STUDI ANALISA PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA PROYEK JALAN RUAS JALAN TEMBELENGAN SAMPAI DURJAN KABUPATEN SAMPANG

Authors

  • Mishbahul Aziz Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Setianto Poernomo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri http://orcid.org/0000-0002-7657-6810

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.515

Keywords:

Flexible Pavement, Widening, Cost, Transportation

Abstract

There was a build-up of lumps of sand on the road, precisely Tambelang-Durjan. This build-up of sand chunks occurs because many of the piled sand hauling trucks that pass on the road is obstructed because the road section has been damaged (potholes) and is unfit for passage, resulting in obstruction of traffic flow. In addition, the width of the section is not in accordance with the technical requirements of the 2011 Government Regulation. Therefore, it requires a flexible pavement re-planning and a Cost Budget Plan for land transportation lines, so that motorist access is comfortable. Planning flexible pavement using Laston with a planning age of 10 years obtained flexible pavement thickness, namely 4 cm thick AC-WC, 6 cm thick AC-BC, and 40 cm of Upper Foundation Layers (LPA) with the estimated size of the Budget Plan The cost of the flexible pavement construction of Tambelang- Durjan of Sampang Regency with a length of 1,145 km in the amount of Rp 5,744,585,463.00

Terjadi penumbukan bongkahan pasir urug tepatnya di ruas jalan Tambelangan-Durjan. Penumpukan bongkahan pasir ini terjadi karena banyak truk pengangkut bongkahan pasir urug tersebut yang melintas pada jalan itu terhambat karena ruas jalan mengalami kerusakan (berlubang) dan tidak layak dilalui, sehingga  yang mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas. Selain itu lebar ruas tidak sesuai dengan persyaratan teknis Peraturan Pemerintah tahun 2011. Oleh karena itu, memerlukan perencanaan ulang perkerasan lentur dan Rencana Anggaran Biaya untuk jalur transportasi darat supaya akses pengendara nyaman. Perencanaan perkerasan lentur menggunakan Laston dengan umur rencana 10 tahun didapatkan tebal perkerasan lentur yaitu AC-WC setebal 4 cm, AC-BC setebal 6 cm dan Lapis Pondasi Atas (LPA) setebal 40 cm dengan besar perkiraan Rencana Anggaran Biaya pembangunan perkerasan lentur ruas Tambelangan-Durjan Kabupaten Sampang sepanjang 1,145 km sebesar Rp 5.744.585.463,00.


References

M. D. Agusti, E. Rita, and I. Khaidir, “Berat Pada Proyek Peningkatan Pembangunan Jalan Penggambiran Rura - Pratotang Kabupaten Pasaman Barat,†pp. 1–18, 2012.

E. Kusnandar, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997,†J. Jalan dan Jemb., vol. 26, no. 2, pp. 1–11, 2009.

A. I. Candra, A. Yusuf, and A. R. F, “Studi Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pada Pembangunan Gedung Lp3M Universitas Kadiri,†J. CIVILA, vol. 3, no. 2, p. 166, 2018, doi: 10.30736/cvl.v3i2.259.

A. Badrujaman, “Perencanaan Geometrik Jalan Dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka – Wanaraja Kecamatan Garut Kota,†J. Konstr., vol. 14, no. 1, pp. 25–34, 2016.

O. Nurahmi and A. A. G. Kartika, “Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku serta Analisis Ekonominya pada Proyek Pembangunan Jalan Lingkar Mojoagung,†J. Tek. ITS, vol. 1, no. 1, pp. 63–68, 2012.

M. L. Pangerapan, T. K. Sendow, and L. Elisabeth, “Studi Perbandingan Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menurut Metode Pd t-05- 2005-b dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus : Ruas Jalan Bts . Kota Manado -Tomohon),†J. Sipil Statik, vol. 6, no. 10, pp. 823–834, 2018.

R. Ajiono, “Bidding Risk Factor Analysis Below Estimates on Quality Performance of Building Construction Projects in East Java Trenggalek City,†pp. 70–78, 1998.

E. Gardjito, “STUDY PERENCANAAN GEOMETRIK, PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KALIDAWIR – Ds. NGUBALAN Kec. KALIDAWIR,†UKaRsT, vol. 1, no. 2, pp. 94–101, 2017, doi: 10.30737/ukarst.v1i2.264.

R. Hidayah, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 281–290, 2018.

A. Andriansyah, P. Pratomo, and H. Ali, “Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pekerjaan Pelebaran Jalan dengan Metode MDPJ 02/M/BM/2013 dan Pt T-01-2002-B,†J. Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 4, no. 1, pp. 113–126, 2016.

A. Susanto, Y. C. S. P, and S. Winarto, “STUDI PERENCANAAN JEMBATAN CUMPLENG DENGAN METODE PRATEKAN DI KEC. SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 172–181, 2018.

H. Prasetiawan, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “EVALUASI PENGENDALIAN MUTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN OBYEK WISATA SEDUDO DI KABUPATEN NGANJUK,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 65–74, 2019.

A. D. Limantara, S. Winarto, and S. W. Mudjanarko, “SISTEM PAKAR PEMILIHAN MODEL PERBAIKAN PERKERASAN LENTURBERDASARKAN INDEKS KONDISI PERKERASAN ( PCI ),†no. November, pp. 1–2, 2017.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat direktorat jendral bina marga and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,†Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

A. Kholiq, “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Antara Bina Marga Dan Aashto’93 (Studi Kasus: Jalan Lingkar Utara Panyingkiran-Baribis Ajalengka),†J-Ensitec, vol. 1, no. 01, pp. 43–51, 2014, doi: 10.31949/j-ensitec.v1i01.15.

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “MANAJEMEN DATA LALU LINTAS KENDARAAN BERBASIS SISTEM INTERNET CERDAS KADIRI,†semnastek, no. November, pp. 1–2, 2017.

D. J. B. Marga, “Departemen Pekerjaan Umum,†Man. Kapasitas Jalan Indones. (MKJI 1997), Jakarta, 1997.

S. Sukarman, Beton Aspal Campuran Panas. Yayasan Obor Indonesia, 2003.

H. R. Agustapraja and Affandi, “PERBANDINGAN ESTIMASI ANGGARAN BIAYA DENGAN METODE SNI DAN BOW PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG D FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 84–93, 2017.

I. Bachtiar, “Rencana dan estimate Real of Cost,†Jakarta Bumi Aksara, 1993.

E. Gardjito, “STUDY PERENCANAAN GEOMETRIK, PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KALIDAWIR–Ds. NGUBALAN Kec. KALIDAWIR,†UKaRsT, vol. 1, no. 2, p. 11, 2017.

A. C. Mujianto, L. C. A. R. Jonathan, and A. Suroso, “EFISIENSI BIAYA PEMBANGUNAN PROYEK JALAN SP RESAK PETUNG PADA PT BANGUN CIPTA KONTRAKTOR,†EKONOMIA, vol. 5, no. 1, pp. 68–73, 2016.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-06

Issue

Section

Articles