ANALISA TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RENCANA PENINGKATAN JALAN RUAS LEGUNDI – PERTIGAAN BUNDER

Authors

  • Fandra Andriansyah P Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Setianto Poernomo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri http://orcid.org/0000-0002-7657-6810

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.541

Keywords:

Component Analysis Method, Flexible Pavement, Geometric, Budget Plan

Abstract

The final project is Analysis of Flexible Pavement Thickness in the Plan for Improvement of Legundi Road Section - Bunder KM.5 + 700 to 13 + 700 STA. 0 + 000 to 4 + 000which comprised the road geometrics, flexible pavement depth completed with the budgeting. A topographic map was employed to make a geometric design. Traffic data of 2018, rainfall data of 2018, and California Bearing Ratio (CBR) data were needed to design the flexible pavement depth. The basic itemized cost of wages, materials, tools, and work itemized cost from General Work BinaMarga of East Java Province Division IV (Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang) were needed to find out the budget. Chosen alternative flexible pavement depth of 10 cm asphalt-concrete MS 744 surface, 20 cm Cement Tread Base (CTB) base, and 50 cm sand-aggregate class A (CBR 70) sub-base.The calculations result in PI 01 Full-Circle bend and PI 02 Full-Circle; at IDR 14.745.341.000.


Laporan Akhir ini adalah Analisa Tebal Perkerasan Lentur Pada Rencana Peningkatan Jalan Ruas Legundi – Pertigaan Bunder KM.5+700 s/d 13+700 STA. 0+000 s/d 4+000 yang bertujuan untuk menghitung tebal perkerasan lentur jalan, menghitung geometric jalan dan rencana anggaran biaya proyek. Peta topografi sebagai dasar untuk merencanakan geometric jalan. Data lalu lintas tahun 2018, data curah hujan tahun 2018, data California Bearing Ratio (CBR) untuk merencanakan tebal perkerasan lenturjalan. Data Harga Satuan Dasar upah, bahan, dan alat serta Harga Satuan Pekerjaan dari Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim kelompok IV (Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang) digunakan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya. Berdasarkan perhitungan didapatkan tebal perkerasan lentur alternative terpilih untuk surface 10cm laston MS 744, base 20 cm Cement Tread Base (CTB) ,serta sub base 50 cm Sirtukelas A (CBR 70). Bentuktikungan PI 01 Full-Circle, dan PI 02 Full-Circle. Biaya yang diperlukanadalahsebesarRp 14.745.341.000,-.

References

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta, 1997.

P. R. Nahak, Y. C. S. P, and S. Winarto, “STUDI PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KONSTRUKSI JALAN RAYA PADA RUAS JALAN UMASUKAER DI KABUPATEN MALAKA,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 75–85, 2019.

N. F. A. Sari and H. Widyastuti, “Analisis Kelayakan Ekonomi dan Finansial Pembangunan Jalan Tol Pandaan - Malang,†J. Tek. ITS, vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.12962/j23373539.v8i1.41495.

Departemen Pekerjaan Umum, “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen,†1987.

S. Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung, 1993.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen,†p. 52, 2003.

Departeman Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Panduan Analisa Harga Satuan. Jakarta, 1995.

A. I. Candra, E. Gardjito, Y. Cahyo, and G. A. Prasetyo, “Pemanfaatan Limbah Puntung Rokok Filter Sebagai Bahan Campuran Beton Ringan Berpori,†UKaRsT, vol. 3, no. 1, p. 82, 2019, doi: 10.30737/ukarst.v3i1.365.

R. Fitriana, “STUDI KOMPARASI PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2002 DAN AASHTO 1993 ( Studi Kasus : Ruas Jalan Tol Solo – Kertosono ),†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

I. D. Husodo, Manajemen Proyek Dan Konstruksi Jilid 1. Jakarta, 1995.

A. I. Candra, A. Yusuf, and A. R. F, “Studi Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pada Pembangunan Gedung Lp3M Universitas Kadiri,†J. CIVILA, vol. 3, no. 2, p. 166, 2018, doi: 10.30736/cvl.v3i2.259.

Supriadi, Y. C. S. P, A. Ridwan, and A. I. Candra, “PENELITIAN PENAMBAHAN BAHAN BATU PADAS PADA CAMPURAN ASPAL BETON,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 154–163, 2019.

A. Gunarto and A. I. Candra, “Penelitian Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Bunga Pinus,†UKaRsT, vol. 3, no. 1, p. 37, 2019, doi: 10.30737/ukarst.v3i1.351.

Direktorat Jendral Bina Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.†2017.

B. A. Harsono, S. Winarto, and Y. C. S, “PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN PACITAN-NGADIROJO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 291–302, 2018.

Departemen Pekerjaan Umum, Metode AASTHO 1972. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU, 1972.

R. Hidayah, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 281–290, 2018.

Didik Purwadi, Buku Ajar Perkerasan Jalan. Semarang, 2008.

[Kementerian PUPR]. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat direktorat jendral bina marga and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,†Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

Dinas Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Perkerasan Jalan Dengan Alat Benkelmen Beam No. 01/MN/BM/83. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU, 1983.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-16

Issue

Section

Articles