ANALISIS PERENCANAAN OVERLAY PADA RUAS JALAN CRAKEN-NGULUNGKULON NAMBAK-NGULUNGKULON DENGAN BAHAN ACL PADA STA 0.00-13.345 KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Wisnu Arganata Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Arthur Daniel Limantara Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri http://orcid.org/0000-0002-7657-6810

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i1.404

Keywords:

ACL, Highways, Overlay, Traffic Growth

Abstract

Nowadays, the development of road capacity and vehicle quantity and the lack of optimal traffic infrastructure operations are the main problems in the Nambak-Ngulungkulon Craken-Ngulungkulon road section. This road is the object of observation because the road is an integrated system of the Nambak-Ngulungkulon Craken-Ngulungkulon road network. It is necessary to analyze how the performance and the thickness of the flexible pavement layer needed. To analyze road performance and calculate pavement thickness, the writer uses the Bina Marga 2017 method with ACL material at STA 0.00 - 13,345. The results of the analysis and calculation for the geometric planning of the Nambak-Ngulungkulon  Craken-Ngulungkulon road section obtained the value of surface course with the 2017 Bina Marga method of 13 cm. Overlay work on the planning age is carried out in the 15 the year with an additional layer thickness with the Bina Marga 2017 method of 3 cm. And the traffic growth rate increased by 28.65% for 10 years y.a.d.

Saat ini pengembangan kapasitas jalan dan kuantitas kendaraan dan kurangnya operasi infrastruktur lalu lintas yang optimal adalah masalah utama di ruas jalan Nambak-Ngulungkulon Craken-Ngulungkulon. Jalan ini adalah objek pengamatan karena jalan tersebut merupakan sistem yang terintegrasi dari jaringan jalan Nambak-Ngulungkulon Craken-Ngulungkulon. Perlu untuk menganalisis bagaimana kinerja dan ketebalan lapisan perkerasan lentur yang dibutuhkan. Untuk menganalisis kinerja jalan dan menghitung tebal perkerasan, penulis menggunakan metode Bina Marga 2017 dengan material ACL di STA 0,00 - 13,345. Hasil analisis dan perhitungan untuk perencanaan geometrik ruas jalan Nambak-Ngulungkulon Craken-Ngulungkulon diperoleh nilai permukaan jalan dengan metode Bina Marga 2017 13 cm. Pekerjaan overlay pada usia perencanaan dilakukan pada tahun ke-15 dengan tambahan ketebalan lapisan dengan metode Bina Marga 2017 3 cm. Dan tingkat pertumbuhan lalu lintas meningkat sebesar 28,65% selama 10 tahun y.a.d.


References

R. Yuwono, Y. C. Sp, and L. D. K, “STUDY ANALISA VOLUME KENDARAAN PADA SIMPANG BERSINYAL DI PEREMPATAN ALUN ALUN KOTA KEDIRI,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 101–111, 2018.

H. Yustianingsih and Istianah, “SURVEI KEPADATAN ARUS LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN PENCENG JALAN RA. RUKMINI, KECAPI KEBUPATEN JEPARA,†pp. 19–24, 2017.

R. Rahman, “Analisa Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus: Studi Kemacetan di Jalan Ngagel Madya Surabaya),†SMARTek, vol. 8, no. 4, pp. 317–332, 2010.

A. Nashirudin, S. Winarto, and Sudjati, “PERENCANAAN CHECKDAM KALI NGASINAN KANAN DESA NOTOREJO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 192–203, 2018.

R. O. Purbawa, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “PERENCANAAN STRUKTUR ATAS ASRAMA PUTRI DI UNIVERSITAS KADIRI,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 182–191, 2018.

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “MANAJEMEN DATA LALU LINTAS KENDARAAN BERBASIS SISTEM INTERNET CERDAS KADIRI,†semnastek, no. November, pp. 1–2, 2017.

F. A. Lestari and Y. Apriyani, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PUSAT PERBELANJAAN DIKAWASAN PASAR PAGI PANGKALPINANG TERHADAP KINERJA RUAS JALAN,†J. Fropil, vol. 2, no. 1, pp. 32–44, 2014.

T. Y. Purnomo, L. D. Krisnawati, and Y. C. Sp, “KAJIAN JEMBATAN KECAMATAN SENDANG (RUAS JALAN TUGU – PABYONGAN) KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN METODE KOMPOSIT,†Jurmateks, vol. 1, no. 1, pp. 112–125, 2018.

I. B. P. Widiarta, “Analisis Pemilihan Moda Untuk Perjalanan Kerja ( Studi Kasus : Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali ),†J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 14, no. 2, pp. 218–225, 2010.

A. Kholiq, “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Antara Bina Marga Dan Aashto’93 (Studi Kasus: Jalan Lingkar Utara Panyingkiran-Baribis Ajalengka),†J-Ensitec, vol. 1, no. 01, pp. 43–51, 2014, doi: 10.31949/j-ensitec.v1i01.15.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.†2017.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat direktorat jendral bina marga and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,†Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

E. Kusnandar, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997,†J. Jalan dan Jemb., vol. 26, no. 2, pp. 1–11, 2009.

R. Fitriana, “STUDI KOMPARASI PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2002 DAN AASHTO 1993 ( Studi Kasus : Ruas Jalan Tol Solo – Kertosono ),†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Departeman Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, “Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol,†Standar Geom. Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol, no. 010, 2009.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Perencanaan Geometrik Jalan,†Departemen Pekerjaan Umum. 2017.

A. Theofilatos, G. Yannis, E. I. Vlahogianni, and J. C. Golias, “Modeling the effect of traffic regimes on safety of urban arterials: The case study of Athens,†J. Traffic Transp. Eng. (English Ed., vol. 4, no. 3, pp. 240–251, 2017, doi: 10.1016/j.jtte.2017.05.003.

S. Awiyaningsih, H. Moetriono, and D. T. Sipil, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN MALL LAGOON AVENUE SUNGKONO TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JL MAYJEND SUNGKONO - HR MUHAMMAD SURABAYA,†Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 2, pp. 131–134, 2018.

I. T. Husodo and S. Budirahardjo, “Analisa desain pelebaran perkerasan lentur pada jalan wolter monginsidi semarang,†J. Tek. Sipil Giratory Upgris, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2019.

M. L. Pangerapan, T. K. Sendow, and L. Elisabeth, “Studi Perbandingan Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menurut Metode Pd t-05- 2005-b dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus : Ruas Jalan Bts . Kota Manado -Tomohon),†J. Sipil Statik, vol. 6, no. 10, pp. 823–834, 2018.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-05-24

Issue

Section

Articles