PERENCANAAN ALTERNATIF GEOMETRIK DAN METODE PELAKSANAAN RUAS JALAN NGRAHO – NGAWI STA.14+500 - STA.19+500

Authors

  • Agung Gagah Harmawanto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Setianto Poernomo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.510

Keywords:

Planning, Geometric, Highway, Traffic.

Abstract

Ngraho - Ngawi Sta. 14 + 500 – Sta. 19 + 500 highway is a collector connecting Bojonegoro to Ngawi Due to high traffic density, a road geometric Development is in need. The objective of this final project is to plan a good alternative geometric design-safe, comfortable, and easy to access. The required data were of topographic map and the road geometric design was based on the “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota†General Works Standart No. 038/TBM/1997. The calculations result in Class 2 – lane collector road with one lane of 3 m wide having 8 turns, twists PI1 Spiral-Spiral, PI2 Spiral-Circle-Spiral, PI3 Spiral-Circle-Spiral, PI4 Spiral-Circle-Spiral, PI5 Spiral-Circle-Spiral, PI6 Spiral-Circle-Spiral, PI7 Spiral-Circle-Spiral, and turn PI8 Spiral-Spiral shape PPV PPV 1 concave and 2 convex, concave 3 PPV.

Jalan provinsi ruas Ngraho – Ngawi Sta. 14+500 – Sta. 19+500 adalah jalan kolektor yang menghubungkan kota Bojonegoro - Ngawi. Karena lalu lintasnya padat, maka perlu diadakan peningkatan geometrik jalan.  Dalam laporan akhir ini penulis membuat perencanaan alternatif desain geometrik jalan yang baik-aman,nyaman, dan mudah diakses oleh pengguna jalan. Data yang digunakan adalah peta topografi dan perencanaan desain geometrik jalan berpedoman oleh “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota†Standar Bina Marga No.038/TBM/1997. Dari perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut: kelas jalan kolektor dengan 2 lajur 1 jalur dan memiliki lebar 3 m, 8 tikungan, tikungan PI1Spiral-Spiral, PI2 Spiral-Circle-Spiral, PI3 Spiral-Circle-Spiral, PI4 Spiral-Circle-Spiral, PI5 Spiral-Circle-Spiral, PI6 Spiral-Circle-Spiral, PI7 Spiral-Circle-Spiral,dan tikunganPI8 Spiral-Spiralbentuk PPV 1 cekung dan PPV 2 cembung, PPV 3 cekung.

References

A. Kurniawan, S. Winarto, and Y. C. S. P, “STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN JALUR LINTAS SELATAN GIRIWOYO – DUWET STA. 10+000 – STA. 15+000,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 39–50, 2019.

S. Awiyaningsih, H. Moetriono, and D. T. Sipil, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN MALL LAGOON AVENUE SUNGKONO TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JL MAYJEND SUNGKONO - HR MUHAMMAD SURABAYA,†Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 2, pp. 131–134, 2018.

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,†2017.

E. N. Julianto, “Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang,†J. Tek. Sipil dan Perenc., vol. 12, no. 2, pp. 151–160, 2010.

A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.

A. Y. Nurkafi, S. Winarto, and A. I. Candra, “ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN SIMPANG BRANGGAHAN NGADILUWIH KABUPATEN,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 164–178, 2019.

A. Susanto, Y. C. S. P, and S. Winarto, “STUDI PERENCANAAN JEMBATAN CUMPLENG DENGAN METODE PRATEKAN DI KEC. SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 172–181, 2018.

R. Pramanasari, N. Qomariyah, D. Purwanto, and E. Yilipriyo, “PENERAPAN MANAJEMEN LALU LINTAS SATU ARAH PADA RUAS JALAN SULTAN AGUNG – SISINGAMANGARAJA – DR.WAHIDIN KOTA SEMARANG UNTUK PEMERATAAN SEBARAN BEBAN LALU LINTAS,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 3, no. 1, pp. 142–153, 2014.

M. Atho ’ur Rohman, D. Kartikasari, K. Kunci, and : Kemacetan, “ANALISA KEMACETAN LALU LINTAS PADA PASAR TRADISIONAL DI RUAS JALAN SEKARAN-MADURAN,†J. CIVILA, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2016.

D. Indratmo, “Kajian Kapasitas Jalan dan Derajat Kejenuhan Lalu-Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya,†vol. 1, pp. 25–31, 2006.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. 2000.

A. Kurniawan, J. T. Sipil, and U. Kadiri, “STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN JALUR LINTAS SELATAN GIRIWOYO –.â€

B. A. Harsono, S. Winarto, and Y. C. S, “PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN PACITAN-NGADIROJO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 291–302, 2018.

Desutama, R. 2007. Dasar Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Bugi : Bandung.

RSNI No. T/14 Tentang Geometrik Jalan Perkotaan, 2004, Badan Standardisasi Nasional Indonesia.

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, 1997, Ditjen Bina Marga, DPU.

Tata Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya, 1970, Ditjen Bina Marga, DPU.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova : Bandung.

Standar Perencanaan Geometrik Untuk Jalan Perkotaan, 1992, Ditjen Bina Marga, DPU.

Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol, 2009, Ditjen Bina Marga, DPU.

UU.RINo. 38 Tahun 1980 Tentang Jalan, Departemen Pekerjaan Umum.

PP No. 34 Tahun 2006Tentang Jalan, Departemen Pekerjaan Umum.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-06

Issue

Section

Articles