Studi Analisa Perencanaan Perkerasan Lentur Dan Rencana Anggaran Biaya (Pada Proyek Jalan Ruas Jalan Tambelangan – Durjan Kabupaten Sampang)

Mishbahul Aziz(1*), Sigit Winarto(2), Yosef Cahyo S.P(3),

(1) Universitas Kadiri
(2) Universitas Kadiri
(3) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Terjadi penumbukan bongkahan pasir urug tepatnya di ruas jalan Tambelangan-Durjan. Penumpukan bongkahan pasir ini terjadi karena banyak truk pengangkut bongkahan pasir urug tersebut yang melintas pada jalan itu terhambat karena ruas jalan mengalami kerusakan (berlubang) dan tidak layak dilalui, sehingga  yang mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas. Selain itu lebar ruas tidak sesuai dengan persyaratan teknis Peraturan Pemerintah tahun 2011. Oleh karena itu, memerlukan perencanaan ulang perkerasan lentur dan Rencana Anggaran Biaya untuk jalur transportasi darat supaya akses pengendara nyaman. Perencanaan perkerasan lentur menggunakan Laston dengan umur rencana 10 tahun didapatkan tebal perkerasan lentur yaitu AC-WC setebal 4 cm, AC-BC setebal 6 cm dan Lapis Pondasi Atas (LPA) setebal 40 cm dengan besar perkiraan Rencana Anggaran Biaya pembangunan perkerasan lentur ruas Tambelangan-Durjan Kabupaten Sampang sepanjang 1,145 km sebesar Rp 5.744.585.463,00.

Full Text:

PDF

References


R. Ajiono, “Bidding Risk Factor Analysis Below Estimates on Quality Performance of Building Construction Projects in East Java Trenggalek City,” pp. 70–78, 1998.

A. Andriansyah, P. Pratomo, and H. Ali, “Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pekerjaan Pelebaran Jalan dengan Metode MDPJ 02/M/BM/2013 dan Pt T-01-2002-B,” J. Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 4, no. 1, pp. 113–126, 2016.

A. D. Limantara, S. Winarto, and S. W. Mudjanarko, “SISTEM PAKAR PEMILIHAN MODEL PERBAIKAN PERKERASAN LENTURBERDASARKAN INDEKS KONDISI PERKERASAN ( PCI ),” no. November, pp. 1–2, 2017.

K. P. Umum and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,” Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

A. I. Candra, S. W. Mudjanarko, and A. D. Limantara, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Kadiri,” Semnastek, vol. 4, no. 2, pp. 1–2, 2017.

D. J. B. Marga, “Departemen Pekerjaan Umum,” Man. Kapasitas Jalan Indones. (MKJI 1997), Jakarta, 1997.

S. Sukarman, Beton Aspal Campuran Panas. Yayasan Obor Indonesia, 2003.

I. Bachtiar, “Rencana dan estimate Real of Cost,” Jakarta Bumi Aksara, 1993.

E. Gardjito, “STUDY PERENCANAAN GEOMETRIK, PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KALIDAWIR–Ds. NGUBALAN Kec. KALIDAWIR,” UKaRsT, vol. 1, no. 2, p. 11, 2017.

A. C. Mujianto, L. C. A. R. Jonathan, and A. Suroso, “EFISIENSI BIAYA PEMBANGUNAN PROYEK JALAN SP RESAK PETUNG PADA PT BANGUN CIPTA KONTRAKTOR,” EKONOMIA, vol. 5, no. 1, pp. 68–73, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.515

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EMAIL : jurmateks@unik-kediri.ac.id


 

Lisensi Creative Commons
JURMATEKS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.