometrik Jalan Dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka – Wanaraja Kecamatan Garut Kota,†J. Konstr., vol. 14, no. 1, pp. 25–34, 2016.

A. Miraj, Y. Pandu, and J. T. Sipil, “Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar - Solo Naskah Terpublikasi 2016 Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar - Solo,†Naskah Terpublikasi, 2016.

SNI15-2049-2004, “SNI 15-2049-2004 Semen Portland,†Badan Standar Nas. Indones., pp. 1–128, 2004.

Badan Standardisasi Nasional, “SNI 15-7064-2004 Semen portland komposit,†2004.

M. M. Amin, A. D. Limantara, and S. Winarto, “UJI LABORATORIUM PEMANFAATAN BIO ENZIM (BIOCONC) SEBAGAI PEREDUKSI SEMEN PADA BATA BETON MUTU A,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 56–65, 2018.

J. J. Bester, D. Kruger, and A. Hinks, “Construction and demolition waste in South Africa,†Proceedings of the International Conference on Sustainable Waste Management and Recycling: Construction Demolition Waste. pp. 63–70, 2004.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-05-25

Issue

Section

Articles